Laman

Recent Posts

Sabtu, 26 Maret 2011

Teknologi Mesin Diesel : Commonrail & Variable Geometry Turbo


diesel-tek1

Buat pecinta mesin diesel, ada yang menarik dari teknologi yang telah dikembangkan dari mesin khas bertenaga mumpuni. Teknologi pendukung penopang performa digunakan pada diesel dengan sistem injeksi bahan bakar Commonrail dan Variabel Geometry Turbocharger.


Lantas apa yang dimaksud dengan dua teknologi diesel ini.

Commonrail
Sistem ini memanfaatkan satu pompa bahan bakar bertekanan tinggi dan sebuah chamber atau rail perbaris silinder mesin. Tekanan maksimum injeksinya dapat mencapai angka 1.600 Bar. Teknologi pendukung commonrail adalah piezo injector.

diesel-tek2

Injector ini dilewati tegangan maka akan mengubah struktur kristalnya, alhasil terjadi perubahan geometrik yang secara mekanikal dipicu oleh membukanya jarum injector. Pemakaian Piezo Injector membuat komponen jarum berkurang beratnya. Jika biasanya mencapai sekitar 16 gram, kini tak lebih dari 4 gram. Artinya walaupun piezo injector lebih kecil, namun sangat baik untuk kuantitas bahan bakar saat disemprotkan ke dalam ruang silinder.

Variable Geometry Turbocharger
Perangkat turbocharger turut disebut sebagai pendongkrak tenaga mesin diesel yang paling efektif. Induski udara padat yang dihembuskan dari rumah keong, membuat bahan bakar semakin optimal. Hal ini mengakibatkan daya bertambah dan emisi pun bisa ditekan.

diesel-tek3

Namun penggunaan turbocharger bukan tanpa kelemahan. Umumnya, turbocharger akan mulai bekerja pada RPM tinggi. ini bisa mengakibatkan turbolag, pasalnya akibat dari kurang hembusan gas buang guna meresonansi putaran turbo.

Untuk mengurangi gejala turbolag, kini pada perangkat turbo telah ditambahkan bilah yang sudutnya bisa diatur berdasarkan putaran mesin. sudut bilah turbo diatur oleh sebuah actuator. Kerjanya, ketika RPM rendah, bilah akan membentuk sudut tertentu sehingga dapat berputar hanya dengan hembusan pelan. saat putaran mesin tinggi, sudut bilah akan mengecil seperti penutup. sebabnya hembusan sudah dirasakan mampu memutar bilah pada rumah turbin.


Mesin Bensin vs Mesin Diesel - Mana yang harus anda pilih?

bvsd

Apa keunggunaln mesin Diesel dibandingkan mesin bensin? Apa keunggulan mesin bensin dibanding Diesel? Mana yang harus dipilih?

Baik mesin bensin maupun diesel memiliki karakter yang menonjol sehingga perbandingan keduanya cukup mencolok. Yang pasti penjualan mobil di Indonesia untuk mobil bermesin bensin jauh mengungguli mobil bermesin diesel dengan perbedaan yang sangat mencolok meskipun di luar negeri perbedaannya tidak sedemikian besar. (segmen kendaraan pribadi)

Berikut ini perbandingan kedua teknologi mensin tersebut, point-by-point:
  1. Getaran (Kenyamanan pengendara & penumpang)
    Mesin bensin lebih halus dibandingkan mesin diesel. Hal ini disebabkan karena mesin diesel menggunakan mekanisme kompresi tinggi dalam proses pembakarannya (lebih tinggi dibandingkan mesin bensin). Namun secara konstan teknologi mesin diesel semakin canggih dan sanggup membuat mesin diesel modern jauh lebih halus dibandingkan mesin diesel konvensional. Pabrikan mobil mewah seperti BMW sekalipun sudah mengembangkan line-up bermesin diesel.
    ====> Winner : BENSIN
  2. Performa
    Mesin bensin memiliki Horse Power (Daya Kuda) lebih besar dibandingkan mesin Diesel. Namun mesin Diesel memiliki torsi yang lebih besar terutama pada putaran bawah. Akibatnya pengendara mobil bermesin bensin akan merasakan kelincahan mobilnya. Sedangkan bagi pengendara mobil Diesel akan merasakan manfaatnya ketika harus membawa beban berat atau menempuh medan yang ekstrim.
    Kalau anda pernah bertanya "Kenapa tidak pernah ada truk bermesin bensin?" Kini pertanyaan anda sudah terjawab.
    ====> Winner : SEIMBANG. Masing-masing ada kelebihannya.
  3. Durability (Ketahanan/keawetan)
    Mesin diesel memang terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar mesin diesel bisa bekerja lebih lama daripada mesin bensin. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin-mesin industri rata-rata menggunakan teknologi diesel.
    ====> Winner : DIESEL
  4. Efisiensi
    Mobil bermesin Diesel dapat dikatakan lebih efisien dari mobil bermesin diesel dengan kapasitas yang sama. Belum lagi bila dihitung perbedaan harga perliter antara bensin (pertamax) dengan solar. Langkah Toyota Indonesia mengeluarkan Kijang Innova versi Diesel (walaupun sedikit lebih mahal) menjadi indikasi strong point teknologi mesin Diesel yang tidak dimiliki mesin Bensin.
    ====> Winner : DIESEL
  5. Ramah Lingkungan
    Mesin bensin jelas lebih unggul namun kehadiran bio solar mulai mengecilkan perbedaan ini. Tetapi tetap saja mesin bensin lebih unggul terutama dengan adanya Catalytic Converter.
    ====> Winner : BENSIN

Kesimpulan
Mesin diesel dan mesin bensin memiliki karakter berbeda. Bensin lebih diperuntukan di dalam kota dimana medan sudah tertata rapih dan "nyaman" sedangkan Diesel terlahir untuk bekerja berat dan kurang nyaman. Namun mesin Diesel perlahan tapi pasti mulai memakan porsi keunggulan mesin bensin pada beberapa poin diatas.

Kelahiran line-up mesin Diesel dalam keluarga beberapa merk mobil yang dulunya hanya "perduli" pada mesin bensin menjadi bukti tak terpungkiri bahwa sudah saatnya teknologi mesin Diesel unjuk gigi. Bukan omong kosong... tahta "Rajanya Diesel" mulai diperebutkan... padahal dulu Toyota pun "tidak terlalu perduli" pada si macan hitam.



