Laman

Selasa, 08 November 2011

Kenali Suara Dan Penyebabnya (Bag.1): Bunyi-Bunyian Aneh pada Mobil


JAKARTA - Mendeteksi bunyi-bunyian yang terdengar tak lazim di beberapa bagian mobil, memang menuntut kepekaan telinga yang cukup baik. Jangankan Anda yang setiap hari pergi beraktifitas bersama besutan pribadi, mekanik andal sekali pun sering kewalahan untuk sekadar menentukan penyebab dari suara abnormal ini. Jika tak lekas dibereskan, dikhawatirkan bisa memicu masalah baru.

Sebenarnya kita dapat menghindari terjadinya masalah atau kerusakan lebih dini, jika mampu mengenali suara dan penyebabnya. Namun terkadang sebagian pemilik mobil kurang merespon dengan cepat, lantaran menganggapnya sebagai hal yang sepele.

"Memang tidak mudah untuk menentukan penyebab bunyi yang terdengar tak normal ini. Karena dari beberapa kasus, suaranya kadang terdengar kadang hilang secara tiba-tiba. Untuk memastikan titik asal bunyi dan kemungkinan penyebabnya, mesti melakukan tes jalan di areal bumpy dan rope test," jelas Muhaimin, section head GR technical service division PT Toyota-Astra Motor, yang ditemui OTOMOTIF di workshop Sunter, Jakut.