Laman

Recent Posts

Selasa, 31 Januari 2012

Cara Mengetahui Elektrikal Blower Belakang Ac Mobil


Ketika dari grill ac yang ada di atas kabin tidak mengeluarkan hembusan angin, sementara di kabin bagian belakang penuh dengan sound system seperti terlihat gambar di bawah,sound system memenuhi ruang kabin bagian belakang, sudah terbayang harus membongkar sound system tersebut, karena posisi blower untuk innova 2.0E berada di belakang kanan, di samping dek.
Berikut cara mengetahui apakah ada sirkuit elektrikal blower belakang ada yang putus sehingga angin tidak keluar dari grill ac diatap kabin.

1.Buka saklar blower belakang akan terlihat seperti gambar berikut.
2.Buka soket seperti gambar di bawah
3.Gunakan Avo meter untuk mengukur voltase pada pin kontrol relay ac dengan ground, sebelum di jamper seperti gambar di atas, saat kunci kontak pada posisi on, harus terukur tegangan sebesar 12 volt-13,8 volt. Tegangan berasal dari kaki 86 relay ac untuk menghubungkan kontak relay setelah terhubung dengan ground.

4.Ambil kabel untuk menghubungkan pin kontrol relay ac dengan ground seperti gambar diatas setelah itu ukur tegangan pada masing-masing pin, baik low speed blower, medium speed blower dan high speed blower. Kalau tidak ada sirkuit elektrikal blower belakang yang putus pada masing-masing pin akan terbaca adanya tegangan.

5.Jika sudah di jamper seperti gambar di atas, tidak ada terbaca tegangan pada pin low,medium,high speed blower ada kemungkinan komponen rusak antara lain berturut turut, kontak relay, motor blower atau resistor blower.

Moga manfaat dan mudah di pahami.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...