Persiapan Mobil Untuk Mudik

prepare-mudik1

Persiapan perjalanan jauh harus matang terutama dari sektor kondisi mobil. berikut ini tips untuk persiapan perjalanan jauh untuk menghindari kecelakaan dan antisipasi bila terjadi keadaan darurat di sepanjang perjalanan.


Merawat mobil sebenarnya bukan suatu pekerjaan yang sulit untuk dilakukan, karena untuk melakukannya kita hanya tinggal membawanya ke bengkel resmi atau bengkel independent yang terpercaya, jadi yang diperlukan hanya kepedulian pemilik agar dapat meluangkan waktu serta sedikit biaya untuk melakukan perawatan rutin atau berkala.

Karena perawatan mobil itu sangat berkaitan erat dengan faktor keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, jadi perawatan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Terlebih untuk SO mania yang akan menggunakan mobil untuk mudik bersama keluarga dan harus menempuh perjalanan yang jauh. Banyak hal yang perlu diperhatikan pada mobilnya sebelum menempuh perjalanan mudik. Ada beberapa point dan titik pada mobil yang harus diperiksa (Check Up) dengan teliti dan seksama agar perjalanan jauh dengan mobil menjadi nyaman dan aman, yaitu :

A. Mesin
- Servis / Tune Up

Servis ringan / tune up-lah mesin mobil anda seminggu sebelum melakukan perjalanan mudik, karena biasanya banyak bengkel mobil yang tutup menjelang hari raya Idul Fitri. Dengan melakukan servis ringan / check up parts, sehingga kondisi parts ataupun kelainan pada mesin dapat diketahui dan dapat segera diperbaiki atau diganti bila memang waktunya, misalnya injector/ karburator, busi dan kabelnya, kabel delco, tali kipas dan banyak lagi

- Pemeriksaan Radiator

Periksalah kondisi radiator agar terhindar dari temperature mesin meningkat tinggi (Engine Overheating). Apakah ada kebocoran atau tidak pada radiator, setelah itu cek ketinggian permukaan air radiator, jika kurang segera isi. Pastikan air yang dipakai dalam kondisi yang bagus, jika air didalam radiator sudah terlihat keruh sebaiknya lakukan pengurasan. Jangan lupa cek juga kondisi selang-selang penghubung radiator, segera ganti jika terlihat sudah mengeras atau menggelembung.

prepare-mudik2
- Ganti Oli Mesin

Sebaiknya ganti oli mesin dengan yang baru meskipun hitungan kilometer untuk oli lama belum waktunya diganti. Penggantian oli mesin ada baiknya dilakukan saat melakukan servis / tune up mesin dibengkel.

- Periksa Kondisi Koil (Coil)
Kondisi Coil juga perlu diperhatikan, karena apabila coil kurang baik dapat membuat mesin mudah panas, terutama dijalanan yang macet. Temperatur yang tinggi akan menggangu dan merusak mesin, bisa-bisa akan mogok ditengah jalan.

- Cek Sistem Kelistrikan dan Pengisisannya
Periksalah dinamo starter, alternator, kalau perlu diservis atau diganti. Begitu juga dengan kondisi accu (Aki), bila sudah terasa melemah dan terlihat lempengan sel-nya sudah berkarat segera ganti baru.

- Pemeriksaan Kopling (Persneling Manual)
Periksa bahwa pedal kopling memiliki gerak bebas sebesar 3-6mm. Pastikan kopling tidak slip, akibat kanvas kopling yang aus dan setelan kopling yang tidak tepat. Karena bila kopling slip dapat menyebabkan mobil tidak bertenaga, terutama saat menanjak.

- Pemeriksaan Saringan (Air, Oil & Fuel Filter)

Periksa dan bersihkan saringan udara (Air Filter), Jika terlihat sudah sangat kotor atau telah menempuh perjalanan 20.000 Km, begitu juga dengan fuel filter-nya ganti,segera ganti dengan yang baru. Pada mesin juga terdapat saringan oli (Oil Filter), segera ganti jika telah digunakan sampai 10.000 Km lamanya.

B. Kaki-kaki & Eksterior
- Pemeriksaan Rem

Pemeriksaan rem ini mencakup : Periksa selang dan master rem jangan sampai ada kebocoran, segera perbaiki atau ganti jika ada kebocoran minyak rem ; Cek volume minyak rem, jika berkurang segera isi hinga batas maksimal ; Cek permukaan kanvas rem (Brake Pad), jika telah menipis segera ganti baru ; Cek kinerja remnya, apakah berfungsi dengan baik atau tidak saat menghentikan laju mobil (Tidak Blong). Terakhir cek juga fungsi rem tangan.

prepare-mudik3
- Pemeriksaan Ban
Perhatikan kondisi keausan dan umur ban. Jika telah melewati batas aman segera ganti, namun jika masih dalam keadaan baik pastikan tekanan ban sesuai dengan standar yang ditentukan. Perhatikan juga kondisi ban cadangan.

- Pemeriksaan Suspensi

Bagian ini tidak boleh terlupakan, karena fungsi dan kekuatannya sangat penting. Jika terasa keras ataupun per sudah terasa amblas (lemah), mounting rusak, secepatnya diganti sokbreker atau per-nya, lebih baik diganti langsung 1 set, karena perjalanan jauh dan beban berat pada mobil akan membuat kaki-kaki bekerja lebih ekstra untuk menjaga kestabilan dan menopang berat.

prepare-mudik4
- Spooring & Balancing Roda
Proses spooring dan balancing akan sangat berguna untuk mendapatkan kestabilan handling saat melaju pada kecepatan tinggi. Periksa juga bearing, tierod roda apakah masih bagus atau tidak, pastikan baut roda sudah kencang.

- Wiper
Periksa fungsi wiper beserta volume airnya, segera ganti karetnya jika telah rusak atau mengeras untuk menghindari kaca depan tergores.

- Lampu-Lampu
Pastikan fungsi lampu seperti : Lampu depan, belakang, rem, sein, mundur, hazard berfungsi dengan baik. Bila tidak ada lampu kabut, sebaiknya segera dipasang, karena lampu ini akan sangat berfungsi saat kondisi jalan sedang hujan deras dan berkabut, persiapkan juga bohlam cadangan untuk semua lampu.

Dari point yang telah disebutkan diatas, sebaiknya SO mania juga harus memperhatikan fungsi lampu indikator penting pada speedometer. Jangan lupa mempersiapkan tools untuk keadaan darurat, seperti: dongkrak, kunci roda, kunci pas, obeng, tang, tali plastik (1 gulung), kawat. Terakhir untuk SO mania jangan lupa membawa kotak P3K dengan isi yang lengkap dan alat komunikasi (Hand Phone / Handy Talkie) dan peta sebagai tambahannya untuk mencari jalur alternatif.

