Laman

Recent Posts

Selasa, 31 Januari 2012

Thermistor Cooler AC Mobil


Thermistor untuk ac mobil biasa juga di sebut dengan thermistor cooler, pada system ac mobil thermistor cooler ini yang berperan untuk meraba suhu di dalam rumah evaporator.Berfungsi untuk mengirim sinyal untuk memutus arus listrik ke magnetic clutch (kopling magnet) sebelum memutus arus listrik sinyal akan di olah dulu  oleh ac amplifier atau Engine Control Unit kemudian diteruskan untuk memutus kontak relay ac.
Thermistor asal katanya dari thermal resistor artinya resistor yang nilai nya berubah sesuai terjadinya perubahan suhu baik perubahan suhu disekitar atau perubahan suhu akibat mengalirnya arus listrik dalam thermistor.

Jenis thermistor yang banyak di gunakan untuk air conditioner (ac) adalah negatif temperatur coefisien  ( n.t.c )  dimana nilai tahanan thermistor akan turun jika suhu naik, dan sebaliknya nilai tahanan thermistor akan naik jika temperatur turun.
Dan tentu saja, baik AC amplifier atau Engine ECU tidak mendeteksi atau membaca perubahan nilai tahanan dari thermistor, tetapi perubahan tegangan yang terjadi akibat perubahan nilai tahanan dari thermistor dan atau resistor variable sebagai pengatur suhu ac.
Berubahnya nilai tahanan  pada titik A dan B karena perubahan temperatur, menyebabkan perubahan tegangan pada titik tersebut, jika ada arus listrik yang mengalir. Resistor variable dan thermistor cooler di susun secara seri seperti gambar di atas merupakan rangkaian pembagi tegangan.

Moga manfaat..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...