Laman

Recent Posts

Selasa, 08 November 2011

Aplikasi Lampu LED di Kolong Dasbor Mobil

Berlama-lama di dalam mobil saat melakukan perjalanan jauh bisa melahirkan banyak cerita. Apalagi kalau sudah lepas Maghrib dan suasana kabin mobil mulai temaram. Semisal mencari barang berukuran kecil yang terjatuh ke lantai (dek) atau butuh barang spesifik macam cemilan yang tersimpan di dalam kantong plastik di dekat alas kaki.


Pemasangan cukup mudah



Tidak menyedot listrik karena daya watt kecil

Ragam pilihan tergantung kebutuhan
Antisipasi Redup
Penerangan yang mumpuni sangat mungkin diperlukan agar pencarian barang bisa cepat dan mudah. Hanya saja, lampu kabin bawaan mobil kerap kurang membantu. “Apalagi kalau mobil sudah lawas, bohlam lampu seringkali redup,” jelas Handoko dari Graha Sakti di kawasan sentra onderdil Duta mas, Fatmawati, Jaksel.

Ada cara mudah untuk memperbanyak sumber penerangan di seputar kabin. Bila perlu perbanyak titik lampu di lokasi yang memerlukan penerangan ekstra seperti kolong dasbor. “Sekarang sudah banyak tersedia LED model garis yang bentuknya memanjang atau persegi dengan varian jumlah LED beragam,” jelas Handoko lagi.

Mengusung teknologi LED teranyar seperti luxeon, pilihan merek dan tipenya bisa didapat dengan mudah dengan harga terjangkau. Produk seperti Nine, Michiba, Dome Light atau Excel Lighting Project bisa dipilih sesuai kebutuhan. Warnanya pun bisa sesuai selera semisal putih, biru, hijau atau merah.

Pada prinsipnya, LED sangat membantu karena cahaya yang dihasilkan cukup kuat untuk menerangi seluruh dek. Selain itu, dijamin tidak menyedot listrik karena perbuah LED hanya berdaya 0,25 watt. “Tinggal dikalikan dengan jumlah LED yang dipakai seperti size medium (8 buah LED) atau large (12 buah LED),” jelas pria yang membuka gerai spesialis aksesori ini.

Cara pemasangannya pun tak sulit. Memang perlu kerja ekstra karena harus ‘menarik’ kabel ke sumber listrik alias aki. Alternatif power source bisa langsung ke aki atau nebeng dengan kabel lampu kabin bawaan mobil. Mau lebih rumit bisa sambungkan kabel secara paralel ke switch pintu.

Namun kalau sifatnya sementara, bisa bikin jalur kabel baru dengan toggle switch. Memasang rangkaian LED seharga mulai dari Rp 70-200 ribu ini juga tak sulit karena bisa tempel dengan Velcro, cable ties atau double sided tape. Tinggal cari spot ideal agar lampu LED tidak terkena atau tertendang kaki
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...