Laman

Rabu, 25 Mei 2011

Cukup Solatip, Bau Asap Knalpot Dikabin Mazda2 Hilang


Jakarta - Pada awalnya, Aryo Yogisworo sempat penasaran akan bau asap knalpot yang masuk ke area kabin Mazda 2 R hatchback lansiran 2010 miliknya.

Dugaan pertama pastinya komponen AC yang menjadi masalah. Namun hasil diagnosis tidak menunjukkan malfungsi yang signifikan.

Setelah berbagi pengalaman di forum pemilik Mazda 2, penyuka modifikasi bergaya Hella Flush ini bertemu dengan pemilik Mazda 2 lain yang memiliki pengalaman serupa.

"Ini bau asap knalpot, masuknya dari lubang di pintu bagasi, solusinya musti ditutup," sahut Rizal DP, pengurus Mazda 2 Unity (M2U), komunitas pemilik Mazda 2.

Pria berkacamata ini menuturkan, bahwa kasus seperti ini banyak terjadi di sebagian Mazda 2, utamanya varian hatchback. Gejalanya mirip, ada bau gosong yang menyengat menyeruak ke ruang kabin. Terlebih ketika berkendara pada kecepatan yang relatif tinggi.

"Caranya gampang kok, tutup aja pakai selotip," saran Depe, sapaan Rizal. Seraya menambahkan, bahan karet yang ukurannya pas maupun bahan double tape juga bisa digunakan. Bisa dikerjakan sendiri dengan mudah dan bahan yang dibutuhkan cukup murah.

Langkah pertama, buka pintu bagasi Mazda 2 hatchback (Gbr.1). Perhatikan dengan seksama adanya empat buah lubang yang letaknya persis di balik permukaan bawah pintu bagasi. Perlu diingat juga ukuran keempat lubang tersebut, dua lubang paling pinggir punya luas bidang yang lebih besar.

Sedangkan dua lubang di tengahnya yang berjarak punya luas bidang relatif kecil dibanding kedua lubang di sisi kanan dan kiri. Langkah kedua, siapkan bahan penutupnya. Ukur dan potong bahan penutup sesuai dengan luas bidang keempat lubang (Gbr.2). Untuk bahan selotip yang relatif tipis, bisa memakai dua lapisan di tiap lubangnya.

Setelah keempatnya ditutup, menurut pengalaman beberapa anggota M2U yang sudah menerapkan metode ini, bau asap yang biasa timbul tidak mengusik kabin lagi. Menurut Depe kasus seperti ini merupakan dugaan pertama yang bisa diatasi sendiri dengan mudah.

Jika bau gosong masih saja terasa setelah keempat lubang tadi ditutup, pastikan komponen lain seperti AC misalnya telah bekerja dengan sebagaimana mestinya. Lebih aman, merujuk pada rekomendasi bengkel resmi. Apalagi dengan usia mobil yang masih relatif muda, hak jaminan garansi dari ATPM masih bisa diperoleh.

Wahai pemilik Mazda 2 hatchback, boleh dicoba nih tipsnya!