Laman

Recent Posts

Selasa, 31 Januari 2012

Manual Gps Tracker Berdasarkan Perintah Sms


Sebagai pengguna terakhir gps tracking atau gps tracker untuk kendaraan, tidak jarang hanya mendapatkan manual gps tracker atau gps tracking yang terbatas, sehingga kurang bisa memaksimalkan fitur yang di miliki oleh gps tracker yang di gunakan.

Manual gps tracking

Berikut beberapa jenis dari manual gps tracker yang bisa di download untuk memaksimalkan fungsi tracker yang Anda miliki. Download manual gps tracker tersebut di golongkan berdasarkan perintah sms yang di gunakan.

Manual gps tracker dengan format perintah pelacakan lewat sms W000000 dimana 000000 merupakan password default atau password standar.
1. Manual gps AVL VT-300
2. Manual gps AVL VT-310
3. Manual gps OCB-GT-06
4. Manual gps VT310BB

Manual gps tracker dengan format perintah pelacakan lewat sms 6660000 atau 6690000, 0000 adalah password default.
1. Manual gps TLT-1C
2. Manual gps TLT-2H

Manual gps tracker dengan format perintah pelacakan lewat sms 123456F, 123456 adalah password default.
1. Manual gps TL201
2. Manual gps VT 901

Semoga bermanfaat beberapa manual gps tracking di atas.

Udara Luar Masuk Kabin


Saat dalam kabin mobil, pernah mencium bau asap dari luar baik asap dari kendaraan di depan atau asap terbakarnya oli jika ada oli bocor dan terkena panas mesin.

Dalam Ac mobil terdapat aktuator yang memberi kita pilihan untuk menggunakan sirkulasi udara luar atau sirkulasi udara dalam kabin. Jika menggunakan pilihan sirkulasi udara luar maka udara  luar akan dihisap oleh blower masuk ke evaporator keluar lewat grill ac di dashboard.
Tidak semua jenis mobil memiliki aktuator untuk sirkulasi udara luar dengan mempertimbangankan ukuran kabin.

Terlalu sering menggunakan sirkulasi udara luar akan mempercepat evaporator atau filter evaporator kotor. Pemakaian sirkulasi udara luar terlalu lama bisa jadi salah satu penyebab ac kurang dingin.

Udara luar atau asap yang masuk kedalam kabin akan mengganggu dengan bau tidak enak, jika aktuator sudah dipilih untuk sirkulasi udara dalam kabin, tetapi asap masih tetap bisa masuk ada kemungkinan terdapat lubang tidak tertutup di antara ruang mesin dan kabin. Atau aktuator untuk sirkulasi udara luar tidak bisa menutup dengan baik.

Beberapa tempat atau lubang yang perlu diperiksa :
  • Lubang untuk jalur kabel dari ruang mesin ke kabin
  • Lubang untuk shaft steer
  • Lubang untuk pipa ac menuju evaporator atau pipa heater
  • Lubang untuk saluran buang air kondensasi

Semoga bermanfaat.

Mengenal Alternator


Charging system pada kendaraan memiliki tiga komponen utama antara lain battray atau aki, alternator serta regulator. Alternator berfungsi untuk mensuplai tegangan listrik ke aki serta komponen elektrikal pada kendaraan saat mesin hidup.

Out put alternator adalah arus searah atau direct current (DC), yang berasal dari generator arus listrik bolak balik (AC) dan di searahkan oleh dioda penyearah atau rectifier, sebelum di gunakan untuk konsumsi arus listrik kendaraan.

Cara kerja alternator mobil-Ketika mesin berputar dengan kecepatan putaran semakin tinggi, pada generator atau pembangkit tegangan terbentuk arus listrik bolak balik atau alternating current yang terus meningkat tegangan nya seiring putaran mesin, diperlukan regulator untuk membatasi tegangan sesuai yang di perlukan, dengan mengurangi suply arus listrik ke rotor koil untuk mengurangi gaya medan magnet yang terbentuk.

Pada dasarnya alternator memiliki beberapa terminal utama diantara nya terminal F, terminal N, terminal E ada juga yang tidak pakai terminal E karena terminal E sama dengan ground, serta terminal B+ dan Ground. Seiring dengan kebutuhan beban dan fitur kendaraan terminal alternator juga di sesuaikan dengan kebutuhan tersebut dan nama terminal yang biasa terdapat di terminal alternator konvensional juga berubah.

