Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Prinsip Kerja Kondensor AC Mobil


Kondensor Ac mobil memiliki kemampuan untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah freon menjadi cair.

Singkatnya kondensor adalah komponen ac mobil yang berfungsi untuk merubah freon dalam bentuk atau wujud gas menjadi bentuk cair atau kondensasi.

Contoh peristiwa kondensasi:
  • Sebongkah es di masukan kedalam gelas, beberapa saat kemudian bagian luar gelas terbentuk titik-titik air.
  • Ketika mengendarai mobil saat hujan, bagian dalam kaca mobil ikut berembun atau terbentuk titik-titik air
klik gambar untuk perbesar
Refrigerant atau freon dalam wujud gas yang di pompa oleh kompressor ac, masuk lewat inlet (warna merah) dalam kondisi bersuhu dan bertekanan tinggi.

Hembusan atau hisapan angin dari fan condensor dan atau cooling fan membuang panas yang di hasilkan serta menurunkan tekanan refrigerant dan terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair.

Selanjutnya modulator yang juga terdapat filter drier didalamnya bertugas untuk memastikan bahwa yang keluar dari kondensor adalah refrigerant (freon ) cair, sebelum di kabutkan oleh expansi valve.
Jika kemampuan kondensor untuk mendinginkan atau membuang panas berkurang menyebabkan tekanan pada siklus refrigerant bertambah dan membebani mesin serta mengurangi kemampuan ac untuk mendinginkan kabin.

Penting untuk menjaga kondensor tetap bersih dari debu atau kotoran dan memastikan cooling fan bekerja dengan baik.

Moga manfaat..