Rudolf, kelahiran Perancis 18 Maret 1858 dengan kewarganegaraan Jerman berhasil mengembangkan mesin pembakaran dalam pemicu kompresi (internal combustion engine).
Konsep cara kerjanya menuntut pencampuran udara bertekanan dengan bahan bakar sehingga menciptakan ledakan sebagai inti penggeraknya.
Makanya, sistem kerja diesel mampu bekerja dengan tekanan dan suhu cukup tinggi di ruang bakar agar bisa menggerakkan piston dan kruk as secara maksimal.
Hasilnya, mesin diesel cenderung keluarkan suara bising dan panas. Awalnya, diesel ini tak banyak peminatnya untuk diaplikasi dalam industri otomotif.
Warisan Rudolf konon diaplikasi pabrikan bernama Isuzu pada 1937 di Jepang dengan semua produk mobil¬nya adalah bermesin diesel. Kabarnya, salah satu karyawan Rudolf berhasil menyalin blue-print seluruh desain rancang bangun mesin diesel dan mengembangkannya atas perintah Kaisar Hirohito untuk diaplikasikan pada mesin perangnya di Asia Pasifik.