Fungsi dari terminal alternator konvensional:
  • Terminal F: Field coil untuk mensuplai arus listrik ke rotor koil, bagian alternator yang berputar untuk membentuk medan magnet utara dan selatan
  • Terminal N : Menghasilkan tegangan listrik bolak balik,untuk mematikan lampu charging atau tanda aki di instrument dashboard.
  • Terminal E : adalah ground
  • Terminal B+: Tersambung langsung ke aki setelah melewati sekring ALT untuk suply arus listrik langsung ke battray atau aki.
  • Ground     :Body alternator yang terhubung dengan mesin.

Sedangkan untuk alternator yang menggunakan IC Regulator beberapa terminal yang biasa di temukan:
  • Terminal B+ : Untuk suplai arus listrik ke battray
  • Terminal IG  : Untuk menghidupkan / turn ON regulator
  • Terminal S   : Untuk memonitor tegangan pengisian ke battray
  • Terminal L   : Untuk menghubungkan lampu charging ke ground sebelum alternator berputar dan memutus arus dari lampu charging setelah alternator berputar.
  • Ground       : Body alternator terhubung ke mesin.

Download memahami alternator "alternator understanding" untuk lebih memahami dan mengenalnya.
Password archive:ac-elektrik
tombol download
Semoga bermanfaat.

Video Cara Kerja VVT-i






Lampu Kabin Nyala Terus


Ada dua jenis lampu ruangan atau lampu kabin mobil pertama lampu ruangan yang dikontrol oleh saklar on/off, hidup dan matinya lampu ini di kendalikan oleh kita secara manual. Kedua lampu ruangan yang dikontrol oleh buka dan tutup pintu atau biasa di sebut lampu kontrol pintu.

Jika lampu kabin nyala terus beberapa hal yang perlu diperiksa lampu mana yang nyala apakah jenis pertama atau kedua, tetapi pada kebanyakan yang ditemui adalah jenis yang kedua dan di sebabkan switch atau saklar kontrol pintu terhubung terus atau rusak.

Selain ditandai lampu ruangan nyala terus, rusaknya saklar kontrol pintu atau door switch juga bisa dilihat lewat instrument cluster dashboard atau meter dashboard.
Switch kontrol pintu yang menggunakan saklar dengan type normal close artinya saklar menghubung ketika pintu terbuka dan menghubungkan lampu ruangan untuk kontrol pintu dengan ground. Ketika pintu di tutup dengan benar saklar kontrol pintu tidak menghubung dan lampu ruangan mati.
Berbicara kontrol pintu nyala terus jadi teringat ketika di jalan raya seringkali menemui pintu kendaraan tidak di tutup dengan benar, apakah pengendara terburu-buru sehingga pintu tidak tertutup dengan baik atau mungkin kontrol pintu tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak terlihat di instrument dashboard.

Yang jelas kewajiban moral kita untuk mengingatkan pengendara demi keselamatan,semoga bermanfaat.

Air Ac Masuk ke Kabin


Peristiwa kondensasi di permukaan evaporator menghasilkan air dan air akan menggenangi rumah evaporator, jika drain hose atau saluran buang air kondensasi buntu atau tersumbat, dengan ditandai air tidak terlihat menetes saat ac mobil hidup, dengan kata lain air akan terlihat menetes di bawah mobil kalau drain hose tidak tersumbat.

Akibatnya permukaan luar rumah evaporator mengeluarkan embun yang berlebihan dan terkumpul menjadi titik air yang menetes dan membasahi karpet mobil.
Kalau rumah evap terdapat lubang atau celah, saat saluran buang air kondensasi buntu air yang menggenang akan langsung menetes dan air masuk ke dalam kabin terlihat di bawah dashbard.

Beberapa penyebab tersumbat saluran buang air kondensasi:
  • Masuk tikus dan memakan busa yang ada di dumper sirkulasi udara luar, potongan busa dihisap blower, masuk ke evap,jika ac mobil tidak di lengkapi filter evap, atau
  • Kotoran atau daun kering terhisap blower
  • Evaporator kotor dan sering terbentuk lendir atau semacam gel tidak bisa cair dan menyumbat saluran buang jika jatuh dan tidak menempel di evap.
Apa yang perlu di lakukan jika saluran buang air kondensasi tersumbat? Bisa di lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel service ac mobil. Periksa saluran buang seperti gambar dibawah, jika tersumbat, saat hidupkan blower ac tidak terasa hembusan angin dari slang.
Ambil lidi atau benda lentur jangan pakai kawat atau semacamnya kemudian masukan dari luar slang saluran buang, kalau saluran buang pendek seperti gambar di bawah,lokasi saluran buang berada di ruang mesin posisi dekat dengan evaporator dan air bersama kotoran akan keluar, lebih baik lagi dibantu dengan hidupkan blower, setel kecepatan maksimal agar membantu mendorong kotoran keluar atau menggunakan kompressor angin bertekanan untuk mendorong kotoran yang menyumbat.
Jika saluran buang panjang seperti gambar di bawah, bisa di lakukan dengan angin bertekanan atau melepas slang dari rumah evaporator.
Dengan melepas slang saluran buang dari rumah evaporator akan membuat air yang terkumpul di rumah evap jatuh ke karpet dan membuat basah, karena kalau saluran buang buntu atau tersumbat, bisa lebih satu liter air hasil kondensasi terkumpul. Tetapi kalau di lakukan dengan hati-hati dibuatkan tempat untuk menampung air agar tidak membasahi karpet, akan lebih baik.
Saluran buang tersumbat bisa menjadi penyebab ac kurang atau tidak dingin, silakan lihat juga sebab-sebab ac mobil tidak dingin.