Thanks To :
Hendra Susanto
PondokPinang Auto Service
Jl. Ciputat Raya, No.6
Phone : 021-7653066 / 0811858170


Tips : Mobil Jarang Dipakai, Harus Tetap Dirawat

mobil-jarang1

Jika anda akan pergi dan harus meninggalkan mobil anda dalam waktu yang cukup lama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari mobil anda, agar pada saat anda pulang mobil kesayangan anda tidak terlantar.


Sebelum anda pergi sebaiknya mobil anda di cuci terlebih dahulu, setelah itu yang harus diperhatikan antara lain :

mobil-jarang-rem-tgn

Yang pertama, Posisi rem tangan pastikan sudah dalam keadaan bebas, karena kalau ditinggalkan dalam keadaan rem tangan masuk dalam waktu yang cukup lama, akan terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang menggunakan tromol pada roda belakang.

mobil-jarang-wiper
Langkah kedua yaitu ganjal wiper dengan busa atau kayu. Jika wiper dibiarkan menempel dengan kaca mobil karet wiper perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi, akibatnya karet akan terasa kasar pada saat akan digunakan.

mobil-jarang-dongkrak
Langkah ketiga yaitu usahakan agar keempat ban mobil tidak menempel dilantai, caranya cukup dengan menggunakan dongkrak dan stand-jack.
Tujuannya adalah agar suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani oleh beratnya kendaraan, sehingga pada saat digunakan nantinya masih tetap nyaman.

Langkah keempat yaitu melepaskan aki mobil jika mobil anda akan ditinggal bepergian dalam jangka waktu lebih dari dua minggu. Kenapa harus dilepaskan, karena bila kendaraan anda tidak pernah dipanaskan dalam waktu lebih dari dua minggu, hal tersebut akan berpengaruh pada aki mobil dan juga akan cepat rusak.

Langkah kelima yaitu jangan parkirkan mobil anda pada tempat parkir yang miring, bila memang tidak ada tempat yang datar ganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya agar mobil tidak berubah posisi.

mobil-jarang-harum
Langkah terakhir adalah menaruh pengharum mobil untuk menetralkan bau apek yang mungkin akan timbul, karena ruangan mobil tertutup dalam waktu yang cukup lama. Selain itu jangan biarkan mobil yang ditinggalkan dalam keadaan terbuka, tutup dengan penutup mobil agar debu tidak masuk ke dalam celah-celah.

Sekarang jangan khawatirkan mobil anda jika ditinggalkan dalam jangka waktu yang cukup lama.


Cara mudah deteksi kerusakan transmisi Automatic mobil

matic
Transmisi automatic pada mobil lebih rentan rusak dibandingkan transmisi manual. Hal tersebut dikarenakan transmisi matic memang lebih kompleks. Berikut adalah cara gampang sebagai indikasi awal untuk memeriksa kondisi transmisi automatic sebuah mobil.
  1. Periksa kondisi oli/pelumas transmisi
    Hidupkan mesin dan periksa dipstick oli transmisi. Bila olinya berwarna coklat kehitaman, dan terlihat serbuk besi yang tercampur didalam oli tersebut berarti kondisinya sudah tidak baik. Itu mengindikasikan pergesekan yang kasar antara komponen didalamnya.
  2. Testdrive dan perhatikan baik-baik hentakannya
    Pindahkan transmisi dari P-R-N-D seperti hendak jalan pertama kali dari posisi parkir. Lakukan perlahan-lahan dan perhatikan baik-baik setiap perpindahan. Bila anda merasakan hentakan yang berlebih atau terdengar suara yang agak kasar itu sudah menjadi warning. Bila mobil tersebut sudah mengadopsi sistem transmisi automatic CVT (Continuous Variable Transmission) perpindahan seharsnya terasa sangat halus.
  3. Inspeksi oleh bengkel professional
    Bila memungkinkan, bawa ke bengkel-bengkel professional. Bahkan tersedia beberapa bengkel yang mengkhususkan pada layanan pengecekan dan perbaikan transmisi automatic. Hasil pemeriksaannya tentu lebih akurat.

dipstick_top



Aman berjalan jauh "setelah bengkel"

lubang-besarAman berkendara tidak cukup dengan hanya membawa mobil ke bengkel. Terutama bila anda akan melalui perjalanan panjang maka resiko terjadi kecelakaan akan semakin besar. Berbagai penyebab kecelakaan bisa dibagi menjadi penyebab teknis, non teknis maupun faktor external lainnya.

Untuk hal teknis, anda hanya perlu membawa mobil anda ke bengkel dan percayakan mekanis untuk membuatnya fit kembali. Sedangkan hal external adalah hal-hal diluar kendali anda seperti ditabrak dari belakang, terserempet saat kendaraan anda terparkir, bencana alam dan lain-lain.

Nah, setelah mobil anda sehat sekeluarnya dari bengkel, tinggal satu lagi yang perlu anda perhatikan untuk berkendara aman yaitu kesiapan pribadi. Berikut ini tips untuk mengurangi resiko kecelakaan karena keteledoran pengendara:

1. Cara mengatasi kantuk (ngantuk)
Sebaiknya jangan berkendara saat ngantuk. Tapi bila harus anda dapat mencoba tips berikut ini:
- Minum Kopi, atau minuman energi seperti Kratingdaeng, Extrajoss
- Coca-cola dan minuman soda lainnya juga bisa membantu karena minuman ini juga mengandung kafein
- Semprotkan AC ke wajah. Percaya atau tidak, yang satu ini boleh anda praktekan.
- Dengarkan music atau radio dengan volume agak keras
- Pit Stop. Berhenti sejenak untuk menyegarkan diri. Keluar dari mobil dan gerak-gerakan tubuh anda seperti senam kecil.
- Minum banyak air. Air mengandung oksigen yang akan membantu menyegarkan otak anda.

2. Komunikasi
- Jangan responi SMS. SMS dapat diartikan sebagai berita yang tidak penting karena biasanya berita penting (urgent) disampaikan langsung via call. Atau minta teman semobil anda untuk membacakannya.
- Bila harus menjawab telfon, gunakan fitur Speaker Phone agar kedua tangan anda tetap siaga di kemudi mobil

3. Hiburan dan Aktivitas
- Hindari menikmati ICE (In Car Entertainment) yang berlebihan seperti menonton.
- Jangan gunakan headphone/earphone.
- Jangan bercanda yang mengalihkan fokus pandangan anda dari jalan.

