Laman

Selasa, 08 November 2011

Smoked Head Lamp Khas Indo Pajero Community, Gelap Lebih mantap



JAKARTA - Wajah garang sudah jadi ciri khas Mitsubishi Pajero Sport. Terlebih dengan lampu depan model proyektor. Akan tetapi, wajah gagahnya bisa lebih dimaksimalkan. Tidak perlu macam-macam ubah bumper atau ganti lampu. Penerang standarnya saja sudah prima.

Nah, tongkrongan bisa lebih sangar kalau lampu utama punya nuansa gelap ketimbang aslinya yang berbalut krom. Seperti yang dilakukan beberapa anggota Indo Pajero Community (IPC) ini. “Sudah lebih sepuluh orang yang seperti ini,” buka Wedha Wiryawan, ketua IPC.

Dibikin gelap seakan mengambil tren nuansa smoked head lamp yang pernah menjamur. Namun relatif beda, karena mika lampu tetap bening. Hanya sebagian reflektor yang dihitamkan. Sehingga dari luar tetap bernuansa gelap.

Bentuk lampu jadi lebih mantap. Soalnya tampang Pajero Sport jadi lebih sporty, mirip Mitsubishi Lancer EX atau Evolution X yang reflektor lampu depannya juga hitam. Hanya ring di sekitar lampu proyektornya saja dibiarkan beraksen krom.

Karena membuka batok, harus hati-hati saat memasangnya kembali. Kalau hanya menghitamkan saja sih mudah. Cukup beri warna pakai cat semprot berkelir hitam dof. Nah pemasangannya kembali, batas reflektor dan mika (Gbr.2) mesti kedap agar lampu tidak bocor atau mengembun saat hujan atau dicuci.

Nah, sembari dibuka bisa sekalian upgrade tampilan dengan angel eyes (Gbr.3) atau HID. Wajar, karena meski sudah proyektor, Pajero Sport belum punya fitur itu. “Tinggal ditambahkan ring angel eyes di depan proyektor,” sambung Kelvin seraya menyebut rata-rata biaya Rp 1,4 juta untuk smoke dan angel eyes.

Pelengkap gaya smoked head lamp ini, bisa juga dipadu dengan grill baru yang lebih sporty. Seperti grill dengan kisi-kisi honeycomb. “Kalau saya dulu pesan dari luar negeri. Sekarang sih sudah banyak yang jual di sini,” tambah Wedha. Kisi-kisi ini punya warna hitam tetapi bingkai grill tersedia dengan nuansa hitam dof maupun krom. Kalau yang ini sih, tergantung selera Anda.

Mau lebih sip lagi, bisa menambahkan Daytime Running Light (DRL) di bagian bawah bumper (Gbr.4). Banyak DRL di pasaran aftermarket. Atau bisa juga pilih yang sudah berikut grill bawah bumper depan. Anda suka yang mana?