Transmisi manual dan otomatis memiliki kelebihan dan kelemahan  masing-masing dan peminatnya sendiri-sendiri pula. Namun bukan tidak  mungkin anda berubah pikiran... terlanjur beli mobil dengan trasmisi  manual (manual transmission) dan ingin konversi alias merubah menjadi  transmisi otomatis (automatic transmission) Bisa, tidak sulit, dan tidak  terlalu mahal kok.
Tapi saat ini buat SO'Mers yang memiliki mobil bertransmisi manual  telah dapat melakukan konversi jenis tranmisinya menjadi matic tanpa  harus merubah transmisi originalnya dan tanpa harus mengeluarkan uang  Seperangkat alat konversi transmisi ini bernama EZ Matic atau bisa juga disebut EasyClutch.  EZ Matic sendiri merupakan sebuah sistem kopling otomatis multifungsi  yang mampu mengubah transmisi manual menjadi matic dan dapat  diaplikasikan pada semua jenis mobil yang bertransmisi manual, tanpa  harus merubah transmisi orisinil mobil secara mekanikal.
Telah  banyak pemilik mobil yang menggunakan EZ matic sebagai solusi aman dan  nyaman dalam mengendarai mobil manual, karena memang perangkat ini  sebenarnya sudah lama ada dan dikenal, karena telah hadir di Indonesia  kira-kira sudah hampir 15 tahun.
Keunggulan teknologi EZ Matic
Bisa  dibilang EZ Matic ini semacam transmisi Triptonic (semi automatic)  dimana kopling yang seharusnya ada dikaki kiri pindah pengoperasiannya  di girknob (Shift Knob). Selain itu pada sistem EZ Matic juga memiliki  fitur switch mode yang bisa diletakkan disebelah kanan setir yang dapat  berfungsi sebagai switch pengubah dari mode EZ Matic  ke mode full  manual seperti transmisi orisinilnya. Jadi apabila pengemudi bosan  menggunakan mode automatic, transmisi dapat diubah kembali ke mode  manual tanpa perlu melepas perangkat EZ Matic yang sudah  terpasang.     
Dengan menggunakan EZ Matic, pengemudi memang  tetap harus melakukan perpindahan gigi melalui shift knob, akan tetapi  tidak perlu menginjak pedal kopling untuk melakukannya, yang diperlukan  hanya tinggal menekan tombol shift sebagai yang terdapat pada shift knob  dari EZ Matic, lalu lakukan perpindahan gigi seperti biasa.
Menggunakan  EZ Matic, juga bisa dipastikan konsumsi bahan bakar akan lebih hemat  dibandingkan dengan kendaraan yang bertransmisi full automatic dan tetap  dapat memanfaatkan Engine Break (pengurangan kecepatan dengan bantuan  putaran mesin) saat ingin memperlambat laju mobil, sehingga kanvas rem  kendaraan tetap awet. Semua pekerjaan kaki kiri (menekan pedal kopling)  akan dilakukan oleh perangkat ini dengan bantuan komputer yang canggih,  jadi tidak perlu khawatir lagi dengan umur kanvas kopling.
Berbeda  dengan kendaraan bertransmisi full automatic ketika mobil mogok tidak  bisa didorong untuk menghidupkan mesin mobil, maka untuk mobil transmisi  manual yang memasang piranti EZ Matic, mendorng mobil tetap masih dapat  dilakukan dengan hanya mengubah mode switch ke posisi manual, kemudian  mobil didorong untuk menghidupkan mesinnya. Walaupun piranti ini  dipasang didalam kompartemen mesin tapi tidak usah khawatir kalau  piranti ini dapat rusak atau terendam air karena memang sudah didesain  untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu.
Pemasangan
Satu  set komponen produk dari EZ Matic / EasyClutch terdiri dari komponen  berteknologi canggih, seperti penggerak/actuator (motor pegas cam,  kopling-posisi sensor, silinder/peyangga kabel) unit pengontrol dengan  CPU, tuas gear (tombol shift, tombol hill), mode switch,  akselerasi/tombol pedal kopling, pipa hidrolik/kabel kopling pengikat  kabel kelistrikan, fixing brackets, dan sensor kecepatan sebagai pilihan  (optional).
CPU pada perangkat EZ Matic merupakan komponen yang mampu  menganalisa RPM mesin dan kecepatan sinyal, fungsi pedal, pergerakan  gear knob serta membantu kelistrikan motor dari komponen aktuator EZ  Matic yang terpasang di ruang mesin untuk pengaturan pengoplingan dan  tidak mengopling, jadi CPU merupakan otak / pengendali dari EZ matic.  Remapping EZ Clutch dari CPU pun harus dilakukan namun hanya perlu  dilakukan selama 6 bulan sampai setahun sekali saja.
Untuk  pemasangannya, antara mobil lansiran Asia dengan lansiran Eropa dan  Amerika terdapat perbedaan. Dikarenakan mobil-mobil lansiran Asia  memiliki mesin dengan sistem elektrikal yang tidak terlalu rumit dan  sensitif, maka pengerjaannya hanya membutuhkan waktu 1 hari. Sedangkan  untuk mobil-mobil lansiran Eropa dan Amerika membutuhkan waktu selama  2-3 hari dikarenakan perlengkapan elektriknya lebih sensitif, sehingga  diperlukan kehati-hatian dan ketelitian lebih didalam pengerjaannya. Hal  ini pun berimbas dengan ongkos pemasangan, dimana untuk mobil-mobil  lansiran Asia harga yang dipatok sebesar 8.5 juta dan untuk mobil-mobil  Eropa dan Amerika dipatok harga sebesar 10 juta.
Test Drive
Berbeda  dengan mobil yang memakai transmisi full automatic dimana pada saat  putaran mesin rendah, tarikan awal terasa berat dan mobil transmisi full  manual yang memiliki jeda perpindahan gigi. Ketika SO ikut berkendara  menggunakan mobil manual yang sudah memasang EZ Matic, SO merasakan  tarikan awal menjadi lebih responsif, begitupun ketika mobil dipacu  dalam putaran rendah hingga tinggi, pada saat perpindahan gir terasa  tidak ada jedanya dan membuat laju mobil lebih halus dan responsif  melesat.
EZ Matic memang dirancang secara khusus untuk kemudahan  dan kenyamanan berkendara untuk semua jenis mobil yang bertransmisi  manual, karena tidak perlu adanya perubahan dibagian mesin ataupun  girboks, transmisi mampu dibuat menjadi matic. EZ Matic mampu  menggabungkan kelebihan mobil bertransmisi manual dan matic.
Info :
EZ CLUTCH
Jakarta EasyClutch Service Center
Jl. Kelapa Hybrida Raya Blok PE 10 No. 6
Kelapa Gading Permai, Jakarta – Utara
Phone : (021) 4504454 / 4526378 / 4531905