4. Awas dan waspada
- Amati kendaraan di sekitar anda, siapa tahu ada kendaraan tidak tahu adat yang siap mencelakai anda
- Amati juga jalan yang akan anda lalui dari ranjau-ranjau membahayakan (paku, lubang, genangan air dalam, dll)

Semoga tips diatas membantu anda dalam mengatasi problema mengemudi dari segi non-teknis. Terutama saat anda menempuh perjalanan jauh liburan bersama keluarga.


Tips Hemat BBM dari Seorang Pembalap Nasional

jim

Seorang pembalap memberikan tips berhemat BBM pastinya layak diperhatikan meskipun dalam ajang balapnya Jimmy Lukita, sang empunya tips, tidak perduli dengan konsumsi BBM.

Jimmy Lukita yang biasa dipanggil Jimluk mengaku lebih arif memijak pedal gas dan mengatur pengereman agar konsumsi bahan bakar minyak tidak berlebihan. Jimluk pun ingin berbagi tips ringan dan mudah diingat untuk menghemat BBM kendaraan.

"Banyak pengendara yang tidak tahu cara menghemat BBM kendaraan," kata Jimluk kepada detikOto di sela-sela mobilmotor Eco Friendly di Wiswa Achilles, Jalan Panjang, Jakarta, Sabtu (26/6/2010).

Pertama, jaga jarak mobil Anda dengan mobil depan.
Langkah itu perlu diperhatikan, soalnya ketika mobil depan tiba-tiba mengerem Anda bisa langsung menghindari tanpa harus menginjak pedal rem dan pada akhirnya bisa mempertahankan posisi RPM mobil. "Hasilnya Anda tidak perlu lagi menginjak pedal gas. Dan konsumsi BBM tetap terjaga karena RPM stabil," ucapnya.

Kedua, perhatikan tekanan angin ban mobil Anda.
Soalnya, kerja mesin lebih berat ketika kondisi ban kempes. Otomatis konsumsi bbm harus ekstra. "Tekanan angin ban juga harus diperhatikan. Jangan kempes dan jangan terlalu keras," tandasnya.

Ketiga, perhatikan tekanan kompresi mobil Anda.
Biasanya, tekanan kompresi yang tinggi membutuhkan kadar oktan BBM yang lebih besar. Dengan itu konsumsi BBM lebih baik juga dan tidak boros. Baca juga artikel berikut tentang kompresi :

1. Kompresi Mesin Ditingkatkan, Ada Syaratnya
2. Kompresi mesin (Premium vs Pertamax) - Mobil anda bisa Premium atau wajib Pertamax?

Namun, sebaliknya jika tekanan kompresi besar tetapi tidak sesuai dengan kadar oktan BBM akan menyebabkan konsumsi BBM lebih buruk dan berakibat boros. "Tidak hanya itu dalam jangka waktu panjang mesin mobil jadi rusak karena BBM tidak terbakar sempurna," tutupnya


Mobil anda bisa Premium atau wajib Pertamax?

premper

Spesifikasi mesin mobil berbeda satu sama lainnya demikian juga kebutuhan "wajib" bahan bakarnya. Ada yang bisa minum Premium (oktan 88) ada juga yang wajib disuguhi Pertamax bahkan Pertamax+ (oktan 92/95). Mesin ngelitik adalah salah satu tanda-tanda besin yang digunakan memiliki oktan terlalu rendah dan dapat merusak mesin secara fatal.

Sebelum kita bahas lebih jauh mari kita kenali 5 fakta Pembakaran bensin:

  1. Bensin disemprotkan kedalam ruang bakar dalam bentuk kabut (ukuran kecil) dan bercampur dengan udara
  2. Mesin memberikan kompresi pada bensin + udara yang masuk pada ruang bakar
  3. Bensin + udara dipadatkan dan kemudian diledakan dengan percikan api
  4. Semakin padat maka energi hasil ledakannya semakin besar (dengan jumlah bensin + udara yang sama)
  5. Ledakan menghasilkan energi besar yang digunakan untuk menggerakan komponen mesin

Knocking alias mesin ngelitik
Knocking atau yang lebih dikenal dengan istilah ngelitik adalah proses ledakan bahan bakar yang terlalu dini, dengan kata lain tidak diantisipasi. Pada dasarnya bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar (tidak tahan panas) dibandingkan bensin beroktan tinggi. Premium dengan oktan 88 lebih cepat terbakar daripada Pertamax beroktan 92.

Bila dibiarkan terus menerus knocking akan merusak piston, yaitu membuat goresan hingga lubang pada kepala piston. Lihat gambar berikut.

brokenpiston

Jadi, alasan Pertamax lebih bertenaga daripada premium adalah tingkat kepadatan BBM + Udara pertamax lebih tinggi saat ledakan terjadi dan ledakan tersebut menghasilkan energi yang lebih besar. (Pertamax juga mengandung aditif yang membantu proses pembakaran lebih bersih).

Panduan mengetahui Bensin yang cocok
Cara mengetahui bensin apa yang cocok untuk mobil anda cukup mudah, salah satunya dengan bertanya ke dealer resmi tetapi anda juga dapat melihat spesifikasi mesin, yaitu angka Rasio Kompresi (bisa dilihat di brosur mobil).

tabel-jazz

Demikian tabel referensinya:

Rasio Kompresi
Angka oktan
Jenis Bensin
7:1 - 9:1 88 Premium
9:1 - 10:1 92 Pertamax
10:1 - 11:1 95 Pertamax+


Pada mesin-mesin modern sudah ada perangkat yang disebut Knocking Censor. Alat pintar ini dapat membaca ketahanan bensin terhadap kompresi dan panas dan sengera menyesuaikan waktu pengapian secara otomatis. Penyesuaiannya bisa dibuat maju (lebih cepat) atau mundur (lebih lambat).

Berikut ini tabel rasio kompresi beberapa mobil populer di Indonesia, untuk lengkapnya bisa dilihat pada brosur masing-masing model mobil.

Mobil
Rasio Kompresi
Honda Jazz VTEC 10.1 : 1
Honda Jazz i-DSI 10.4 : 1
Mercedes Benz C230 11.2 : 1
Toyota Yaris 10.5 : 1
Toyota Avanza 11 : 1
Suzuki Swift 9.5 : 1
Daihatsu Terios 10 : 1
BMW 325i 10.5 : 1
Suzuki Karimun 8.8 : 1

Kompresi Mesin Ditingkatkan, Ada Syaratnya..

