Laman

Selasa, 26 April 2011

Ditembak Dari Belakang?? Jangan Panik!


Spion MobilPernah dibuat kesal oleh pengemudi mobil di belakang anda saat berkendara di malam hari? Yup, mungkin mobil tersebut memasang lampunya terlalu tinggi atau dia sengaja “menembak” anda. “Tembakan” itu terasa menyakitkan mata kita dan sangat menggangu kenyamanan mengemudi.


Pada mobil-mobil mewah biasanya pabrikan sudah mengemas spion tengah (rearview) yang dapat meredup secara otomomatis bila mendeteksi intensitas cahaya yang dapat mengganggu kenyamanan pengemudi. Spion jenis ini disebut juga Auto Dimming Rearview (ADR) . Berhubung bukanlah sebuah alat yang bersifat “harus” maka kebanyakan pembuat mobil tidak memasukan spion mewah ini kedalam built in featurenya untuk menekan harga jual mobilnya.

Nah buat anda yang tidak memiliki spion mewah ini, jangan khawatir dan jangan buru-buru beli. Mungkin anda tidak sadar tetapi sebenarnya kebanyakan spion tengah memiliki kemampuan yang mirip dengan Auto Dimming Rearview diatas. Hanya saja milik anda ini tidak bekerja otomatis dan tidak sebaik versi mewahnya.

Pada kebanyakan spion tengah terdapat sebuah tuas kecil di bagian bawahnya. Bila anda mainkan tuasnya (tilt up/down) maka anda akan mendapatkan pantulan yang sama tetapi dengan intensitas yang berbeda. Effek ini mirip dengan fature ADR diatas. Jadi saat pengemudi di belakang anda “menembak” anda tinggal mainkan saja tuasnya dan anda terbebas dari gangguan cahaya silau.

Spion mobilMemang tidak terlalu cool, tapi kalau anda memangtidak sering-sering “ditembak dari belakang” rasanya tidak perluanda membeli ADR.Spion mobil