Suzuki Jimny LWB 1989
Modifikasi off-road Suzuki Jimny LWB 1989
Modifikasi off-road Suzuki Jimny LWB 1989, Oke Kemampuan dan Tampilan
Sebagai seorang pebisnis jasa peranti
komunikasi, tak jarang membawa Joko Sutanto pada daerah pelosok
terpencil. Ia pun lantas berfikir untuk memiliki suatu transportasi
kendaraan yang dapat dihandalkan dan mumpuni namun tetap punya
penampilan menawan.
Pilihan Joko pun jatuh pada jenis kendaraan jip hingga pada akhirnya
mengerucut pada sosok Suzuki Jimny yang dianggapnya merupakan sosok jip
serba guna dan efisien dalam pemakaian bahan bakar.
Meroketnya pamor Jimny pun menjadi alasan yang kian memantapkan langkah
Joko untuk memilih jip ini sebagai andalan. Namun demikian penampilan
maupun performanya jip ini harus bagus. Menurut bapak dua anak in
penampilan bagus dan menarik merupakan kebanggan tersendiri.
Kemampuan off-road dan on-road yang bisa dihandalkan dan penampilan
yang menarik menjadi formulasi yang bisa dihandalkan yang ditemui dalam
jip ini. Penampilan OK dan performa OK, jadi singkatnya OK dan OK .
Mesin
Tenaga hasil perasan mesin bawaan standar dirasa kurang mencukupi
harapan. Karenanya mesin F10A bawaan kendaraan pun diganti mesin G16A
berpemasok bahan bakar injeksi yang lebih bertenaga . (cmh 3)
Gardan
Penjelajah sejati wajib berpenggerak 4x4, karenanya gardan depan pun
dipasang lengkap dengan isinya. Untuk menyesuaikan dengan layout mesin
dan transmisi, gardan belakang pun dicomot dari Jangkrik. Gardan
kemudian dimodifikasi pada ujung-ujungnya dengan menggunakan milik
Suzuki Jimny. Agar kemampuan off-roadnya semakin baik final gir pun
diganti 1 : 5.125. (cmh 9 & 10)
Girboks dan tranfercase
Girboks 5 percepatan manual dan tranfercase miliki Vitara EPI menjadi
ujung tombak penyaluran tenaga. Pilihan ini dianggap paling pas karena
tidak perlu rombakan pada girbok dan tranfercase. Penyesuaian cukup
dilakukan pada gardan belakang.
Interior
Suasana di dalam kabin tidak banyak berubah dari Jimny pada umumnya,
hanya saja untuk meningkatkan kenyamanan, jok depan diganti dengan
Recaro.
Bumper
Bumper standar ditanggalkan dan sebagai gantinya bumper custom racikan
RAFF pun dipasangkan sebagai gantinya. Nampak sebuah winch Warn klasik
nempel pada moncong jip sedangkan bumper belakang dilengkapi dengan
tire hanger.
Pintu belakang
Pintu belakang one piece khas Jimny beratap hardtop diganti dengan
milik Suzuki Caribian atau Jimny beratap softtop. Sedangkan penutup
bagian atasnya dicustom dengan melakukan penyesuaian dengan kontur dan
tektur bodi Jimny Hardtop
Aksesoris
Pemantauan areal belakang kendaraan dilakukan dengan spion milik Jeep
TJ Wrangler. Penggunaan ukuran ban yang lebih besar dan lebar dari
bawaan asli kendaraan menyebabkan ukuran overfender pun diperbesar dan
diperlebar, agar cipratan ban tidak liar mendarat ke bodi kendaraan.
Nampak sepasang footstep yang berfungsi ganda sebagai sidebar.
Pelek ban
Pelek klasik Enkei Apache dikolaborasikan dengan ban lansiran Maxxis
dipercayakan untuk menjabani kepentingan jelajah jip di medan onroad
maupun offroad.
Spesifikasi
Mesin : G16A 16 valve 1.6 liter multipoint injection
Girboks : 5 speed manual
Tranfercase : 2 speed part-time
Gardan : OEM Suzuki SJ410 (depan)
: Customized LJ80 (belakang)
Sokbreker : Procomp ES9000
Per : customized Suzuki Carry 1000
Overfender : customised by RAFF
Bumper : customized by RAFF
Sidebar : customized vy RAFF
Spion : Jeep TJ Wrangler
Pelek : Enkei Apache
Ban : Maxxis Bighorn 31x10.5 R15
Jok : Recaro
Bengkel : RAFF
Jl. Jakarta no 9 Bandung
Telp: (022) 720.2109