Laman

Sabtu, 15 Oktober 2011

Fitur Hill Climb Assist pada SUV

Dalam sekejab, fitur ini bisa membuat Orang Bodoh Sepintar Off roader Sejati. Mendaki gunung terjal atau menuruni bukit berlumpur? Hmm, bukan perkara sulit sekarang. Bahkan ibu-ibu paruh baya pun bisa melakukannya,dijamin!

www.info-automotive.com_hill-climb-assist

Inti dari sebuah teknologi adalah mempermudah sesuatu pekerjaan. Dahulu, mungkin tidak banyak orang yang mampu dan bisa mengendarai mobil di track yang tidak biasa seperti jalanan pegunungan berbukit yang licin dan mungkin berlumpur, bahkan dengan mobil 4x4 sekalipun. Karena ujung-ujungnya adalah kemampuan kita mengendalikan mobil berbeda dan tidak semua lincah mengendarai mobil berpenggerak 4x4.

www.info-automotive.com_hill-climb-assist (1)

Hill climb assist memungkinkan orang awam bisa mendaki bukit terjal dan licin sekalipun jika menggunakan fitur cangguh ini. Hill climb Assist (HCA) adalah sebuah fitur pengontrol traksi roda yang akan berfungsi ketika mobil dalam keadaan menanjak.bahkan beberapa teknologi HCA di klaim mampu beroperasi optimal pada kemiringan hingga 45 derajat. Bekerja sama dengan ABS dan traction control, HCA memungkinkan mobil tidak akan mundur ketika berada di tanjakan pada waktu kita melepas pedal rem dan hendak melakukan control pada pedal gas. Pada saat yang bersamaan, HCA melakukan kontrolpada traksi keempat roda SUV untuk melakukan percepatan dengan cara yang sangat smooth agar ban tidak kehilangan kendali atau slip. Walaupun secara sengaja kita melakukan kick down pada pedal gas, namun traksi roda tetap terukur dan terjaga dengan baik.

www.info-automotive.com_hill-climb-assist (2)

Ini lah bedanya kita dengan para offroader yang kakinya sudah terlatih dan sudah punya “sensor” tersendiri , jadinya kontrol tenaga dan traksi pada keempat roda tidaklah berlebihan dan membuat slip yang berakibat pada hilangnya kontrol mobil atau membuat disorder pada posisi mobil.

www.info-automotive.com_hill-climb-assist (3)

Fitur ini bisanya ada pada SUV kelas menengah hingga premium seperti Porsche cayenne, BMW X Series atau Volvo XC. free_ride