Laman

Minggu, 27 November 2011

Tips Mobil, Pasang Talang Air All New Avanza, Rp 300 Ribu Tanpa Merusak Pintu

JAKARTA - Buat pemilik All New Toyota Avanza, yang besutannya belum dilengkapi talang air (side visor), bisa memasangnya sendiri di rumah hanya dengan bermodal Rp 300 ribu dan tanpa merusak pintu.

Pasalnya talang air aftermarket yang didesain khusus buat All New Avanza (ANA), tidak lagi menggunakan penjepit model klip besi, yang jika dipakai dalam waktu lama akan meninggalkan bekas pada frame kaca. Karena sudah dilengkapi lem perekat atau double tape berkualitas (Gbr.1).
“Tersedia dua pilihan, yang plastiknya lebih lentur dan bening Rp 300 ribu/set dan yang biasa Rp 250 ribu/set (Gbr.2), harga tersebut sudah termasuk ongkos pemasangan," jelas Chandra, juragan kios Karunia Agung di Pasar Mobil Kemayoran (PMK), Jakpus.

Jika ingin memasangnya sendiri di rumah buat mengisi waktu luang, cukup siapkan kain lap bersih atau tissue. Caranya bisa perhatikan pemasangan side visor di ANA 1.3 G M/T ini. Pertama, bersihkan permukaan frame kaca yang akan ditempel dengan kain lap atau tissue tadi, supaya talang air dapat merekat kuat.

Cara merekatkan talang air yang benar, jangan membuka seluruh penutup double tape, karena dikhawatirkan debu mudah nempel dan membuat daya rekatnya berkurang. Tempel bagian depan hingga tengah sambil menarik penutup lem dengan perlahan (Gbr.3).

Lanjutkan dengan menekan bibir talang air yang menempel pada frame kaca, mulai dari bagian depan sampai ke belakang. Namun jangan melepas penutup lem di sisi paling belakang, supaya dapat mengatur posisi jika masih terlihat miring.

Setelah 3/4 bagian talang air sudah rata menempel pada frame kaca, akhiri dengan melepas penutup double tape dengan menariknya secara perlahan, dibarengi menekan permukaan yang baru ditempel tadi sampai ke ujung paling belakang (Gbr.4).

Untuk pemasangan di pintu tengah, sama seperti cara sebelumnya, dan pastikan semua bagian sudah tertempel dengan kuat di permukaan frame kaca pintu.

Jika pemasangannya benar, untuk menempel talang air di keempat pintu ANA hanya butuh waktu sekitar 20 menit.