OTOMOTIFNET - Kalau dibilang main  mobil Jepang selalu selalu ada celahnya bisa jadi ada benarnya. “Bisa  tambah komponen spek Jepang bisa, pilih detail Eropa juga bisa,” buka  Britma Argandhi. Salah satu kampiun utak-atik Toyota Great Corolla  (Greco) ini bahkan menyebut Corolla generasi ke-7 terbilang terbanyak  variannya.
 Di Jepang saja ada 6 varian (mulai versi 1.300 cc sampai station  wagon). Untuk Indonesia, pakai nama Great Corolla, dalam sejarahnya ada  dua varian (1.300 cc dan 1.600 cc). Ini belum termasuk varian yang  beredar di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia.
BUMPER DEPAN
 Beda varian, pasti beda spesifikasi detailnya. Tapi secara umum bisa  diurut berdasarkan sektor eksterior maupun interior. “Yang jelas  komponen versi luar terlihat lebih eye catching,” sebut Britma. Ia  contohkan pada Greco tahun 1995 miliknya. Disitu ada paket bumper versi  Jepang, detail maupun gril dan bumper lebih sporty. Plus fog lamp bulat  kecil.
Panel tambahan di dasbor, langka dan mahal  |          
Lampu depan diamond cut, lebih mewah dengan versi station wagon  |          
Konsol tengah versi lokal,tak selengkap ini  |          
Pola itu jamak dipilih juga buat Greco  milik fans tulennya seperti Masagung Nugroho, Eko Wahyuaji, dan Indrawan  Tanjung. “Semuanya plug in, enggak ada modifikasi dudukan dan  sejenisnya,” yakin Agung, panggilan Masagung, empunya mobil versi 95.
 Geser ke buritan, dudukan pelat nopol di tengah juga jadi pilihan  favorit. Nah, sebenarnya main di dua sektor ini saja terbilang sudah  efektif bikin sebuah Greco bak mobil sejenis versi CBU. Lalu bisa  main-main ke pernik macam lampu belakang-belakang dan lampu sein depan.  “Saya pakai lampu belakang versi yang lebih tua, tahun 92 tapi spek  Eropa,” timpal Agung.
KABIN LEBIH LUKS
 Indrawan, pemilik Greco 95, tersirat juga bangga akan detail baru di  kabin. Ia kasih urutan mulai di center facia. “Ada cup holder, tempat  koin, sampai arm rest,” kata fans tulen Greco ini. Kalau mau lebih  lengkap lagi, Britma sebutkan item langka yaitu tatakan di atas dasbor  sebelah kiri yang tidak permanen. “Kalau mau lebih lengkap lagi, bisa  pasang speaker kecil di pintu (tweeter, red) dan tempat sampah kecil,”  urai warga bilangan Bintaro Tangsel ini.
 Niatan untuk bikin Greco terlihat makin mewah lagi bisa pilih jok depan  berbagai versi Corolla generasi ke-7. “Pakai punya Sprinter,” tunjuk  Agung.
ANGGARAN BUAT NAIK SPEK
 Memang tak ada patokan harga yang pasti akan harga beli dari  komponen-komponen impor tadi. Namun umumnya mereka bisa didatangkan  berasal dari Singapura, Malaysia, Hongkong, Jepang, bahkan Australia.  Dan tak perlu juga terburu-buru buat pasang semua opsi.
 Nah biar mudah bikin ancar-ancar, untuk bemper depan yang lengkap bisa  makan biaya antara Rp 6-7 jutaan. Bemper belakang, anggaran penuhnya  bisa sampai Rp 5 jutaan. “Untuk interior, kalau sampai jok bisa Rp 7  jutaan.
MESIN, TANDA PARIPURNA
"Mesin Greco yang beredar kodenya 4A-FE, ini mesin ekonomis," sebut Radi  Azwari. Pria yang acap dirujuk fans komponen impor Greco ini kasih  pilihan yang tanpa ubah dudukan. "Bisa pakai 4A-GE spek Silver Top  maupun yang Black Top," kata Radi yang acap memasok kebutuhan berbagai  komponen Greco ini. Pakai punya Toyota Levin, AE101, juga dapat  dipertimbangkan jika Anda mau Greco lebih galak tenaganya. Atau pilih  AE111BZR dengan transmisi 6 percepatan. Siapkan anggaran, mulai Rp 15  jutaan. "Tapi pakai mesin standarnya saja bisa lari sampai 200 km/jam  kok," tegas  Indrawan.