Kompresi Mesin Ditingkatkan, Ada Syaratnya..

Bagi para pengendara kendaraan bermotor, meningkatkan kompresi (tekanan) atau Engine Compression Ratio pada ruang bakar mesin merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan performa kendaraan tanpa harus menambahkan parts racing dan mengutak-atik jeroan mesin secara ekstrim. Karena pada prinsipnya, tekanan yang lebih besar dapat menghasilkan ledakan tenaga yang juga lebih kuat. Makanya mobil dengan kompresi mesin yang tinggi, relatif mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar.


Cara Meningkatkan Kompresi
Untuk meningkatkan kompresi pada ruang bakar mesin, secara umum ada dua cara Modifikasi yang bisa dilakukan. Cara yang pertama adalah bermain di bagian silinder head, biasanya yang paling mudah dan cepat adalah dengan mengganti paking head yang lebih tipis atau yang sedikit lebih ekstrim adalah dengan memotong atau sering juga dibilang memapas bagian bawah silinder head.

Hasil dari pemapasan bagian bawah kepala silinder adalah volume kubah ruang bakar menjadi mengecil dan membuat tekanan menjadi meningkat. Cara ini paling banyak digemari, karena pengerjaannya yang relatif lebih mudah serta biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal.

Cara kedua adalah dengan mengganti piston dan memakai yang memang sudah memiliki desain untuk membuat perbandingan kompresi mesin yang lebih besar, seperti piston yang bagian atasnya punya kubah yang tinggi atau biasa disebut Piston Dome. Tapi biasanya cara kedua ini jarang dijadikan pilihan karena jauh lebih mahal dan lebih sukar pengaplikasiannya, karena sifatnya sangat kompleks.

Piston DomeSyarat Yang Harus Diperhatikan
Meningkatkan atau meningggikan angka perbandingan kompresi pada mesin memang ampuh buat menambah tenaga mobil, tapi ada beberapa hal atau syarat yang harus diperhatikan, seperti :

1. Dalam melakukan peningkatan kompresi adalah jangan sampai piston beradu dengan klep. Untuk itu ada perhitungan rasio kompresinya, karena rasio kompresi mempunyai titik optimalnya. Salah perhitungan dalam meninggikan kompresi mesin malah dapat membuat tenaga mesin menurun dan mesin bisa rusak akibat piston beradu dengan klep.
2. Kompresi mesin yang tinggi sangat membutuhkan bahan bakar yang beroktan tinggi. Dan biasanya, untuk kendaraan dengan rasio kompresi diatas 9 :1 sudah tidak bisa lagi memakai bahan bakar beroktan rendah seperti bensin premium karena jika tetap menggunakannya akan menimbulkan gejala knocking atau ngelitik yang dapat merusak mesin.
3. Jika rasio kompresi dinaikkan otomatis suhu pada mesin juga akan lebih cepat meningkat dengan drastis / lebih panas. Untuk itu radiator harus dijaga agar tetap bisa mendinginkan mesin mobil dengan baik, karena kalau tidak mesin bisa menjadi over heat dan ujung-ujungnya mesin bisa rontok. Pemilihan oli yang baik dan tepat juga akan membantu proses pendinginan komponen didalam mesin lebih baik.


Sumber :
Garden Speed
- Services & Maintenance Division
Jl. KH. Muhasyim VII, No.45A, Cilandak-Jakarta 12430
Phone : 021-7512625
- Motorsport Division
Jl.Pahlawan No.17 Rempoa, Bintaro-Jakarta 15412



Jumat, 25 Maret 2011

Aksesori Mobil Eropa

Aksesori Mobil Eropa, Harga Tinggi untuk Sebuah Prestise

Jakarta - Mendandani mobil Eropa memang tidak semudah mendandani mobil Jepang. Salah pilih aksesori, justru bisa menyebabkan tampilan kurang menarik dan kurang prestise.

Nah, agar Anda tidak terjebak dengan aksesori murah meriah, Wibowo Santosa, juragan Permaisuri Ban (PB) memberikan beberapa pilihan.

Perihal banderol mahal atau murah, Anda sen­diri yang menilai. Semisal pelek, sport kit, dan knalpot untuk mobil Eropa.

Pilihan Bowo, sapaan akrabnya, antara lain adalah DPE MT20 model mesh dengan motif ceramic brushed berdiameter 21” x 9”+10,5”. Nah, pelek ini cocok untuk BMW seri 5 terbaru (F10), harganya 7.500 AS dollar.

Selain itu ada DPE MTR10 model palang 10 motif textured grey berdiameter 21” x 9”+10,5” yang bisa diadopsi pada BMW seri 7 terbaru, harganya 7.500 AS dollar. Lalu ada pelek DPE SPSC 16 model mesh dengan high polish lips berdiameter 20” x 9”+11” yang cocok untuk Mercy SL. Untuk menebusnya, Anda bisa keluarkan kocek 7.800 AS dollar.

Selain DPE, ada juga pelek lansiran Vellano VSF model palang lima berdiameter 21” x 8,5”+10,5” yang bisa diaplikasikan ke Jaguar semua tipe, harganya 7.800 AS dollar. Kedua merek ini terbuat dari bahan alumunium Alloy T6061 t6 process buatan asli Amerika.

“Kalau model DPE lebih bergaya sporti, sedangkan Vellano lebih stylish,” ujar Bowo.

Selain pelek, ada juga coil over adjustable lansiran KW buatan Jerman. “Coil over adjustable seharga Rp 26 juta ini cocok untuk BMW seri 5 terbaru,” ujar Bowo. Lalu ada knalpot Remus universal juga bisa diaplikasikan di hampir semua mobil Eropa, harganya Rp 4,5 juta.

Jadi, langsung saja ke Permaisuri Ban, Jl. Mahakam I/5, Jakarta Selatan. Telp. 021-7211239.(promo gratis).
Spesialis Off Road

Ragam Aksesoris Off Road, Impor Dari Australia


Jakarta
- Ramainya mobil-mobil double cabin (D-Cab) ikut mendorong gairah pasar aksesori. Buktinya, kini banyak tersedia aksesori, baik lokal atau impor, yang ditujukan untuk mendongkrak penampilan D-Cab lebih macho.

Salah satunya adalah gerai Forest yang menyediakan aneka kebutuhan aksesori khusus bagi kendaraan off road. Di situ seolah menjadi surganya bagi para pemburu aksesori D-Cab. Nyaris koleksinya terbilang lengkap. Pendek kata, segala kebutuhan off road dari A sampai Z tersedia.

