Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Cara Sederhana Cek Charging Mobil


System charging atau pengisian pada mobil merupakan suply energi listrik untuk menjalankan semua fungsi elektrikal, komponen utama yang berperan utama adalah alternator atau dinamo isi orang biasa bilang.

Cara sederhana untuk memeriksa apakah fungsi charging atau pengisian setrum ke aki berjalan dengan baik dan bisa di lakukan semua orang tanpa harus memiliki keahlian khusus. Kecuali jika anda takut sama setrum dan tak berani pegang setrum walaupun cuma 12 volt dari aki he..he.

Berikut caranya:
  1. Kunci kontak ON, lampu gambar aki di dashboard nyala, begitu mesin hidup lampu aki di dashboard mati.
  2. Kunci kontak OFF, nyalakan lampu besar (head lamp), kemudian stater mesin kalau terlihat intensitas atau nyala lampu lebih terang artinya dinamo isi atau alternator bekerja dengan baik.
  3. Atau gunakan cara ini, saat mesin hidup lepaskan terminal aki untuk sesaat, kalau saat lepas terminal aki mesin masih hidup, pengisian berjalan dengan baik.
    Tetapi saat lepas terminal aki sesaat mesin langsung mati, berarti ada masalah dengan alternator.

Jika system charging tidak bekerja dengan baik mungkin di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
  • karbon brush (kulbras orang biasa bilang) atau
  • rotor slip rings habis dan putus,
  • regulator rusak baik yang sudah menggunakan IC regulator atau ket-out ( regulator atau pengatur tegangan dengan relay),
  • dioda rectifier putus atau konslet dan harus membongkar alternator, silakan download cara overhaul alternator di bawah.
Regulator pada alternator berfungsi untuk mengatur tegangan out put yang di hasilkan alternator untuk mengisi aki agar tidak terjadi over charging.

Download overhaul (cara bongkar) alternator dari ziddu, ukuran file tidak lebih dari 100 kb.
Password: ac-elektrik
tombol download