Laman

Recent Posts

Senin, 07 Maret 2011

Peran Injakan Pedal Rem Parkir Honda Freed

Kasus Honda Freed (Bag.2)

Peran Injakan Pedal Rem Parkir Honda Freed


Jakarta - Masih menyoal Honda Freed nyelonong, nasib serupa dengan Heny Mukson dari Sidoarjo, Jatim, pun dialami Teguh R. dari Serang, Banten.

Berikut isi pernyataan yang disampaikan secara singkat melalui email ke redaksi. "Saya pernah memiliki pengalaman yang sama sekitar 6 bulanan yang lalu. Pada waktu itu mobil juga dalam posisi rem tangan (rem parkir) on dan mesin mati, tapi mobil mundur sejauh 1,5 meter dengan sendirinya, " tulis Teguh.

Setelah kejadian tersebut, untungnya David cepat tanggap dan langsung membawa Honda Freed miliknya ke bengkel, akhirnya kampas rem belakang diganti.

"Sebagai antisipasi, sampai sekarang ban belakang mobil saya ganjal dengan bata. Tapi anehnya minggu kemarin saya mengalami kejadian serupa, mobil dalam posisi on (kunci kontak on), gigi netral (N), rem tangan (rem parkir) on, tapi mobil mundur sendiri. Gejala apakah ini? Apakah saya perlu mengganti kampas rem lagi walaupun umurnya belum ada 1 tahun?" tanyanya.

Berangkat dari kasus ini, yuk kita coba menjajal langsung kinerja sistem pengereman Honda Freed, dipandu oleh Slamet Haryadi, kepala bengkel Honda Pondok Indah, Jaksel.

Rem parkir Freed sudah mengunci sempurna ditandai bunyi klik sebanyak 5-7 kali (kiri). Dalam kondisi gigi netral (N) dan mesin mati, pastikan rem parkir diaktifkan secara penuh (kanan)
Tes dilakukan dengan memarkir Freed pada lantai dengan kemiringan 30-35 derajat. Mesin sengaja dimatikan dan posisi kunci kontak masih ON, kemudian gigi perseneling dinetralkan (N).

Pada saat pedal rem parkir diinjak setengah (bunyi klik 3 kali), mobil masih meluncur turun cukup kencang. Ketika pijakan pedal ditambah, ditandai dengan bunyi klik 4 kali, keempat roda belum mengunci sempurna dan mundur secara perlahan. Setelah pedal rem parkir diinjak penuh (bunyi klik 5-7 kali), mobil baru mau diam di tempat meski diguncang-guncangkan dengan kuat.

Kesimpulan sementara, kekuatan injak pedal rem parkir sangat berpengaruh, meski mesin dalam kondisi mati. Oooo, begitu toh?

Sementara untuk penggantian kampas rem atau brake pad, Slamet menganjurkan supaya melakukan pengecekan terlebih dulu. "Kalau kampas rem atau brake pad masih tebal, buat apa ganti baru," pungkas pria ramah ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...