Laman

Recent Posts

Senin, 07 Maret 2011

Pasang Plastik Mika di Karpet Beludru, Jaga Kesan Mewah Kabin Mobil

Tips Karpet Mobil

Pasang Plastik Mika di Karpet Beludru, Jaga Kesan Mewah Kabin Mobil


Jakarta - Di beberapa merek mobil, kelengkapan karpet dasar dari bahan beludru kini jadi parts bawaan saat kita menebusnya dari dealer. Bahkan di gerai-gerai aftermarket pun, saat ini banyak yang menjual opsi karpet dasar model beludru yang sama demi meningkatkan kesan mewah dan gengsi dari dalam kabin.

Warnanya beragam dan bisa disesuaikan ambience kabin secara keseluruhan. Tapi tahukah Anda, kalau sebenarnya karpet dengan permukaan beludru ini punya kelemahan yaitu, susah dibersihkan?

“Ya, karpet beludru itu kan permukaannya kayak permadani, jadi ada kemungkinan kotoran gampang menyerap dan tinggal di sana. Kalau sudah begitu pasti bakal susah dibersihkan,” buka Akir, bos bekleding Barkah di bilangan Cipondoh Tangerang.

Apalagi penggunaannya di mobil yang bersentuhan langsung dengan alas kaki penumpang, memungkinkan kotoran kian mudah lagi menodai fisik karpet beludru. Terlebih bekas lumpur dan debu.

Karena itu sebagai bos gerai interior, Edy dari Vertue Concept di bilangan Sunter punya pendapat sendiri perihal bagaimana mengurangi dampak kotoran tersebut. Terbilang tak banyak yang disiasati, namun menurutnya ini adalah cara yang paling pas menjaga kebersihan dan tak mengurangi nilai kemewahan yang dibawa.

“Caranya cukup lapisi karpet dasar sama plastik mika khusus biar enggak cepat kotor,” ungkapnya.

Pemolaan memakan memakan proses yang panjang. Karena berkaitan dengan kepresisian ukuran dek ketika di pasang nantinya

Logikanya, dengan lapisan mika ini karpet bakal terlindungi dari kotoran sementara penampilannya tetap terlihat karena plastik ini tidak berwarna atau transparan. Namun tak seperti melapis interior, untuk proses ini membutuhkan sekurangnya 10-15 meter bahan mika, tergantung besaran dek kabin di mobil yang akan dilapis.

“Sebelum dipasang, mikanya mesti diukur dan pola dulu sesuai bentuk dek kabin mobil yang ingin dipasang,” jelas Edy. “Terus dijahit dan harus diperhatikan kalau lekukan-lekukan di kabin pas sama jahitan itu,” sambungnya.

Lantas jika sudah pas, jangan biarkan ada lekukan di plastik mika biar terlihat rapi. Dan untuk melapis karpet ini, sekurangnya harus menyiapkan dana sekitar Rp 1,2-1,5 juta dengan proses pemasangan tiga hari.

Sementara perihal pembersihannya cukup mudah dilakuakan, pasalnya Anda cukup mengelapnya dengan chamois (lap kulit) atau kain basah. “Sebisa mungkin jangan kena benda-benda tajam atau sudut-sudut barang bawaan. Walaupun tebal, tapi kalau disalah satu sisi kena terus-menerus, bisa sobek juga,” tutup Akir yang juga menerima penggantian plastik yang sobek.

Pemasangan plastik mika ini cocok untuk mobil-mobil yang penggunaannya tinggi dan kerap membawa penumpang (kiri). Perhatikan sudut-sudut agar tertutup sempurna, agar tak ada debu menyelinap masuk (kanan).

Lapis Door Trim: LEBIH MUDAH
Sementara itu, pelapisan plastik mika juga bisa diterapkan pada door trim. Memang terkesan lawas, tapi sekali lagi sangat ampuh untuk melindungi bagian door trim yang juga berbahan beludru.

“Prinsipnya sama kayak yang di kabin, tapi untuk yang ini tidak serumit kabin. Kadang kalo bagiannya kecil dan rata, tidak usah dijahit lagi,” kata Akir.

Untuk empat door trim yang dilapis, range harga sekitar Rp 200-300 ribu, tergantung banyaknya mika plastik yang dipakai. Sementara pengerjaannya, bisa membutuhkan waktu seharian.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...