Laman

Selasa, 08 November 2011

Merawat Washer Kaca Mobil, Hujan Deras Bebas Cemas


JAKARTA - Washer itu penting, tetapi banyak pemilik mobil justru mengabaikan perawatan washer. Paling-paling cuma mengecek air di dalam tabung, masih terisi air atau tidak. Begitu hujan datang, pemilik mobil baru sadar kalau ada yang tidak beres pada peralatan khusus hujan tadi. Wah, jadi cemas deh!

Kali ini otomania yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah semester awal akan berbagi pengalaman dalam merawat penyemprot air kaca mobil. "Bila terdapat endapan kotoran, di tabung air semprot dengan tekanan angin tinggi memakai kompresor angin" ujar Mory Yanuar mahasiswa semester satu London School of Public Relation, Jaksel (Gbr.1). Kotoran pada tabung washer dapat mengakibatkan penyumbatan saluran dari tabung ke slang. Solusinya, ya dengan cara membersihkan tabung guna memperlancar saluran air ke kepala washer.

Lalu, campurlah air penyemprot dengan wiper fluid yang banyak tersedia di supermarket dan pusat aksesori mobil dengan perbandingan sesuai petunjuk di kemasan. Produk pencampur air wiper ini mampu menghilangkan minyak dan kotoran yang hinggap di kaca depan.

"Sebenarnya hal yang tidak kalah penting yaitu cek keadaan tabung, bila berlumut bersihkan tabung dengan cara memasukkan pasir ke dalam tabung lalu air dan kocok sampai lumut terangkat oleh pasir" tutur Dede Louis dari Kinara Motor di Duta Mas Fatmawati Jaksel ini (Gbr.2). Selain itu, agar lebih bersih, tabung air dikocok-kocok dan dibilas.

Ada pentingnya juga kita mengatur arah semprotan washer, agar semprotan air menyebar ke kaca, "Jika arah semprotan dirasa kurang pas, bisa disetel dengan memakai jarum sampai pas," Ujar Rengga Mahendra siswa kelas 3 SMA di Home Schooling Kak Seto ini (Gbr.3).