Laman

Selasa, 20 September 2011

Pasang Lampu Darurat, Bantu Kerja Buat Ruang Mesin


JIP - Mogok di malam yang gelap, atau sekadar ingin ngoprek mesin malam-malam? Tentu akan sulit tanpa penerangan yang memadai. Solusinya, ya tunggu sampai terang, atau gunakan lampu khusus. Beberapa produsen kendaraan sudah melengkapi mobilnya dengan lampu kerja darurat di ruang mesin, contohnya Opel Blazer.

Kita pun dapat meniru pabrikan Blazer. “Memasang lampu kerja itu sebenarnya simpel, namun sebaiknya tidak menambah kesemerawutan ruang mesin. Butuh penempatan yang bagus dan berestetika,” tutur F Nadjib AS dari D2 motorsport Depok.

“Dan lampu ini akan semakin memiliki nilai fungsi lebih apabila penempatannya bisa diatur sesuai kebutuhan,” lanjut pria berambut nyentrik ini. “Untuk itu tidak salah kiranya jika kita memiliki lampu kerja darurat yang mudah dipindah-pindah sesuai kebutuhan,” ungkapnya. “Tidak perlu harus mengeluarkan biaya mahal, namun bisa juga dengan memanfaatkan lampu yang tidak terpakai, seperti lampu bekas pelat nomor,” tutupnya.

Seperti apa langkahnya?

Yuk kita simak bersama.

Langkah
1.Buatkan braket lampu yang sesuai dengan kondisi ruang mesin kendaraan masing-masing.

2.Tentukan posisi untuk menempatkan penempatan lampu tersebut dan pastikan bahwa pada saat lampu tersebut terpasang tidak menghalangi gerak apa pun dalam ruang mesin.

3.Pasang kabel-kabel lampu dan saklar serta sambungkanlah dengan sumber tenaga yang berasal dari aki. Dipilihnya kabel dengan ukuran panjang memiliki tujuan supaya memudahkan saat lampu dipindah-pindahkan. Dan saat tidak dipergunakan kabel bisa digulung dengan rapi.

4.Pasangkan braket lampu yang sudah dirakit tersebut pada tempat yang sudah ditentukan sebelumnya.

Alat bahan
1. Pelat alumunium 3 mm
2. Bor
3. Obeng (+)
4. Kabel
5. Lampu
6. Saklar
7. Baut kasar