Laman

Senin, 07 Maret 2011

Pasang Water Methanol Injection di Chevy Captiva VCDi, Cara Instan Hasil Spontan!

Tips Performance Chevrolet Captiva VCDi 4x2

Pasang Water Methanol Injection di Chevy Captiva VCDi, Cara Instan Hasil Spontan!


Jakarta - Sejatinya, Chevrolet Captiva VCDi 4x2 tenaga mesin standarnya hanya sebatas 148 Hp pada 4.000 rpm dan torsinya 320 Nm pada 2.000 rpm. Nah, Chevy Captiva VCDi yang satu ini beda sendiri nih!

Chevrolet Captiva VCDi 4x2 milik Yan Andi ini sanggup menyemburkan keluaran tenaga fantastis hingga 248 dk di posisi 4.000 rpm. Torsinya pun melonjak sampai 482 Nm pada 3.500 rpm. Wuih, apa rahasianya?

Yan Andi, sang pemilik, selain melakukan ubahan di saluran pembuangan dan menyematkan perangkat engine management, juga membeberkan resep khusus. Yakni aplikasi peranti Water Methanol Injection (WMI). “Akselerasi menjadi sangat responsif,” ujar importir baut dan mur ini.

Prinsip kerja WMI yakni menyemburkan campuran air dan methanol ke ruang pembakaran. “Efeknya temperatur ruang bakar turun,” tutur Andre dari Rev Engineering yang menjajakan produk ini.

Nantinya, WMI dapat diaktifkan sesuai keinginan melalui tombol yang mengatur mekanisme kerjanya berdasarkan boost dan takaran semburan dari nosel kapasitas 760 cc.

Tawaran perangkat suntikan tenaga instan ini, selain telah diterapkan di mesin diesel, bisa juga untuk mesin bensin. “Kalo di mesin bensin non turbo, nambahin ignition timing bisa lebih maju,” jelas Andre sembari menambahkan efek ngelitik pada mesin bisa dihilangkan. Hasilnya, selain timing bisa lebih maju, ruang bakar pun menjadi lebih bersih.

Pompa bertugas menyemburkan campuran air dan methanol (kiri). Karena ukuranya besar, penempatannya diletakkan di bagasi (kanan)
Pada mesin diesel, efeknya temperatur akan turun sehingga powernya naik. “Daya ledaknya bisa bagus karena ada campuran methanol,” tambahnya merinci komposisi campuran air dan methanol adalah 50:50.

Andre menyebut torehan tenaga yang pernah dihasilkan pada mesin diesel turbo mencapai 50 dk. Sedangkan pada mesin bensin turbo kenaikan tenaga di kisaran 20 dk dan mesin bensin biasa sekitar 10 dk.

Speed shop yang berlokasi di JL. Arteri Kedoya, Jakbar ini menjual WMI bermerek Cooling Mist buatan Amerika Serikat. Keunggulannya adalah kapasitas tangki lebih besar dan fitur yang lengkap dibanding merek lainnya.

“Terhitung murah jika dibandingkan pasang NOS (Nitrous Oxide System), apalagi harga methanol juga tidak terlalu mahal,” yakin Yan Andi lagi.

Paketnya dijual seharga Rp 6,75 juta termasuk pemasangan. Peranti yang didapat meliputi tangki 1,5 galon atau setara 6 liter cairan, pompa bertekanan 250 psi, 2 Nosel, modul tambahan untuk setting boost dan switch variable controler berikut slang-slangnya.

Pemasangannya cukup singkat, hanya makan waktu selama satu hari penuh. Nilai plusnya, setelah pasang WMI tidak musti menggunakan bahan bakar oktan tinggi. Silakan dicoba!