Laman

Senin, 30 April 2012

Tool Kit, Ragam Kunci Busi Mobil, Pastikan Spesifikasi Sesuai Kontruksi


 
JAKARTA - Kunci busi menjadi perkakas yang mutlak tersedia pada kendaraan. Oleh karenanya kunci busi merupakan peranti yang dirancang khusus untuk setiap kendaraan guna mengencangkan dan mengendurkan busi. Sehingga kontruksinya dibuat agar bisa menjangkau posisi yang sulit sesuai dengan kondisi mesin tiap-tiap kendaraan.

“Kunci busi pada mobil diperuntukkan sebagai alat preventif untuk pertolongan pertama ketika terjadi masalah pada kendaraan, sehingga memudahkan untuk mengecek kondisi busi,” terang Yuta Obed, selaku service manager Auto2000 Permata Hijau.

Sebagai special tools, kunci busi juga dirancang untuk tidak memberikan momen pengencangan yang telalu kuat pada busi. Dengan begitu kepala busi tidak beresiko rusak akibat momen pengencangan yang berlebihan. “Penggunaan kunci sok ataupun kunci ring, dikhawatirkan dapat menyebabkan kepala busi rusak di dalam,” sambung Yuta, yang berkantor di Jl. Kebayoran Lama, No. 28, Jakbar.

Nah kekhususan kunci busi dibanding kunci sok maupun kunci ring adalah pada bagian dalamnya yang dilengkapi magnet. Selain bentuknya yang lebih panjang dibanding kunci sok, kunci busi juga dilengkapi magnet untuk memudahkan bongkar pasang busi,” bilang Yuta menjelaskan.

Perkara ukuran tentu disesuaikan mengikuti ukuran kepala busi, yang berbeda-beda sesuai spesifikasi busi kendaraan. “Untuk mobil-mobil lansiran Toyota, tidak menggunakan baut ukuran 16 mm dan 20,8 mm. Sebab kedua ukuran tersebut hanya diperuntukan untuk busi, sehingga kunci busi yang digunakan pun memiliki ukuran spesifik,” beber Yuta.

Di pasaran banyak tersedia kunci busi aftermarket, yang dapat dilengkap sebagai perkakas cadangan atau pengganti jika kunci busi bawaan pabrik dianggap kurang representatif. “Ada 3 model kunci busi yakni model ratchet, model ‘T’ dan model pipa,” ujar Edwin, pemilik toko Amazon yang menjual aneka tools di Senen Jaya, Blok 5, Lt. 4, D10, No. 11, Senen, Jakpus.

Kunci busi model ratchet, gagangnya dapt ditekuk menyesuaikan posisi busi di mesin.
Model Ratchet
Disebut model ratchet, karena kunci busi ini dilengkapi gagang ratchet layaknya kunci sok. “Ujung ratchetnya bisa ditekuk sesuai posisi yang diinginkan, sehingga penggunaannya lebih fleksibel. Harga kunci sok model ini berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu, tergantung mereknya,” kata Edwin.

Model ‘T’
Karena bentuknya yang menyerupai huruf ‘T’, alhasil kunci busi ini dikenal dengan model ‘T’. “Kunci busi model ‘T’ ini juga dapat dipuntir sesuai posisi yang dinginkan. Kunci model ‘T’ ini dibanderol kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu-an,” tunjuk Edwin.

Model Pipa

Bentuknya memanjang layaknya pipa, namun berkepala hexagonal layaknya kunci busi. Untuk mempermudah penggunaan, kunci busi model pipa ini dilengkapi batang sebagai pegangan. “Harga jualnya dilego kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 25 ribuan,” sebut Edwin.