Setiap orang yang memiliki mobil pastinya ingin tampil beda dengan  mobil lainnya, oleh sebab itu berbagai cara dilakukan dari cara  sederhana sampai ke cara yang paling ekstrim dapat dilaplikasikan pada  mobil. Salah satu cara yang paling sederhana dan cepat untuk membuat  mobil tampil beda adalah mengganti velg standar atau original dengan  yang aftermarket.
 
Sebenarnya ada berbagai kriteria velg yang dapat dipilih sesuai  dengan kebutuhan. Tetapi anda harus bijak dalam pemilihan velg ini,  salah-salah anda akan dapat mempengaruhi kenyamanan dan juga budget anda  dapat terkuras banyak, tentunya ini dapat merugikan anda juga.
Dalam dunia Modifikasi,  khususnya untuk penggantian besar ukuran velg dikenal istilah plus one,  plus two, dan seterusnya. Maksud istilah tersebut adalah, kata Plus =  Tambah, sedangkan kata belakangnya seperti one, two dan seterusnya =  menentukan besar ukuran velg dari standarnya, contoh kata  plus one, ini  berarti istilah jika pelek original / standar berukuran 17” ingin  diganti dengan ukuran 18”. Begitu juga dengan istilah plus two atau  seterusnya.
Khusus mobil daily use / harian bila ingin diganti  velg yang ukurannya lebih besar dari aslinya / original equipment (OE),  sebaiknya menggunakan velg maksimal plus two dari ukuran standarnya,  misalnya standar velg yang diberikan oleh pihak ATPM adalah 15” maka  maksimal penggunaan velg adalah 17”. Hal ini dimaksudkan supaya  penggunaan velg tidak akan menyusahkan anda dikemudian hari dengan  adanya Modifikasi kaki-kaki, karena ini berkaitan dengan kenyamanan yang akhirnya menyentuh pada performa mobil dalam penggunaan sehari-hari.Berbeda  dengan penggunaan untuk segmentasi fashion atau show off (salah satu  penggunaannya untuk mobil kontes). Pada mobil untuk show off biasanya  penggantian ukuran mencapai plus four, hal ini diperlukan karena memang  velg sangat berperan sebagai trendsetter dan untuk point penilaian  kontes, sehingga mobil hanya diperuntukkan pada saat kontes berlangsung.  Dari sini pun ada berbagai karakter dalam penggunaan show off, seperti  menggunakan aliran ekstrim, elegant, racing, ataupun retro (klasik).
Sedangkan  pada mobil balap maka harus dipergunakan velg yang ringan sekaligus  kuat sehingga tak ada tawar menawar soal kualitas. Disini velg dapat  mempengaruhi performa mobil dan keselamatan pengemudi secara langsung.
Berbagai macam asal dan kualitas Velg
Velg  tentunya juga bermacam asalnya, ada yang buatan lokal ataupun import.  Velg   import pun terbagi menjadi dua macam, yaitu ada yang kualitas  nomor dua dan ada yang kualitas nomor satu. Kualitas nomor dua biasanya  didatangkan dari Thailand, berbagai macam modelpun disediakan dengan  harga yang sangat miring tetapi biasanya kualitas sesuai dengan harga  yang ditawarkan.
Berbeda dengan kualitas nomor dua, velg import  kualitas nomor satu memang ditujukan memberikan kepuasan dan kelas  tersendiri; biasanya velg ini didatangkan dari Eropa, Jepang atau  Amerika. Bicara soal kualitas tak usah diragukan, tetapi harga velg ini  biasanya bisa dibanderol 2 sampai 3 kali lipat lebih mahal dari harga  velg kualitas nomor 2.
Harga yang ditawarkan berkisar dari 1   hingga 15 juta rupiah per velg bahkan untuk kualitas nomor satu bisa  berharga lebih dari 20 juta per velg. Tentunya dimana ada harga disitu  ada kualitas.Tetapi bukan berarti velg kualitas nomor dua tidak dapat  menjanjikan kekuatan dan kenyamanan, yang terpenting sesuaikanlah dengan  kebutuhan.
Sedangkan untuk bahan velg sendiri ada yang berbahan  aluminium ataupun campuran antara aluminium dan baja. Berdasarkan  teknologi pembuatannya, dipasaran dikenal jenis forged wheel, ini  dikenal paling kuat dan termahal, Pressure cast wheel dikenal cukup kuat  dan lebih ringan dan yang terakhir Velg Cast wheel yang kekuatannya  tidak berbeda jauh dari velg Pressure cast wheel. Yang pasti ketiga  jenis teknologi pembuatan velg ini terbilang aman untuk digunakan,  selain dari ketiga jenis ini, kualitasnya patut dipertanyakan.