Laman

Sabtu, 03 Maret 2012

Tips Mobil Cara Perawatan Kisi-Kisi Radiator, Bersih Sampai Celah Terkecil


 JAKARTA - Biasanya, para pemilik mobil tiap membersihkan sektor mesin suka melewatkan kebersihan kisi-kisi radiator. Kebanyakan mereka hanya memperhatikan tampilan luarnya saja tapi tidak sampai ke celah terkecil.

“Emang sih bersihinnya agak susah, tapi kalau sudah bersih terlihat seperti mobil baru lagi,” ungkap Rizky, mahasiswa Universitas Bina Nusantara, Jakarta ini.

Kotoran yang hinggap di kisi-kisi radiator bisa menyebabkan pendinginan jadi kurang maksimal (Gbr.1). “Kebersihan dan keutuhan kisi-kisi radiator harus terus dijaga, minimal pas nyuci mobil sekalian disemprot air biar rontok kotorannya,” ungkap Broto, kepala bengkel Tunas Toyota Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Mau bersihin sendiri? Gak susah kok! Cukup siapkan sikat gigi bekas beserta sabun colek. Langkah pertama, siram radiator dengan air bersih (Gbr.2). Tapi ingat, jangan gunakan air bertekanan tinggi, pakai selang saja untuk menyiram agar kisi-kisi radiator tak rusak.

Kemudian sikat memakai sikat gigi yang dicampur sabun colek hingga bersih. Nah, kalau bagian dalamnya susah dijangkau, bisa manfaatkan bambu atau kayu yang cukup panjang yang disambung ke batang sikat gigi (Gbr.3). Ini dilakukan agar bagian dalamnya juga gampang dibersihkan.

Kalau sudah bersih, basuh lagi dengan air bersih sampai busanya hilang. Lalu siapkan lap chamois dan keringkan bagian radiator yang bisa dijangkau oleh tangan. “Kalau perlu kipas radiatornya sekalian dibersihin juga biar maksimal,” tambah Broto.

Bagaimana sudah bersih, belum? Kalau sudah, sebagai langkah finishing bisa lakukan pemolesan pada sektor radiator agar terlihat makin kinclong. “Cukup pakai semir ban saja, kemudian ratakan pakai spon,” tambah Izam panggilan akrab mahasiswa jurusan teknik industri ini (Gbr.4).