Komponen yang sering dipakai untuk Modifikasi  adalah adanya aplikasi Wing dan Body Kit. Mulai dari bahan dan  bentuknya pun bermacam-macam, ada juga yang sudah berupa barang jadi  alias add-on ataupun yang bikinan sendiri atau model custom.
Berikut adalah sedikit informasinya secara menyeluruh.
Wing
Penggunaan  sayap / wing dibagian buritan (belakang) pada awalnya hanya dipakai  pada mobil-mobil yang akan bertarung diarena balap untuk meningkatkan  traksi ban, karena wing dipercaya mampu mengontrol arah angin yang  datang ke mobil sehingga mobil mendapat daya tekan lebih pada bagian  buritan (Downforce) agar bisa tetap melaju dengan mulus diatas aspal  tanpa melayang ataupun melintir saat menikung. Bentuk umumnya wing  memiliki tiang penyangga yang cukup tinggi dengan lembaran karbon yang  didesain cukup besar dan lekukan yang sporty sedikit terlihat kaku dan  berat.
Karena dipergunakan dalam ajang balap, maka dari itu bahan  yang dipergunakan pun berupa karbon karena selain lebih kuat tapi juga  ringan dibandingkan dengan model fiber yang cepat patah ataupun yang  berbahan lempengan besi yang terlalu berat. Dalam perkembangannya, saat  ini sudah banyak wing hanya untuk penggunaan aksesoris Modifikasi  ringan berbagai jenis mobil. Modelnya pun ada yang sudah asli dibuat  pihak pabrik seperti wing add-on yang kebanyakan berbahan karbon dan ada  pula yang model custom yang biasanya dibentuk dari bahan fiber oleh  modifikator untuk keperluan fashion saja.
Untuk model add-on  pemasangan tidak membutuhkan waktu lama karena barang sudah tersedia  sedangkan untuk model custom membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 3  hari sampai seminggu, mulai dari pembuatan hingga pemasangan. Harga yang  diterapkan pun bervariasi, yang pasti untuk wing berbahan karbon lebih  mahal dibandingkan dengan yang berbahan material fiber. Untuk  pemasangannya, antara wing dengan kap bagasi awalnya harus diberikan  sealant dahulu agar posisinya presisi, kemudian diikatkan oleh mur dan  baut, jadi bagasi harus dilubangi seukuran diameter mur dengan presisi  agar tidak ada lubang lebih yang dapat dimasuki air.
Body Kit
Body  kit itu terdiri dari bemper (Bumper) depan dan belakang, bagian samping  (Side Skirt), area fender dan juga belakang atas (spoiler / ducktail).  Jika pihak pabrikan seperti Mugen ataupun AMG, dalam membuat bodykit  pasti telah membuat desain yang dapat memaksimalkan fungsi aerodinamis  body, jadi tiap bagian dari body kit memiliki fungsi masing-masing,  namun bukan berarti yang custom tidak memiliki kualitas desain yang  aerodinamis, karena jika bengkel modifikasinya professional, pastinya  akan membuat desain yang presisi dan mampu mengejar fungsi aerodinamika.
Untuk  bagian body kit yang berada dibagian bawah, seperti bumper dan side  skirt, sebenarnya dibuat untuk lebih mendekatkan jarak bodi ketanah guna  memperkecil masuknya angin dari bawah sehingga pada kecepatan tinggi  dapat mengurangi daya limbung / melayang, namun penggunaannya saat ini  lebih kepada segi fashion Modifikasi saja, terutama buat body kit custom yang desainnya tidak memperhitungkan segi aerodinamika.Selanjutnya  adalah body kit bernama spoiler yang umumnya dibuat untuk diletakkan di  bagian buritan / belakang seperti bagasi atau untuk mobil tanpa bagasi  dibagian belakang atas kaca belakang. Bentuk spoiler itu menyerupai  wing, hanya saja spoiler itu cenderung berbentuk lebih landai dan kecil  dan umumnya langsung menempel pada body. Fungsi spoiler sebenarnya  didesain untuk lebih membantu fungsi body kit bagian bawah, yaitu untuk  mengurangi gejala melayang saat mobil melaju (Fungsi Aerodinamika). Saat  ini aplikasi spoiler bisa dipergunakan pada setiap kendaraan non bagasi  maupun bagasi, baik itu untuk kendaraan kontes ataupun kendaraan harian  karena mampu membuat penampilan mobil standar tampak lebih sporty look.
Bentuk  spoiler yang memiliki ukuran lebih kecil dengan desain lekukan mengara  keatas layaknya ekor itik serta terlihat lebih menyatu dengan body  belakang dikenal dengan sebutan ducktail. Placement spoiler ataupun  ducktail tidak selalu diatas bagasi mobil tetapi bisa juga diletakkan  dibibir roof belakang mobil bagi kendaraan yang tidak ada bagasinya.  Bahannya pun ada dua macam, karbon dan fiber. Untuk yang berbahan fiber,  model custom, mulai dari pembuatan hingga pemasangan bisa memakan waktu  kira-kira 3 sampai 4 hari. Sedangkan untuk model add-on berbahan  karbon, tinggal disesuaikan dengan jenis kendaraanya saja.
Menurut  Rudy dari GR1, "Biaya pemasangan full body kit custom memiliki harga  yang variatif, karena harga tergantung dari kredibilitas pembuat body  kit tersebut, kualitas bahan, desain dan cat yang digunakan hingga cara  pemasangannya. Umumnya untuk yang kualitas rendah memiliki kisaran harga  kurang lebih 5 juta rupiah untuk full set, sedangkan untuk yang  kualitas medium ke atas yang biasa dikerjakan oleh bengkel Modifikasi  dengan kredibilitas baik memiliki kisaran harga 20 juta hingga 25 juta  untuk full set body kit fiber, namun kekuatan, kualitas bahan dan desain  serta finishing dapat dipertanggung jawabkan. Untuk yang berbahan plat  bisa dan karbon pastinya memiliki harga yang relatif lebih mahal.
Thanks To :
GR 1 Racing
Kawasan Industri Pulogadung No. 10,
Jakarta Timur
Brilliant
Jl. Kol. Soegiono Blok O No. 20,
Jakarta Timur
-                      Download this image
" target="_blank"> -                      Download this image
" target="_blank"> -                      Download this image
" target="_blank"> -                      Download this image
" target="_blank"> -                      Download this image
" target="_blank"> -                      Download this image
" target="_blank">