Laman

Selasa, 26 April 2011

Solusi darurat saat Fuel Pump Tersumbat

kepik-dalam

Kalau mobil anda terkena dampak bensin premium kotor, anda bisa ikuti langkah darurat yang dicetuskan olehFranz Heru dari komunitas mobil Karimun. Caranya simple, tidak mahal dan bisa dilakukan siapapun yaitu menggunakan "Tangki Jinjing". Mobil yang kekeringanpun segera mendapat supply bensin lagi.

Yang harus disiapkan antara lain jerigen besar yang lubangnya besar, selang, pentil besi, klem, pipa sambungan sok, colokan lighter mobil, dan motor fuel pump. Setelah semuanya tersedia, tinggal dirakit, dengan pola yang sama seperti yang terpasang pada mobil, bedanya, tangkinya terbuat dari jirigen dan bisa dijinjing.

Untuk listriknya, lighter mobil tersebut tinggal dicolokkan pada dashboard mobil, sehingga bisa mengaktifkan motor fuel pump tangki jinjing tersebut. Jadi, bila sewaktu-waktu mobil anda fuel pump nya ngadat, tinggal diganti switch saluran bensinnya, dari bawaan mobil ke tangki jinjing. Kalau mau lebih sederhana dan murah, ada lagi. Meskipun dari tampilan sangat tidak enak untuk dilihat. Yakni, menggunakan botol air mineral dan selang untuk menyedot bensin.

Tinggal membolongi tutup botol air mineral untuk dipasangi pentil, agar bisa disambung dengan selang. Jadi, saat kematian fuel pump tiba-tiba, tinggal sedot bensin dari tangki dengan slang, tampung di botol air mineral tadi. Kemudian, lepas selang bensin dari pipa di ruang mesin, jangan lupa sumbat pipa yang muncul dari bawah bodi, maka mobil siap diajak jalan kembali.

"Infus hanya berguna untuk mobil seperti Karimun kotak, sementara tangki jinjing dapat digunakan untuk mobil-mobil dengan sistem karburator atau injeksi," ujar Heru.

Tangki Jinjing lanjut Heru menjadi perlengkapan yang ada di mobil "emergency team" Karimun Club. Jadi ketika ada mobil member yang mogok akibat fuel pump ngadat, langsung bisa beraksi.