Laman

Senin, 07 Maret 2011

Pelumas Tepat, BBM Makin Irit?

Pelumas vs Konsumsi BBM

Pelumas Tepat, BBM Makin Irit?


Jakarta
- Pernahkah Anda mengetahui bahwa penggunaan pelumas yang tepat dapat mempengaruhi efisiensi pemakaian bahan bakar?

Meski tak berpengaruh secara signifikan, namun pemakaian pelumas yang tepat dan berkualitas membantu mengurangi beban mesin saat bekerja.

Hal tersebut disebabkan fungsi pelumas yang tujuannya untuk melapisi komponen internal mesin yang saling bergesekan. Sehingga, dapat membantu mengurangi friksi antar komponen, sekaligus membantu menyalurkan panas mesin.

Efeknya, jelas akan membuat kerja mesin semakin ringan dan secara tak langsung menghemat konsumsi bahan bakar. Namun, “Tentunya pelumas yang tepat dan berkualitas adalah pelumas yang sesuai dengan spesifikasi mesin,” terang Hendry, service manager Honda Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Penggantian pelumas secara berkala akan mempengaruhi tingkat efisien mesin. Penggantiannya melewati batas waktu, maka akan memengaruhi kerja komponen internal mesin.

“Penggantian pelumas idealnya setiap 5-10 ribu km. Lewat dari waktu tersebut, jumlah pelumas akan berkurang akibat suhu panas di mesin dan mengental,” tambah David Tandjung dari gerai pelumas Toda, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Konsekuensinya, kerja mesin semakin berat, otomatis, akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros akibat beban mesin yang lebih berat.