Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Kenapa Evaporator Beku


Gambar disamping adalah contoh evaporator yang kotor karena debu atau kotoran yang melekat dan menjadi penyebab AC tidak dingin, selain hembusan angin kurang kencang karena terhalang oleh debu, juga menyebabkan bau tidak sedap.

Untuk mengetahui evaporator kotor, selain hembusan angin yang lemah bisa diperiksa dengan mudah dengan cara hidupkan blower angin AC pada kecepatan maksimal, maka akan terdengar suara angin yang tertahan.

Debu akan menyebabkan evaporator beku dan angin tidak keluar karena terhalang gumpalan es di evaporator.

Kenapa demikian:
  1. Kotoran seperti gambar di atas akan menghalangi sensor temperatur suhu atau thermistor cooler ac di evaporator dari hembusan angin dari blower, seperti gambar di bawah, sehingga temperatur kerja dari sensor suhu atau thermistor cooler untuk memberikan signal cut off ke kompressor ac tidak tercapai.
  2. Kalau temperatur kerja tidak tercapai, maka kompressor AC tidak bisa on/off dan akan kerja terus menerus.
  3. Dengan bekerja terus menerus tanpa on/off dari kompressor mulai  terbentuk gumpalan es di evaporator dan menghalangi aliran udara dari blower.
Kompressor AC yang bekerja terus menerus akan menyebabkan panas berlebihan pada system ac dan bisa mengakibatkan rusak komponen AC salah satunya yang akan rusak adalah spull magnetic clutch.
Perlu dilakukan pembersihan evaporator secara berkala untuk mencegah hal tersebut diatas terjadi dan memasang filter kabin atau filter evap, karena kotoran atau debu dari kabin yang dihisap blower akan tertahan di filter tersebut, ini untuk kendaraan yang belum di lengkapi filter kabin.

Semoga bermanfaat, silakan bagi tulisan ini ke sahabat.