Laman

Senin, 19 Desember 2011

Vitara 2 doors 1998 | Buah manis dari kesabaran



Panggil saja namaku dengan Ogie dan aku masih …..tahun.Aku akan bercerita tentang ayahku tercinta dan jipnya. Tapi,..sayang ayah pemalu yang enggan disebutkan namanya. Ayahku itu sangat menyukai dunia otomotif bahkan dari saat ia masih muda. Ia menyukai hampir semua yang berbau otomotif termasuk Jip.

Suatu saat seorang temannya menawari sebuah Vitara 2 pintu yang sangat langka. Kontan ayahku pun langsung tertarik lantaran Vitara 2 pintu merupakan jip yang telah ia idolakan sejak lama. Kondisi barang sangat mulus, bahkan ayah tak ragu terbang ke Aceh untuk melihat langsung kondisi idolanya itu. Namun ia terpaksa menahan keingiannya dikarenakan Vitara idolanya itu belum bisa dibaliknamakan dan dimutasi menjadi nomor polisi ke tempat kami tinggal. Konon kabarnya, salah satu berkas-berkas suratnya belum ditemukan. Kasihan ayah…aku lihat kekecewaan dan kekesalan bergelantung di wajahnya. Bahkan ayah sempat bilang jika ia harus berusaha melupakan kendaraan impiannya itu.



Pada suatu pagi, entah setengah tahun kemudian atau mungkin lebih, tiba-tiba ayah menghampiriku saat sarapan pagi dan bercerita padaku, tentang Vitara 2 pintu yang tempo hari gagal diboyong. Wajahnya berseri-seri dan mengatakan bahwa SUV idamannya itu sekarang sudah beres semua surat-surat dan berkasnya. Ayah mengatakan bahwa SUV itu segera dapat kami nikmati. Usut-punya usut, semenjak gagal memboyong Vitara tersebut ke rumah, nampaknya ayah tidak pernah putus semangat untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Dengan telaten dan sabar, iapun terus menjalin informasi tentang perkembangan SUV tersebut. Nampaknya kesabaran ayah berbuah manis. Apa yang selama ini ia impikan berhasil diboyong pulang.

Namun dasar penggemar modifikasi, ayah pun langsung merestorasi total kendaraan tersebut dan sekaligus memodifikasinya. Dan untuk itu kembali ia harus bersabar menunggu proses restorasi selesai.



Sekitar tiga bulan kemudian SUV idamannya selesai direstorasi. Iapun mengajak aku untuk menggambil di bengkel kepercayaannya. Aku takjub melihat kondisi SUV itu yang menjadi sangat gagah. Ayah kemudian bertanya padaku dengan nada setengah berbisik.. “Ogie…kamu suka dengan SUV itu,”? Dengan serta merta aku pun mengangguk tanda mengiyakan. “Sekarang..mobil ini bukan hanya milik ayah, namun juga milik kamu…jadi kita berdua bertanggungjawab untuk memeliharanya,” ujar ayah dengan serius. Aku seolah tak percaya dengan apa yang kudengar…..seperti mimpi rasanya.
Itulah kisahku, ayah dan Vitara.

Mesin

Mesin injeksi bawaan asli kendaraan dalam kondisi sehat saat berpindah tangan. Hanya saja karena sudah berumur, maka diputuskan untuk melakukan overhaul untuk peremajaan dan mempertahankan performa.

Girboks

Girboks otomatik 4 percepatan dan tranfercase 2 speed part-time bawaan kendaraan tetap dalam kondisi standar. Peranti ini memang sempat direbuilt, namun bukan lantaran ada kerusakan melainkan untuk proses peremajaan dan penyegaran komponen penyalur daya mesin kendaraan tersebut.

Kaki-kaki


Pada dasarnya suspensi Vitara sudah cukup nyaman, namun lantaran ingin menggunakan ban dengan ukuran lebih besar, maka sejumlah gubahan pun segera dijabani. Suspensi lift pun dilakukan sebagai salah satu jurus. Termasuk menggunakan swing arm depan aftermarket lansiran Calmini.

Intrerior




Doortrim dan jok dibungkus ulang dengan menggunakan bahan semi kulit berwarna senada membuat tampilannya terlihat apik dan rapi. Tampilan semakin sedap dengan hadirnya lingkar kemudi lansiran Nardi yang dilengkapi dengan quick releast ala kendaraan balap.

Suzuki Genuine Accessories


Kehadiran peranti Suzuki Genuine Accessories (SGA) khusus untuk SUV ini bisa terlihat pada sun visor dan roffroack yang menyatu dengan air controler pada bagian belakang. Perlu kesabaran dan keuletan untuk mendapatkan peranti yang tergolong langka di Indonesia ini.

Snorkel

Tak mau tanggung-tanggung, sebuah snorkel racikan Safari Snorkel pun dipasangkan sebagai persiapan menjelajah daerah dengan kedalaman air yang cukup tinggi. Uniknya saat snorkel ini dipasang dan dilakukan dynotest, tenaga Vitara ini justru semakin terdongkrak.

Lampu tambahan

Dari sekian banyak lampu tambahan yang ada, terdapat satu lampu yang sangat menarik perhatian. Sebuah lampu yang biasa dipergunakan pada kapal cepat (speed boat) nampak nangkring pada sisi sebelah kiri SUV ini. Uniknya lampu ini dapat diarahkan posisinya ke kiri dan ke kanan dengan bantuan remote dari dalam kabin.

Spesifikasi
Mesin : 1.6 liter G16B 4 inline 16 valve
Girboks : 4 speed auto OEM Vitara
Tranfercase : 2 speed part-time OEM vitara
Gardan : OEM Vitara (depan/belakang)
Snorkel : Safari Snorkel
Final Gear : 43/8 (5.375: 1)
Per : Custom (depan)/(belakang)
Sokberker : Bilstein (depan/belakang)
Pelek : Enkei 15 x 7
Ban : savero Komodo Extreme 31 x 10.5 R15
Roof rack : SGA Suzuki Vitara
Sun visor` : SGA Suzuki Vitara
Steering wheel : Nardi
Winch : Warn M8000
Bumper : custom by Diman knalpot 08561385544