Misalnya saja Aeroklas ABS deck over yang bertenaga elektrik dibanderol Rp 21 juta. Sementara bedliner D-Cab kena Rp 3,5 juta dan yang berjenis single cab sekitar Rp 3,6 juta.

Lain halnya sama wings bar banderolnya Rp 16,5 juta, bemper belakang Rp 9,5 juta, Forest roofrack dari besi antikarat harganya Rp 6,5 juta. ”Semua komponen di sini dari Australia,” kata Ayu, salah satu pegawai.

Terus ada lagi buat bagian kaki-kaki sehingga menambah tinggi groud clearence atau lift kit yang banderolnya Rp 14,5 juta. Ini baru sebagian saja aksesori yang disebut. Masih banyak lagi aksesori lainnya yang siap dipasangkan di kendaraan off road . Biar lengkap, sambangi saja ke MGK Kemayoran Lt 6 Blok G2/10-12, Jl. Angkasa Kav B7, Kemayoran. Kontaknya 021-54380499 atau 54390413

Modifikasi Suzuki Sierra


  • Berawal dari keinginannya punya mobil dengan tampilan yang macho sekaligus nyaman untuk harian, Damar A. Asmara pun merubah tampilan Suzuki Sierra lansiran 84-nya menjadi seperti ini.

Test Drive: Jeep Patriot


  • Chrysler Indonesia (CI) di awal kehadirannya kembali di Indonesia, langsung meluncurkan Jeep Patriot. SUV gagah berdesain boxy ini dipersenjatai mesin diesel 2,4 liter, CRD, AWD. Tenaga yang dikeluarkan 168 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 220 Nm pada 4.500 Rpm. Berpadu dengan transmisi otomatis 6-speed CV
Ngoprek JIP

Kuras Oli Gardan, Kadang Terlupakan

JIP - Bagi kamu pemilik mobil berpenggerak roda belakang, atau pun 4WD. Gardan merupakan komponen yang vital, karena fungsinya menggerakkan roda.

Mobil dengan gerak roda belakang tentunya menggunakan gardan, lain halnya dengan gerak roda depan yang tidak memerlukan peranti itu. Bila gardan bermasalah atau rusak, dapat menyebabkan mobil tidak akan jalan.

Namun yang disayangkan, justru gardan kerap dianaktirikan. Maksudnya, komponen ini kerap dilupakan soal perawatannya.

Bila tidak sedang bermasalah, kebanyakan orang jarang melakukan pengecekan atau perawatan. Padahal tidak sulit merawat gardan.

“Cukup dengan rutin mengganti oli gardan setiap 10 ribu kilometer,” ucap Fendi, salah satu pentolan bengkel AFJ, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pada umumnya, penggantian oli gardan biasanya dilakukan bersamaan dengan penggantian oli transmisi, dan menggunakan nilai kekentalan pelumas sesuai yang dianjurkan produsen kendaraan.

Pada umumnya masalah pada gardan terjadi bila sudah terdengar bunyi dengung. Hal ini terjadi akibat oli gardan yang telah encer, atau bahkan telah berkurang secara signifikan.

Tentunya itu terjadi karena pemilik mobil jarang memerhatikan atau merawat gardan. Sekedar informasi harga oli gardan yang ada di pasaran adalah berkisar antara Rp 27-43 ribu. Mereknya pun bermacam-macam, seperti Rored yang keluaran Pertamina, Idemitsu, serta Elf.

Menurut Fendi lagi, untuk mobil yang pemakaiannya lebih sering di dalam kota, maka disarankan menggunakan oli yang speknya multigrade, dengan SAE75-90 atau 80W90.

Ini dikarenakan viskositas oli tersebut lebih encer sehingga tidak terlalu memberatkan kinerja gardan. Sedangkan untuk mobil yang beban kerjanya berat atau mobil-mobil tahun lawas dapat memilih oli single grade dengan SAE 90 atau SAE 140.

Buat kamu yang punya mobil dengan gardan yang dilengkapi fitur LSD (Limited Slip Differential) disarankan menggunakan oli gardan dengan spesifikasi khusus untuk tipe gardan LS. Contohnya merek Lucas.

Kalau kamu belum tahu, apakah gardan bawaan mobil sudah bertipe LS atau tidak, bisa dicek sendiri kok.

“Dongkrak dua roda belakang, coba putar salah satu roda, kalau roda satunya ikut berputar berarti gardannya dilengkapi LSD,” terang Fendi lagi.

Asal tahu saja, oli gardan untuk tipe LSD ini punya bersifat long life time. Namun tetap dicek berkala agar tetap berfungsi dengan baik.

Ngoprek JIP

Kuras Radiator Sendiri? Weh, Ternyata Gampang!


Gbr 1

Gbr 2

JIP - Perjalanan bersama mobil kesayangan semestinya menyenangkan. Tetapi kalau mobil ngadat, tentunya bikin pusing kepala. Seperti ketika tunggangan menunjukkan kalau mesinnya mirip kepala minta dikompres alias overheat, dengan menunjukkan temperatur mesin cukup tinggi (gbr.1).

Wah, wah, tentunya kondisi ini bisa bikin panik, bukan? Tenang saja, kalau bertemu keadaan seperti ini, segera menepi dan matikan mesin. Tunggu saja beberapa saat, hingga diperkirakan suhu mesin sudah menurun. Kemudian, buka tutup radiator.

Namun hati-hati, kemungki­nan ada semburan uap panas keluar dari mulut radiator ini. Gunakan lap untuk menahan panas dari tutup, juga mencegah terkena cipratan air panas dari radiator (gbr.2).

Setelah agak dingin, kemudian tuangkan air melalui mulut radiator hingga penuh, tak lupa isi juga air di tangki reservoirnya. Setelah itu, bisa kendarai tunggangan kembali. Tetapi, kalau gejala kegerahan ini menimpa kembali, tentunya perlu ada penanganan lebih lanjut.


Gbr 3

Gbr 4

Kemungkinan besar radiator kotor, sehingga saluran air di dalamnya tersumbat kerak-kerak yang sudah lama mengendap dalam sistem pendingin mesin tersebut.

Caranya? Sama dengan yang dilakukan di tadi, hanya perlu dilakukan langkah-langkah tambahan, guna mengusir kerak pengganggu.

Tentunya dengan menguras radiatornya. Wah, sulit? Memang, jika menguras radiator sebaiknya dilakukan oleh bengkel yang khusus menangani radiator kotor. Tetapi jika keadaan mendesak, bisa saja dilakukan pengurasan dengan sederhana alias untuk sementara.


