Laman

Sabtu, 15 Oktober 2011

Panduan Ringan Memilih Mobkas, Khusus Mobil Yang Sudah Berumur



JAKARTA - Panduan ringan membeli mobkas sudah beberapa kali diulas dari beberapa sisi. Namun, calon peminat mobkas harus sering diingatkan pentingnya memilih sesuai panduan agar tak menyesal di kemudian hari. Khusus untuk mobil yang sudah berumur, banyak faktor yang harus diperhatikan agar tidak keliru membeli ‘kucing dalam karung’.

Seperti anjuran Saiman, pemilik bengkel Acoy Carburator berikut ini. “Mobil yang sudah lawas memerlukan ketelitian ekstra dari calon pembeli, kalau bisa harus dapat track record perawatan mobil,” bilangnya. Lanjutnya, mobil jangan dilihat dari penampakannya saja. “Tampang memang penting, tapi jangan sampai terbuai oleh penampakan yang kinclong,” jelas pria ramah ini.

Cara sederhana yang dapat dilakukan adalah melihat sektor kaki-kaki, karena mobil rawan tekor di sektor ini. Mobil bisa diangkat oleh pompa hidrolik yang lazim ada di tempat cuci mobil. “Perhatikan bagian sasis, kalau ada sambungan berarti sudah pernah patah. Kalau sudah begini, Anda harus siap mengganti karena umurnya biasanya tidak lama,” jelasnya. Lalu untuk bagian mesin, cara sederhana bisa dilakukan dengan mengganti oli baru. Bisa dibandingkan suaranya sebelum dan sesudah dilakukan penggantian oli.

Cara sederhana terakhir, bawa mobil ke jalan yang tidak rata. Tandai bagian-bagian yang berdecit. Kalau memang Anda sudah terlanjur cinta, siapkan dana untuk mensubstitusi bagian tersebut. Nah, selamat mencoba.