Laman

Selasa, 20 September 2011

Land Rover Defender 110 1997

Hidden Paradise Bridge


JIP - “Bila memang waktu dan kondisi mengizinkan, mungkin hari-hariku akan banyak aku habiskan dengan menikmati keindahan alam yang seolah tiada habisnya,” tutur Andrijanto. “Menikmati paras alam undiscover dan menyatu dengannya merupakan hal yang luar biasa dan tak ternilai harganya,” sambung bapak 4 anak ini.

“Banyak hal dapat ditemui yang tidak bisa diterjemahkan dalam bahasa verbal…dan hanya bisa dicerna di sini,” lanjutnya sembari menunjuk uluhatinya.

Tentunya dalam realita pria yang akrab disapa Adri ini tidak bisa melakukan apa yang menjadi dambaannya tersebut sepenuhnya. Kesibukan sebagai seorang profesional membatasinya, namun bukan berarti lantas memupuskan angan pria ramah ini. Di tengah kesibukannya ia masih sempat menyisihkan waktunya untuk mewujudkan angannya tersebut. “Kita tidak boleh terlalu egois memfokuskan pada hal yang kita inginkan saja, namun kita harus berbagi dengan hal lainnya,” lanjutnya.

Waktu luang sudah barang tentu tidak bakal dilewatkan dan untuk mewujudkan Adri pun mempersiapkan sebuah Land Rover Defender untuk mengakomodir hasratnya tersebut. Merek asal Inggris Raya ini jatuh sebagai pilihan karena reputasi dunia jip yang satu ini yang dikenal sebagai sang penjelajah handal. Namun di sisi lain ternyata Adri memiliki kedekatan tersendiri dengan jip Inggris ini.

“Sejak muda saya sudah akrab dengan Land Rover dan saya lebih familiar dengan jip yang satu ini dibandingkan dengan jip lainnya, tentu dalam kapasitasnya sebagai kendaraan ekspedisi,” tuturnya. “bagi saya Defender 110 merupakan satu pertimbangan logis untuk dijadikan pilihan dan kemampuan 4x4 yang cukup handal dan hal ini sudah dibuktikan lewat ajang ekspedisi terkemuka seperti Camel Trophy ataupun G4 Challenge,” tutur anggota Land Rover Club Indonesia ini.

Sebuah Defender standar sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk diajak bertualang merambah indahnya petualangan alam bebas. Namun ternyata hal tersebut tidaklah cukup bagi Adri. Jip lansiran tahun 1997 ini pun dilantas diupgrade kemampuannya supaya lebih dapat dihandalkan untuk merambah medan berat dan sekaligus bertahan pada indahnya alam liar yang ingin disambangi.

“Perlu diingat juga bahwa alam liar bagaikan pisau mata dua yang mana pada sisi keelokannya tersimpan bakat aslinya sebagai alam liar,” bisiknya. “Namun justru disitulah seni off-road ekpedisi, jika kesulitan yang mengadang dapat dilampaui maka selalu akan menjadi kenangan yang manis, adapun dengan kemalangan yang kita jumpai dapat kita sikapi sebagai suatu pelajaran berharga,” lanjutnya sembari setengah berfilsafat.

“Banyak dari sisi alam yang belum tereksplorasi tuntas begitupun dengan keelokan yang terkandung di dalamnya. So..menikmati alam jelas bukan dengan mengalahkannya, cukup dengan berdampingan dengannya dan menghormatinya,” paparnya. “Dan jip ini kendati dimodifikasi untuk menerjang buasnya kekuatan alam namun bisa diibaratkan sebagai jembatan menuju surga yang belum terkuak. It’s a bridge to the hidden paradises,” tutupnya.

Mesin
Dapur pacu berkode 300Tdi tetap setia mengikuti rancangan pabrik. Kendati hanya berkapasitas 2.5 liters namun dirasa sudah cukup mumpuni menyambangi kebutuhan jip asal Soliohul Inggris ini. Sebuah snorkel disematkan, sebagai tanda kesiapan jip ini merambah hingga daerah yang berair

Tranfercase
Girboks badak legendaris R380 dan tranfercase fulltime 4x4 lengkap dengan central diff-lock menjadi kunci keampuhan bagi Land Rover ini.

Gardan
Gardan orisinal tetap dipertahankan. Gardan Rover Type di bagian depan dan gardan Salisbury di bagian belakang. Piranti air locker racikan ARB disematkan pada gardan belakang. Peranti ini memberikan kontribusi traksi tambahan yang optimal.

Pelek dan ban
Ban lansiran Simex membalut pelek heavy duty berbahan alloy racikan Hutchison. Keunikan pelek lansiran negeri Paman Sam ini tetap direkomendasikan sebagai pelek untuk jalanan onroad dan bisa dibalans.

Head lamp
Lampu utama tak lagi menggunakan teknologi Halogen, namun menggunakan lampu khusus dengan Led sebagai sumber cahayanya, begitupun dengan lampu tambahannya. Selain lebih hemat dalam penggunaan listrik, led juga memiliki masa hidup yang lebih lama dibandingkan dengan lampu konvensional.

Winch
Perlengkapan recovery seperti winch mengunakan Warn 9.5XP. Pada fairlead ditambahi dengan karet pengaman sling yang juga berfungsi ganda untuk membantu mengatur sling winch.

Camo
Tampilan Landy ini sangat mencolok dengan balutan kamuflase bergambarkan hutan dan pepohonan. Uniknya balutan kamuflase ini berupa stiker khusus yang ditentengnya langsung dari Amerika. Hebatnya stiker ini tergolong tipe heavy duty dan anti gores.

Interior
Interior dijejali dengan perangkat pendukung ekspedisi mulai dari alat komunikasi, peranti survival hingga memasak. Komunikasi jalan terus dan tidak takut kelaparan. Bahkan Adri merancang sebuah meja khusus dari dari plat alumunium bordes yang bisa dibuka-tutup dan dijadikan meja untuk memasak.
Gadget
Agar tidak tersesat dan mampu melakukan komunikasi dengan dunia luar, maka serangkaian alat komunikasi seperti GPS dan Telepon satelit menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi jip ini.

Roof rack
Mau kemping di manapun hayo aja…Tenda lipat khusus lansiran Howling moon siap digelar di manapun dan kapan pun dikehendaki.

Data Spesifikasi
Mesin Land Rover 300Tdi Turbo diesel 4silinder inline
Girboks R380, 5 speed manual
Transmisi 5 speed manual OEM Defender
Transfercase 2 speed fulltime OEM Defender
Per Old Man Emu
Sok breker Procomp ES9000
Winch Warn 9.5XP
Roofrack Warn
Bumper Warn
Rack perkakas Outback
Snorkel Optional Land Rover
Lampu led Rigid Industries
Head lamp Truck light
Pelek Hutchison
Ban
Simex Exterme 32 x10.5 R16
Sokbreker Old Man Emu
Per Old Man Emu
Rooftent Howling moon
GPS Garmin
Telepon satelit Byru
Bengkel
Mahameru
Jl. Bendungan Jago No. 18 Kemayoran Jakarta Pusat 10650
Telp : (021) 422.7877-420.4906
Fax : (021)424.9655