Gbr 5
Setelah mesin dingin dan tutup radiator sudah dibuka, lepaskan klem pengikat slang dari mesin menuju radiator alias slang balik. Gunakan tang untuk melepas klem pengikat slang. Ada juga klem yang menggunakan kunci 8 mm atau obeng minus (-), longgarkan klemnya (gbr.3).

Lalu tarik slang dari radiator (gbr.4) hingga terlepas dari mulut lubang, kemudian alirkan air ke dalam radiator melalui slang, hidupkan mesin dan biarkan air mengalir.

Lakukan terus hingga air yang berputar dari radiator, ke dalam mesin dan keluar kembali melalui slang menuju radiator yang sudah dilepas tadi, sampai bening kembali (gbr.5).

Sudah jernih? Matikan mesin dan pasang kembali slang dan isi kembali radiator secukupnya, isi juga air pada tabung reservoir. Kuras radiator? Just do it your self!.
Ngoprek JIP

Efisiensi Tenaga, Pasang Dinamo Starter Hi-Torque Yuukk..!!


Jip - Salah satu asas efisiensi adalah mengeluarkan tenaga seminim mungkin dan mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Asas inilah yang dipakai pada dinamo starter Hi-Torque. Dengan konsumsi listrik yang jauh lebih kecil, sebuah dinamo Hi-Torque mampu memutar mesin dengan kekuatan layaknya dinamo non hi-torque.

Di dunia otomotif, dikenal setidaknya enam jenis dinamo starter. Empat dari enam jenis dinamo starter tergolong dalam jenis hi-torque. Sedangkan dinamo starter biasa, atau yang disebut dengan direct drive (DD) yang merupakan jenis dinamo starter tertua. Jenis ini menggunakan perputaran dinamo yang langsung dihubungkan ke mesin. Populasi DD ini semakin menipis dan dianggap tidak efisien lagi, karena banyak memakan arus listrik. Dan satu jenis sisanya merupakan jenis Permanent Magnet Direct Drive (PMDD) yang memiliki cara kerja seperti DD, namun digerakkan dengan bantuan magnet.

Single gir (kiri). Planetary gir(kanan).
Dari semua jenis dinamo starter, tipe Hi-torque lah yang dewasa ini banyak diminati oleh para pengguna kendaraan karena alasan efisien. Jenis ini terdiri dari Planetary Gear Reduction (PLGR), Offset Gear Reduction (OSGR), Permanent Magnet Gear Reduction (PMGR), dan Permanent Offset Gear Reduction (PMOSGR). Dari beberapa jenis tersebut di atas, dinamo dengan gir jenis planetary dan offset gear reduction lah yang paling dikenal dan banyak dipergunakan.

Lupakan sejenak mengenai perbedaan sebutan dan sistem yang berlaku pada dinamo hi-torque. Dari perbedaan yang ada, persamaan yang dimiliki oleh dinamo hi-torque ini karena menggunakan gir reduksi untuk meringankan beban dinamo saat memutar mesin.

“Di sinilah kunci efisiensi dinamo hi-torque. Motor starter tidak langsung bekerja memutar flywheel, namun terlebih putaran tersebut terlebih dahulu digandakan pada dengan kehadiran gigi reduksi,” terang Atek, juragan dari Gallery Alternator yang bermarkas di Jakarta Selatan ini. “Semisalkan rasio perbandingan gir 5 : 1, maka hanya dibutuhkan tenaga 1/5 saja untuk dapat memutar dinamo starter,” imbuh lelaki ramah ini.

Dua gir (kiri). Odd (kanan)
“Jadi tidak benar jika ada opini yang mengatakan bahwa dinamo starter hi-torque memiliki kemampuan berputar lebih cepat dibandingkan dengan jenis non hi-torque. Menilik dari namanya yang melekat pada jenis dinamo ini fokus untuk meningkatkan torsi dari dinamo tersebut,” imbuh lelaki kelahiran Binjai ini.

Tentu dengan konsumsi listrik yang relatif minim, tidak akan banyak menyedot kapasitas aki sebagai sumberdaya listrik, sehingga penggunaan akipun menjadi lebih awet. Dewasa ini trik efisiensi ini banyak dipergunakan pada 4x4, terlebih kendaraan jenis off-road. “Kendaraan untuk aplikasi off-road ini menggunakan piranti yang banyak menguras sumber listrik dan tak jarang mesin mendapat kendala mati ataupun bahan bakar banjir, sehingga harus distarter berulang-ulang. Di sinilah peran starter hi-torque sangat terasa,” tutup Atek.

Thank’s to
Galery Alternator
Jl. H. Nawi no 22i
T : (021) 727.96329
Ngoprek JIP

Rawat Karet-Karet Panel, Biar Makin Awet


JIP - Setiap kendaraan pasti memiliki karet sebagai salah satu komponennya. Mulai dari karet kaca, pintu, sil dan sebagainya. Sayangnya seringkali bagian ini malah kerap luput dari perawatan. Perubahan suhu panas dan dingin ikut menambah pendeknya umur komponen karet. Jika tidak terawat, bisa menjadi keras yang kemudian bisa mudah sekali terkikis, bahkan lama-lama bisa jadi hancur.

Karet tak terawat juga sering menimbulkan ketidaknyamanan. Selain bikin bunyi-bunyian aneh, juga biang kebocoran baik asap dari luar maupun air. Ternyata tak hanya cuaca dan suhu saja yang bikin umur karet berkurang tapi, “Sering terkena air sabun juga kurang bagus untuk karet,” komentar Peter Dionisius, Product and Promotion Manager PT Autochem Industry.

Makanya agar umur karet bisa lebih lama dan fungsinya bisa maksimal tak ada salahnya untuk melakukan perawatan rutin minimal satu bulan sekali. Cara perawatannya juga mudah kok dan bisa dilakukan sendiri. Peralatan yang dibutuhkan pun sederhana dan tak neko-neko.