Semoga bermanfaat dan silakan dibagi artikel ini ke sahabat, terima kasih.

Modifikasi On-road : SUZUKI VITARA 1993, Pacar Kedua


Mulanya Yudi Risandi jatuh cinta pada Suzuki Vitara 2 pintu yang didapatkannya secara mudah. “Rasanya seperti mimpi memiliki Vitara 2 pintu dengan gampang,” kenang Yudi. Tapi apa daya karena keadaan tertentu Suzuki Vitara tersebut terpaksa harus dilepas ke orang lain. Yudi berharap nantinya ia bisa semudah mendapatkan Vitara 2 pintu seperti miliknya yang pertama ketika keadaan mengijinkan kembali.

Ternyata nasib berkata lain. Pencarian Vitara 2 pintu susah sekali. Ketika dalam proses pencarian Yudi malah berjumpa dengan Suzuki Vitara JLX 4 pintu. Lama-lama dipandangi akhirnya dibeli juga. “Sebenarnya nyesel juga dulu jual Vitara 2 pintu. Ternyata barangnya susah dicari. Pantas saja orang Bandung mau datang jauh-jauh ke Medan dan membeli Vitaraku,” sesalnya.

Namun ternyata penyesalan itu hanya sebentar. Setelah Vitara JLX jadi penghuni garasi rumah toh akhirnya Yudi jadi tertarik juga. Bahkan Vitara JLX pun dipermak agar tampil berbeda. Modifikasi yang dilakukannya memang tidak ekstrem karena toh, Vitara JLX-nya hanya untuk wara-wiri ke kampus. Kalau toh off-road cari trek yang ringan saja. Hehehehe..
    Gimana “pacar” keduanya? Oke juga kan?

Bumper

Bumper ARB khusus Vitara ini tak hanya untuk mencirikan kendaraan siap tempur di trek off-road tapi juga untuk dudukan peranti recovery Warn M9000. 

Ban 
 
Ban Maxxis Trepador 30x9,5x15 membalut pelek Avantek 7.5”. Ukuran sengaja dipilih tidak besar karena mengejar efisiensi mobil. Maklum Vitara JLX ini lebih banyak digunakan menyusuri aspal jalan.

Mesin   

Mesin Vitara JLX berkode G16B 16 Valve bawaan pabrik dibiarkan menjadi penghuni kompartemen mesin. Tidak perlu diotak-atik karena dipercaya tenaga masih mumpuni untuk berbagai kebutuhan. Untuk jalan-jalan ataupun off-road ringan.

Kaki-kaki   

Semua kaki-kaki semua masih mempertahankan aslinya. Penggantian hanya dilakukan pada sokbreker asli ditukar dengan sokbreker Old Man Emu agar bantingan lebih mantap dari standarnya serta lebih siap saat diajak offroad

Kap mesin   

Agar tampang Vitara terlihat manis di ujung kap mesin ditambahkan deflekta bikinan TJM Australia. Peranti ini selain untuk penampilan juga berfungsi menjaga agar serangga tiak menabrak kaca depan.

Interior   

Interior masih mempertahankan aslinya. Mulai dari dasbor, doortrim hingga jok sudah dilapis ulang dengan bahan semi kulit.

Pintu Belakang

Air controler asli punya Vitara menempel pada pintu belakang, selain penambah manis juga berfungsi mengurangi debu pada kaca belakang saat perjalanan jauh.

Spesifikasi Teknis:
 Mesin 
  G16B 4 inline 16 Valve 
 Girboks   5 Speed Manual OEM Vitara JLX
 Transfercase   2 Percepatan (high-low)
 Gardan    OEM Vitara JLX
 Per  Honda Accord (depan), Mercy (belakang)
 Sokbreker  Old Man Emu (depan/belakang)
 Ban   Maxxis Trepador 30 x 9.5 x 15
 Pelek   Avantek 7.5 x 15
 Winch     Warn M9000
 Bumper     Custom
 Deflekta  TJM
 Bengkel  Jeep Jambore

Lampu HandRem Nyala Terus


Handrem atau biasa kita sebut rem tangan di mobil berfungsi untuk melakukan pengereman saat parkir.

