Laman

Sabtu, 15 Oktober 2011

Panduan Ringan Merawat Karburator Mobil, Lakukan Saat Mesin Hidup


JAKARTA - Karburator merupakan salah satu peranti vital bagi kendaraan. Merawat komponen yang satu ini ternyata tidak sulit, hanya butuh ketelitian dan disiplin dari pemilik kendaraan, serta secara rutin membawa ke bengkel untuk diservis secara berkala. Jangan tunggu sampai parah, karena kerak yang mengendap dapat mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan.

Seperti yang diutarakan Saiman, pemilik bengkel Acoy Carburator di kawasan Kalimalang, Jaktim, kalau komponen yang satu ini sampai disepelekan perawatannya, tentu berpengaruh kepada tarikan mesin. Salah satu cara sederhana dapat menggunakan carburator cleaner yang banyak beredar di pasaran.

Penyemprotan dengan carburator cleaner dilakukan pada kondisi mesin hidup. Naikkan gas hingga dua kali. Pada saat rpm tinggi, semprot karburator. Cukup dua kali saja. Bisa diperhatikan setelah penyemprotan perbedaan sebelum dan sesudah disemprotkan carburator cleaner.

Nah, kalau mesin masih batuk, hampir bisa dipastikan sudah ada penyempitan dalam karburator. Untuk itu bawalah ke ahlinya.

Silakan mencoba.