Laman

Selasa, 09 Agustus 2011

Tips Cerdas Memilih Pembiayaan 5 Tahun Tinggal Pilih Mobil

Tips Mobil



JAKARTA - Industri pembiayaan sebagai salah satu penopang kemajuan dunia otomotif, tumbuh semakin berkembang. Terlihat dari semakin banyaknya pilihan pembiayaan. Mulai pembiayaan dengan diskon dan cash back berlimpah, bertenor lima tahun seperti model “Fix & Cap” hingga balloon payment. Lalu pembiayaan seperti apa yang paling memudahkan konsumen?

Cicilan Ringan Tenor Panjang
Bagi konsumen yang menginginkan pembiayaan dengan cicilan sangat ringan, tenor yang panjang dapat menjadi pilihan. Dalam pembiayaan kendaraan, terutama mobil, tenor terpanjang saat ini (5 tahun), dapat menjadi pilihan bijak. Dengan tenor lebih panjang angsuran jadi lebih ringan dibandingkan tenor lebih pendek.

Terdapat tiga jenis pembiayaan dengan tenor lima tahun:

1. Pembiayaan tenor 5 tahun dengan PH (pokok hutang) dibagi rata sepanjang tenor. Biasanya suku bunga yang dikenakan cukup tinggi (perhitungan regular)

2. Pembiayaan tenor 5 tahun dengan pembagian periode. Di mana sebagian (besar) PH dibayar di belakang (balloon payment). Sehingga pada saat akhir periode masih ada sejumlah uang yang harus dibayarkan.

3. Pembiayaan tenor 5 tahun dengan pembagian periode pembayaran, di mana PH dibagi rata sepanjang tenor. Umumnya dengan pembagian periode yang memakai bunga fix pada tenor 1-3 tahun serta bunga cap pada tenor 4-5 tahun (Fix & Cap).

ada Free Asuransi
Pada pembiayaan jenis pertama, konsumen akan dikenakan bunga yang biasanya cukup tinggi dan perhitungan angsuran akan sama setiap bulannya dari awal periode kredit. Pada pembiayaan jenis ini, angsuran pada awal tenor akan lebih besar bila dibandingkan dengan dua jenis pembiayaan lainnya. Sehingga akan sangat membebani konsumen yang ingin mengambil angsuran dengan bunga murah. Angsuran jenis ini tidak terlalu bijaksana untuk dipilih konsumen yang menginginkan angsuran murah.

Pada pembiayaan jenis ke-2 konsumen seakan-akan dimanjakan dengan bunga ringan pada awal kredit, karena PH dibagi selama dua periode. Pada periode pertama konsumen cukup membayar angsuran PH periode awal. Sehingga angsuran yang dibayarkan akan sangat ringan. Sedangkan PH sisanya akan disimpan untuk dibayarkan pada periode akhir. Hal ini tentu akan menjadi sebuah ‘bumerang’, karena pada akhir periode PH sisa yang dibayarkan akan menjadi sangat besar. Hal ini berbanding terbalik dengan harga kendaraan yang semakin menurun. Alhasil menjadi beban konsumen pada periode akhir pembayaran. Meskipun kendaraan dijual kembali untuk melunasi sisa PH, harga kendaraan tersebut hanya mencukupi untuk pelunasan PH periode terakhir dengan menyisakan sedikit keuntungan bagi konsumen.


Anda tinggal pilih mobil dan besarnya cicilan

Pada pembiayaan jenis ke-3 atau pembiayaan “Fix & Cap” adalah pembiayaan yang sangat tepat bagi konsumen yang ingin membayar angsuran ringan dan terjangkau di awal tanpa membebani pembayaran pada periode akhir. Pasalnya, dengan metode “Fix & Cap”, angsuran yang dibayarkan akan lebih ringan dibandingkan pembiayaan jenis ke-1. Dan dengan metode cap pada akhir periode pembayaran, akan memberikan kepastian angsuran maksimal yang harus dibayarkan. Biaya ini, walaupun akan lebih besar dari pembayaran periode awal, akan tertutupi oleh daya beli konsumen yang pasti akan semakin meningkat.

Tentu pembayaran periode terakhir pada pembiayaan jenis ini akan lebih murah dibandingkan dengan pembayaran akhir pada jenis pembiayaan ke-2. Maka, pilihan terbaik manakah untuk konsumen yang menginginkan angsuran ringan tanpa terbebani di akhir periode?

Tentu pembiayaan “Fix & Cap” adalah solusi paling tepat! Dan BCA Finance, sebagai multifinance terdepan yang senantiasa mengerti kebutuhan konsumen, telah mengakomodasi kebutuhan Anda akan jenis pembiayaan jangka panjang ini. Yakni dengan menghadirkan program “Fix & Cap” dengan bunga sangat kompetitif saat ini. Untuk kredit mobil baru BCA Finance memberikan bunga Fix selama 3 tahun dengan bunga 5,1% + Cap selama 2 tahun dengan bunga 6%. Selain itu BCA Finance juga memberikan free asuransi TLO 1 tahun pada tahun ke-5.

Program “Fix & Cap” BCA Finance adalah pilihan terbaik untuk pembiayaan jangka panjang Anda!