Laman

Rabu, 25 Mei 2011

Kaca Belakang Flip, Gaya dan Praktis


JIP - Beberapa tipe SUV memberikan fasilitas yang memudahkan kala mengambil barang dari kabin belakang, tanpa harus membuka pintu belakang. Cukup dengan membuka kaca belakangnya saja. Contohnya Nissan Terano King Road, Ford Escape, CR-V dan beberapa merek lain. “Walau sederhana, namun ternyata cukup praktis,” tutur Dodi Setiady dari Autotec Bandung.

“Sebenarnya sistem seperti ini pun bisa diaplikasikan pada kendaraan lain, seperti Jimny, Taft GT dan lain sebagainya. Dengan sedikit modifikasi, kita dapat menikmati,” sambungnya sembari menunjukkan satu contohnya pada Taft GTS pelanggannya.

“Untuk mengubahnya menjadi kaca flip, tiap-tiap kendaraan memiliki spesifikasi teknis yang beda. Namun pada dasarnya hampir semuanya bisa diubah,” sambung Dodi. “Contoh paling gampang adalah Daihatsu Taft atau Suzuki Jimny SJ410V beratap logam,” lanjutnya. “Bisa dilakukan, tanpa merombak lis bingkai kacanya sama sekali,” serunya.

Menurut Dodi, ukuran kaca bisa saja sesuai aslinya. Namun lebih baik jika lebih besar, hingga seluas karet kacanya. Tujuannya, agar bisa tampil lebih rapi. “Pesan kaca yang lebih tebal dibandingkan aslinya,” wanti bapak satu anak ini.

Supaya bisa berfungsi dengan baik, tak hanya kaca baru yang dibutuhkan untuk instalasi ini. Perlu peranti lain seperti engsel, sokbreker teleskopik pintu, pengunci pintu dan kawat pembuka kaca diperlukan supaya kaca flip bisa beroperasi.

Sepasang sok hidraulis pintu bertugas menyangga kaca saat terbuka. Untuk menahan kaca supaya bisa tertutup rapat, dibutuhkan sebuah pengunci kaca yang biasa menggunakan pengunci pintu belakang Toyota Kijang kapsul. Untuk membukanya, bisa menggunakan kawat pembuka tutup bensin yang juga diambil dari milik Kijang kapsul.

“Sedangkan untuk engsel, kita bisa menggunakan milik beberapa kendaraan, seperti Terano ataupun Escape, namun lebih pas kita bisa membuatnya secara custom,” tutup Dodi.

Sokbreker
Sepasang sokbreker comotan dari pintu belakang Jimny dipergunakan sebagai penahan kaca .

Tuas pembuka
Untuk membuka kaca belakang ini dibutuhkan tuas pembuka yang dioperasikan dari dalam kabin. Pengoperasiannya menggunakan kawat yang biasa dipergunakan untuk membuka tutup bensin Toyota Kijang kapsul stationwagon.

Estimasi biaya
1. Sokbreker pintu Jimny Katana atau CRV : Rp 150 ribuan hingga Rp 300ribuan
2. Pengunci pintu belakang Kijang : Rp 300 ribuan
3. Kabel pembuka tutup bensin Kijang : Rp 70 ribuan
4. Tuas pembuka : Rp 30 ribuan
5. Engsel : Rp.@ 50 ribuan s/d Rp 300 ribuan
6. Kaca : Rp. 700 s/d 1.5 jutaan

Thanks to :
Autotec 4x4
Jl. Cemara no 35 Bandung
No. (022)701.234.02