Laman

Selasa, 08 November 2011

Kenali Suara Dan Penyebabnya(Bag.4), Bunyi Aneh di Eksterior



JAKARTA - Sebagian menyangka, bodi dianggap bagian tidak bergerak dari mobil. Padahal, bodi memiliki kemampuan bergerak secara fleksibel. Tujuannya selain membantu memberikan kenyamanan dari bantingan roda, meski sudah diberi suspensi. "Bodi juga perlu kelenturan, agar nyaman dan mampu meredam benturan, serta tidak mudah patah," tutur Wijoyo Andriarko dari Steelsmith, di bilangan Cireundeu, Tangerang, Banten, yang kerap membuat towing bar yang digabung dengan struktur sasis tunggangan.

Nah di bagian ‘tubuh tunggangan' ini, kerap kurang menjadi perhatian sebagai sumber bebunyian yang mengganggu. Meski, ada beberapa titik yang bisa menjadi sumber bunyi. Mulai dari engsel pintu, hingga pengaitnya (door hinge), lantas juga sambungan-sambungan antarbodi.

"Mobil saya disebut ada celah pada bagian las bodinya, sempat menimbulkan bunyi, tetapi sudah selesai ditangani bengkel resmi," ujar Thris, pengguna Toyota Rush 2011 yang sempat pusing mendengar bunyi yang tak kunjung hilang. "Bagian lain juga dibenahi, seperti di engsel pintu belakang," jelasnya.

Nah, ketika mendengar bunyi agak mengganggu, tak ada salahnya meminta bengkel memeriksa beberapa bagian ‘tersembunyi', seperti engsel pintu dan pengaitnya, juga tak ketinggalan, bagi tunggangan yang menggunakan sasis tangga (ladder frame), bushing antara sasis dan bodi pun perlu diperiksa.

Bagian lain yang mungkin luput dari perhatian, braket-braket aksesori. Seperti braket fog lamp, klakson atau aksesori lain yang melekat pada bodi. Kemungkinan bautnya kendur atau dudukannya patah, bisa menimbulkan bunyi yang tak sedap di telinga.