Silakan simak foto-foto di bawah ini:
Alat dan Bahan:

1. Sikat gigi bekas

2. Lap kering

3. Air bersih

4. Holts – Rubber and Nylon Lubricant (bisa dibeli di Ace Hardware atau toko oli)

Urutan Pengerjaan
1. Parkir jip di tempah teduh lalu bersihkan karet yang akan dirawat dengan memakai sikat gigi bekas dan air bersih. Jangan gunakan air sabun karena justru bikin Holts tak akan bekerja maksimal

2. Usap dengan lap kering agar air dan kotoran yang melekat di karet bisa terangkat

3. Kocok dulu tabung Holts kemudian semprotkan di bagian karet ataupun sil yang ada

4. Bersihkan sisa-sisa semprotan dengan lap kering dan biarkan cairan yang disemprotkan terserap karet atau sil

5. Lakukan hal ini secara rutin minimal 1 bulan sekali agar karet atau sil tetap terjaga kekenyalan dan fungsinya.
Ngoprek JIP

Biar Offroad Makin Ekstrim, Pasang Pillow Ball Link Arm Yuuk!!


Jip - Era aplikasi sokbreker canggih di jip kompetisi macam coil overshock, airshock, coilspring sudah makin banyak. Apalagi trek-trek kompetisi off-road makin lama-makin extrem. Mau-tak mau menuntut aplikasi sistem suspensi yang canggih pula.

Tetapi instalasi sokbreker tersebut juga harus benar, agak bisa bekerja dengan maksimal. Aplikasi sokbreker inipun biasanya dibarengi dengan pemasangan link suspension arm. Fungsi utamanya jelas untuk memegang posisi gardan agar tidak bergerak maju-mundur.

Beberapa link arm terkadang dibuat rigid, sehingga gardan jadi benar-benar terikat mati. Padahal terkadang butuh setting posisi gardan untuk mendapatkan travel suspensi yang bisa menyesuaikan trek.

Solusinya tentu membuat ajustable link arm yang bisa disetel sesuai kebutuhan. “Paling mudah dengan menggunakan pillow ball, karena tinggal mengatur panjang-pendek drat-nya.” ujar Widodo Teguh, owner ProRock Engineering, Solo. “Sedang batang link arm-nya bisa menggunakan beberapa macam pipa seperti aluminium, seamless ataupun chromoly.”

Sayangnya pipa aluminium lumayan mahal di pasaran. Padahal pipa dengan pipa aluminum bisa langsung dibuat lubang drat. Sehingga pillow ball langsung bisa dipasang. Sedangkan jika menggunakan pipa besi seamless ataupun chromoly masih perlu drat adaptor. Pun pengelasannya juga harus kuat agar tidak gampang lepas.

Kali ini off-roader asli Solo ini membagi ilmu seputar pembuatan ajustable pillow ball link arm ini. Yuk ditengok dulu!

Bahan:
-Pipa seamless/chromoly
-Las tig/argon
-Pillow Ball IKO
-Drat Adaptor

1. Siapkan drat adaptor berbahan besi

2. Gunakan pipa besi seamless ukuran 1 ¼ inci (sch80) atau pipa cromoly ukuran 1 ¾ inci

3. Siapkan pillow ball ukuran 25 mm merek IKO

4. Gerinda ujung pipa besi untuk mendapatkan bentuk miring.

5. Mengingat las tig/argon ini butuh media yang sangat bersih, haluskan dulu sisi ujung pipa dengan ampelas. Lalu bersihkan dengan kain hinga benar-benar bersih.

6. Siapkan ‘pistol’ las dan setel pen las sesuai kebutuhan.

7. Gunakan selalu sarung tangan las dan mantel, sebaiknya cari bahan yang anti panas atau berbahan kevlar.

8. Las beberapa titik dulu antara adaptor dengan pipa besi agar adaptor tidak bergerak
9. Setelah itu baru dilas argon dengan teliti.

10. Hasilnya adaptor menempel kuat di pipa besi dan pillow ball tinggal memasukkan dengan cara didrat putar.

Setelah itu panjang pipa besi bisa dipotong sesuai kebutuhan.
Ngoprek JIP

Pasang Pengatur Sling Winch


Jip - Stop… Stop…! Sling winchnya kusut nih!” Begitu teriakan yang kerap terdengar ketika melakukan recovery dengan winch, tetapi slingnya tak tergulung rapi. Kalau sudah kusut, jelas repot untuk mengurainya. “Kalau makin ditarik, sling besi makin susah dilepaskan,” komentar Agus Darmawan, offroader asal Kalimantan Tengah.

Apalagi sekarang banyak offroader yang sudah memodifikasi winch Warn 8274 dengan memakai motor winch tipe XP dan merangkai ulang solenoid winch jadi jumlah yang lebih banyak. Biasanya untuk mengulur 2 solenoid, sedangkan waktu menggulung jadi 4 solenoid. Tentunya ini makin bikin sling makin mudah kusut.

“Kalau winch sudah dimodifikasi, cara pengoperasiannya mesti melakukan penyesuaian. Jangan menekan tombol untuk mengulur terlalu lama, sebab sling bisa terurai dengan cepat dan jadi kusut,” imbuh M. Harjanto, offroader asal Purworejo Jateng yang kini mulai sering merancang event off-road.

Agar terhindar dari risiko kekusutan ada trik jitu yaitu, “ Pasang saja alat pengatur sling winch. Caranya pasangnya mudah kok,” saran Jumadi punggawa bengkel Teknik Auto Sport di bilangan Daan Mogot, Jakarta Barat. Dengan peranti ini, posisi sling winch tak akan mudah kusut. Pegas yang menekan roller terus menjaga sling bergeser rapi. Baik ketika diulur maupun digulung.
Tak butuh waktu lama untuk memasang peranti pengatur sling winch ini. Tak lebih dari 15 menit, peranti sudah siap pakai. Berikut cara pemasangannya pada winch Gladiator. Untuk merek lain, yang membedakan mungkin pada alat yang digunakan. Namun untuk pemasangannya garis besarnya kurang lebih sama.

Alat yang dibutuhkan:
1. Obeng + dan –
2. Kunci ring/pas 10 mm

Langkah pengerjaan:
1. Buka baut pengunci besi pengaman sling winch bagian depandengan kunci 10 mm dan obeng +
2. Setelah kedua baut terlepas, copot besi pengaman sling winch

3. Ambil peranti pengatur sling winch. Kaitkan besi pengaman winch pada kawat pegas yang ada di peranti pengatur winch. Sebaiknya dilakukan dua orang agar mudah pemasangannya

4. Kaitkan peranti pengatur winch pada besi pengaman winch bagian belakang

5. Pasang kembali besi pengaman winch depan yang sudah menyatu dengan peranti pengatur sling winch. Pasang kembali baut pengunci besi pengaman winch. Jangan terlalu kencang dulu.

6. Tekan peranti pengaman sling sampai rollernya menyentuh gulungan sling.

7. Kencangkan kedua baut besi pengaman winch. Pastikan jangan sampai goyang.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...