Laman

Sabtu, 03 Maret 2012

Utilitas bead roller | Membuat tekukan melingkar


Pada permasalahan instalasi pipa pada kendaraan,baik itu pipa radiator hingga turbo seringkali membutuhkan kehadiran selang. Peranti yang umumnya dibuat dari bahan karet ini umumnya berfungsi untuk menyambung antar rangkaian saluran pada unit radiator ataupun turbo yang akan disambung dan cara penyambungannya dengan menggunakan klem.

    Jika diperhatikan lebih mendalam, tiap-tiap ujung pada unit pipa yang terhubung langsung dengan selang tersebut terdapat semacam tekukan yang melingkari ujung pipa tersebut. Tentunya tekukan ini hadir dengan suatu maksud dan tujuan. Ya..kehadiran tekukan melingkar tersebut dimaksudkan untuk memperkuat pengekleman selang pada pipa. Tekukan melingkar tersebut akan menahan klem untuk tidak gampang tertarik apabila terjadi tekanan pada pipa tersebut.


    Namun sayang sekali hal ini terkadang luput dari perhatian kita. “Banyak kesalahan yang terjadi lantaran pipa yang dipergunakan tidak memiliki tekukan pada ujung bibirnya. Malah ada selang pipa radiator yang tercabut karena bibir saluran radiatornya tidak memiliki tekukan ini,. terutama jika radiatornya sudah modifikasi” papar Enyo Sudiarta dari YOUR Fabrication. “Karenanya, ada baiknya kita kembali memperhatikan kondisi tersebut dan membuat tekukan melingkar pada ujung pipa yang akan kita pakai untuk dirakitkan dengan selang,” sambungnya.

    Dalam kondisi ini dibutuhkan alat yang disebut dengan bead roller untuk membuat tekukan tersebut. Namun bisa juga dengan memililitkan kawat pada ujung pipa dan kemudian dititik dengan las. Seperti apa cara kerja bead roller itu...? yuk kita simak bareng-bareng.

Langkah
1.     Pertama-tama bead roller diletakan pada penjepit atau tanggam.


2.    Pipa yang akan dibuat tekukan dipasang dijepitkan pada roller yang telah tersedia pada unit tersebut.


3.    Kencangkan dan kemudian diputar sehingga membentuk suatu tekukan.(bl 2 & 3)



4.    Setelah tekukan terbentuk lepaskan pipa dari bead roller dan pipa siap untuk dipasangkan pada selang.


Caption

Saluran piping pada intercooler membutuhkan tekukan melingkar agar selang mengikat kuat pada pipa.


Thanks to :
YOUR Fabrication
Cipinang Muara RT.03 /RW07 No. 15
Jl. Kesadaran I, Gudang Seng Kalimalang
Jakarta Timur
Telp: 08128111501 / 08170009501