Laman

Selasa, 26 April 2011

Buat Wide Body

Chamber, Reverse Velg & Wide Body

Secara umum pembahasan antara chamber, reverse velg dan wide body berdiri sendiri-sendiri tapi bila membahas mengenai Modifikasi ketiganya hampir tidak bisa dipisahkan karena masuk kedalam bagian sistem Modifikasi kaki-kaki terutama yang ingin mengusung konsep Modifikasi low rider alias ceper hingga ban terlihat tercelup masuk ke fender secara ekstrim.


Walaupun dibahas secara terpisah, mau tidak mau pasti akan merembet juga untuk dibahas karena dapat saling melengkapi. Berikut sedikit penjelasan mengenai ketiganya.

Chamber
Chamber
Merupakan setelan pengukuran derajat kemiringan roda, dimana aslinya chamber dipergunakan pada ajang balap mobil semacam balap touring ataupun drag race yang gunanya untuk mendapatkan grip ataupun traksi yang lebih mantap pada saat trek lurus maupun tikungan.

Namun saat ini kalangan modifikator telah memanfaatkan pengaturan chamber untuk Modifikasi kaki-kaki mobil, terutama untuk mengusung low rider atau ceper. Biasanya hal ini dilakukan dengan mengatur sudut kemiringan ban menjadi negatif, yaitu arah kemiringan ban bagian atas menjadi lebih melesak ke dalam fender agar kaki-kaki bisa lebih ceper tanpa ban mengenai fender (ban masuk lebih kedalam fender).

Mengatur chamber umumnya modifikator mengganti baut penyetelan chamber yang terdapat pada kaki-kaki dengan baut yang lebih panjang. Umumnya pengerjaan Modifikasi chamber ini dapat dilakukan dengan memakan waktu ± 1 jam dengan biaya yang dipatok mulai dari Rp.200.000, tapi itupun jika tidak ada kendala. Semua tergantung seberapa tingkat kemiringan chamber yang diiinginkan.

Karena chamber berurusan dengan masalah kaki-kaki efeknya pun berimbas pada usia kaki-kaki yang akan menjadi lebih pendek dari normal karena adanya perubahan titik tumpu, sehingga keausan ban juga tidak merata. Saat ini sudah ada perlengkapan atau kit khusus bagi yang ingin men-chamber kaki-kaki kendaraannya, sedangkan bagi kendaraan yang sudah mengusung suspensi independent tidak usah dichamber lagi karena sudah secara otomatis akan mengayun sendiri.

Reverse Velg


Reverse Velg
Merupakan sebuah upaya Modifikasi bagi para modifikator mobil dalam hal fashion agar tampilan peleknya terlihat lebih celong. Umumnya penganut Modifikasi low rider juga melakukan teknik reverse velg biar penampilan kaki-kaki makin sip terutama untuk maju ke arena kontes.

Biasanya untuk me-reverse pelek, langkah yang dilakukan adalah dengan mengubah offset ban menjadi minus. Pelek-pelek yang biasa dipergunakan untuk mereverse pelek adalah pelek dengan model 3-piece karena bisa dibilang lebih mudah karena tinggal melepas baut-bautnya saja langsung jadi, sedangkan untuk pelek dengan model 2-piece belum tentu bisa, walaupun bisa tapi akan lebih rumit dan sangat beresiko karena harus membongkar pelek lewat pengelasan. Melakukan reverse pelek sebaiknya hanya untuk penggunaan mobil khusus kontes, dihindarkan bila mobil dipakai sehari-hari karena terllalu beresiko.

Wide Body

Merupakan salah satu teknik Modifikasi menggembungkan bodi mobil agar lingkar roda yang melampaui batas fender akibat Modifikasi low rider tidak membuat permukaan atas ban bergesekan atau menempel dengan fender, hal ini sering disebut juga dengan Modifikasi over fender.

Bila ingin dibuat wide body pastinya mobil harus melalui proses penambahan plat pada fender disertai pengelasan oleh rumah Modifikasi. Selain itu mobil yang telah dibuat wide body biasanya akan tampil lebih seksi, lebih-lebih jika penambahan pelatnya lumayan lebar.
Waktu pengerjaan untuk pembuatan wide body kurang lebih dapat memakan waktu 2 – 3 minggu, semua juga tergantung dari tingkat kesulitan. Kisaran harga pembuatan wide body umumnya bengkel Modifikasi mematok harga mulai dari Rp.650.000, semua tergantung tingkat kesulitan pengerjaan.

Saat ini baik chamber, reverse velg maupun wide body dalam ajang Modifikasi sudah menjadi tren dimana-mana. Namun yang disayangkan karena sudah menjadi tren khusus saja akhirnya sedikit kehilangan essensi. Tidak sedikit yang hanya dijadikan trend fashion mobil sesaat tanpa memperhatikan faktor-faktor lainnya.

Ada baiknya, walaupun mobil diubah sedemikian rupa seperti merubah chamber kemudian me-reverse pelek hingga membuat wide body, modifikator tetap harus memperhatikan faktor layak jalan untuk kendaraan tersebut. Bagi yang sudah bermain chamber sebaiknya harus melakukan spooring secara rutin agar kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Thanks To :
Brilliant
Jl. Kolonel Soegiono Blok O, No.20, Jakarta Timur
Phone : 021-8601569

  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!
  • Click to open image!