Laman

Senin, 07 Maret 2011

Tips Bersihkan Logo Mobil

Tips Bersihkan Logo Mobil

Bersihkan Logo Merek Mobil, Pakai All Purpose Cleaner Tambah Oke


Jakarta - Tampilan mobil yang kinclong pastinya mendongkrak rasa percaya diri sang pemilik. Namun, perawatan bodi mobil khususnya detail pada logo yang setia menempel sejak dikeluarkan dari pabrik sering terlewatkan.

Faktanya, banyak ditemukan kotoran, bahkan kerak dan jamur di celah pada area logo tersebut. Apalagi jika mobil telah berusia dia atas tiga tahun. Seringkali dijumpai logo maupun emblem terkesan kusam, 'berhiaskan' ragam noda tadi.

Mari luangkan waktu sejenak untuk membersihkannya sendiri. Peralatan yang harus disediakan cukup mudah didapat. "Pakai APC (Apece) aja," saran Rainer Bawono, komandan 3Steps, gerai perawatan mobil. Yang dimaksud pria modis ini adalah APC alias All Purpose Cleaner yang diperuntukkan khusus otomotif.

Mereknya bermacam-macam, dapat ditemui di toko perkakas maupun toko variasi dan pusat perawatan mobil dengan kisaran harga yang beragam.

"Jangan pakai obat kerak ya," wanti pemilik gerai di ruko Bursa Mobil Summarecon Serpong, Banten ini mengingatkan untuk tidak memakai obat yang biasa dijual di toko kimia tersebut.

Selain mengandung unsur acid, dikhawatirkan akan merusak lapisan krom di logo, baik yang terbuat dari metal maupun plastik. Untuk persiapannya, selain APC bisa disediakan juga cotton bud dan sikat gigi bayi (Gbr.1). Langkah pertama adalah membersihkan logo dan area sekitarnya dengan air biasa.

Lalu semprotkan APC secara merata (Gbr.2). Bisa disemprotkan dalam volume agak banyak jika kotoran atau kerak dirasa sudah terlalu tebal. Kemudian lakukan proses perontokkan kerak menggunakan sikat gigi bayi (Gbr.3). Sikat gigi khusus bertekstur halus ini dimaksudkan agar permukaan bodi tidak mudah tergores.

Lakukan secara perlahan, jangan ditekan terlalu keras. Jika masih ada kotoran yang melekat di celah kecil, gunakan cotton bud untuk menjangkaunya (Gbr.4). Prosesnya sama dengan saat menggunakan sikat gigi. "Jangan pakai tusuk gigi ya," wanti Rainer.

Karena dampaknya akan menimbulkan goresan di permukaan bodi. Setelah proses selesai, cukup bilas dengan air bersih, tidak perlu air hangat. Serangkaian proses ini dapat diulang lagi beberapa kali hingga kerak dan jamurnya hilang.

Selanjutnya, jika masih ada sisa, APC bisa juga digunakan untuk membersihkan panel interior. "Semua bisa sebenarnya, kan all purpose," senyum Rainer yang menjamin selama pemakaiannya benar tidak perlu khawatir akan efek sampingnya. Karena unsur yang terkandung tidak keras.

Selamat Mencoba!