Laman

Selasa, 08 November 2011

Mengetahui Kondisi Transmisi Otomatis


JAKARTA - Bagi Anda yang memilih mobkas bertransmisi otomatis (A/T) bisa merujuk pada tips ringan berikut ini. Maklum saja lantaran, tidak semua penjual mobkas memperbolehkan dagangannya diuji coba di jalan. Alhasil, calon pembeli harus mencermati langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama, nyalakan mesin dan periksa dipstick oli matik serta amati olinya. Bila terlihat warna coklat kehitaman ditambah bau gosong yang menyengat menjadi indikasi mobkas itu kurangnya perawatan. Ada baiknya, hindari membeli kendaraan itu lantaran biaya oprak-oprek transmisi otomatis terbilang mahal.

Berikutnya, Anda bisa menarik rem tangan dan injak rem kemudian geser tuas transmisi dari P ke R, N ke D dan rasakan tenaga yang ada tanpa menginjak pedal gas. Nah, ika ada entakan berlebihan, kemungkinan masalah terjadi pada sil di dalam transmisi atau mounting transmisi. Berikutnya, untuk mobil berpenggerak roda belakang, jika mengalami hal yang sama, kemungkinan masalah terdapat pada sambungan gardan (cross joint) atau di dalam transmisinya.