Laman

Selasa, 08 November 2011

Upgrade Audio Nissan March Setara Instalasi Car Cinema


JAKARTA - Derasnya minat para pemilik Nissan March untuk upgrade sistem audio standar mobilnya, membuat para importir dan produsen komponen audio berlomba menghadirkan pilihan versi OEM-nya. Seperti tawaran PT Asia Wahana Audiotama (AWA) di Gading Kirana Timur, Kelapa Gading, Jakut, yang bisa menyulap tata suara kabin March setara instalasi car cinema.

"Sebenarnya sudah disiapkan sejak pertengahan tahun lalu. Karena harus dilakukan riset dan development untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, kami baru bisa merilisnya sekarang," ungkap Martin Kristianto, managing director AWA.

MONITOR
Step pertama harus mengganti head unit standar dengan versi monitor OEM, supaya konsep car cinema dapat mudah diterapkan di kabin March. Pasalnya para pemilik March yang kini umumnya sudah akrab dengan berbagai gadget, kerap merasa bingung jika ingin memutar film dari iPod kesayangannya. "Fitur standar head unit belum tersedia konektor untuk iPod, atau paling tidak sudah iPod ready," keluh Nanang, pembesut March XS 2011 ini.

Peredam suara paling utama dilapis di bagian pintu depan (kiri atas). Monitor dilengkapi semua kabel RCA yang dibutuhkan buat upgrade dengan komponen tambahan lainnya(kiri bawah). Posisi speaker menyesuaikan dengan desain penempatan komponen standar(kanan).
Solusinya, head unit standar bisa ganti dengan monitor OEM seharga Rp 3,5 juta yang ditawarkan AWA. "Fitur yang tersedia seperti CD/DVD player, iPod ready, SD card, TV, aux-in, USB, Bluetooth, radio termasuk opsi untuk pemakaian remote setir jika dibutuhkan," beber Abbas, instalatur Wiki wiki yang mengupgrade sistem audio March kali ini.

Pemasangan tidak sulit dan bisa dilakukan sendiri oleh si pemakai. "Sebab sudah dirancang socket to socket. Sehingga instalasinya tak memerlukan modifikasi atau ubahan pada kabel standar," yakin Abbas. Untuk memaksimalkan tampilan gambar siaran TV, lanjut pria ramah ini, mesti memasang antena TV tambahan yang soket kabelnya sudah tersedia di bodi belakang monitor.

SPEAKER
Performa suara dari speaker standar memang masih kurang powerful. Untuk itu, Abbas menggantinya dengan Symbion 6 inci seharga Rp 700 ribu. Versi split 2-way ini cukup mumpuni buat mendongkrak sound jadi lebih optimal.

Pemasangannya memang mesti memerhatikan beberapa bagian penting. "Mesti ditambah ring dari kayu MDF untuk menopang bodi speaker, supaya bagian pantat speaker tidak bersentuhan dengan pelat di dalam panel pintu," jelas Abbas.

Fitur mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini(kiri). Dimensi dan desainnya cocok dengan dudukan standar di dasbor Nissan March(kanan)
PEREDAM
Supaya suara dari luar kabin tak banyak mengganggu, panel pintu depan kanan-kiri sebaiknya dilapis dengan peredam suara. Seperti Dynamat Xtreme dengan banderol Rp 350 ribu per lembar.

Supaya kemampuan meredam suara dari luar lebih optimal, idealnya pakai dua lapis di tiap pintu. Satu di bagian dalam yang langsung ditempel pada pelat pintunya, satu lagi dilapis di bagian luar atau tulangan pintu.