Hand rem di lengkapi indikator di dashboard, indikator didashboard untuk mengingatkan apakah sudah lepas hand rem atau belum.

Lampu handrem masih menyala artinya handrem belum terlepas, tetapi jika lampu hand rem masih nyala tetapi rem tangan sudah di bebaskan, perlu di cari penyebabnya.

Sebelum mencari tempat yang susah, kita cari dulu tempat yang mudah. Indikator hand rem di dashboard di kontrol oleh dua saklar:
  • Saklar hand rem
  • Saklar indikator minyak rem
Tentu saja cara yang mudah lebih dulu dengan periksa ketinggian minyak rem, biasa terjadi jika lampu hand rem nyala terus karena posisi minyak rem sudah di bawah lower.

Minyak rem sudah di bawah lower apakah ada kebocoran sehingga minyak rem menyusut? kemungkinan bisa tetapi jika ada bocor rem akan blong saat di lakukan pengereman.

Tetapi menyusut minyak rem disini artinya brake pad sudah tipis dan perlu di ganti. Kalau di ganti brake pad dengan yang baru minyak rem akan kembali naik dan lampu indikator mati saat lepas hand rem.

Sedangkan switch hand rem "lihat gambar pertama diatas" jarang terjadi kerusakan.

Semoga bermanfaat, silakan bagi artikel ini ke sahabat.

Periksa Kendaraan Sebelum Jalan


Sebelum mengendarai mobil  ada beberapa hal yang perlu di periksa agar di tengah perjalanan tidak menghadapi kendala, mobil macet dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa di lakukan untuk cek mobil sebelum menghidupkan mesin untuk mencegah hal-hal tidak di inginkan saat berkendara:
  • Periksa tekanan semua ban, termasuk ban serep serta perlengkapan untuk ganti ban berada di tempatnya
  • Periksa jumlah oli bisa di lihat di stik oli jika kurang perlu di tambah, jika kurang oli terlalu banyak mungkin di garis low stik oli, perlu bawa ke bengkel servis mobil untuk diperbaiki kebocorannya
  • Periksa jumlah air pendingin radiator dengan buka tutup radiator kalau air radiator cukup jangan lupa tutup kembali dengan baik agar tidak lepas saat berkendara atau periksa melalui reservoir ketinggian air cadangan radiator.
  • Periksa oli power steering untuk mobil yang menggunakan power steering.
  • Periksa jumlah air aki , air aki bisa dilihat dari samping body aki.
  • Perlu juga untuk periksa nyala lampu-lampu terutama head lamp, lampu rem, lampu atret, lampu tanda belok atau hazard.
  • Periksa ketinggian minyak rem
  • Periksa jumlah air wiper di tabung
Setelah semua di periksa, sekarang bisa hidupkan mesin untuk periksa pengisian aki bisa lihat di cara sederhana cek charging mobil.

Beberapa hal di atas akan mengurangi gangguan teknis saat berkendara karena jika terdapat kelainan akan bisa dideteksi lebih awal.

Dan ada hal yang lebih penting pastikan kondisi badan fit, tidak ngantuk dan sebagainya untuk keselamatan diri sendiri dan pemakai jalan lain.

Semoga bermanfaat.

Busi di Ganti Laser


Selama lebih dari 150 tahun, busi di pakai untuk pembakar campuran bahan bakar dan udara di mesin. Mungkin satu langkah lebih dekat untuk  menggantikan teknologi lama busi dengan igniters atau pengapian laser, yang akan memungkinkan kendaraan bersih, lebih efisien, dan lebih ekonomis.
Bahan busi sistem laser terbuat dari keramik dan bisa diproduksi murah dalam volume besar, menurut salah satu penulis presentasi, Takunori Taira dari Jepang Institut Nasional Ilmu Pengetahuan Alam.

Perbedaan busi laser dan busi biasa:
  • Busi biasa :menghasilkan percikan bunga api di antara dua elektroda busi dan mengikis permukaan elektroda. Kecepatan bunga api listrik busi biasa dalam hitungan milidetik dan membakar campuran bahan bakar yang dekat dengan elektroda terlebih dulu kemudian api menyebar.
  • Busi laser :selain bisa meningkatkan efisiensi dengan kecepatan rambat nanodetik, sanggup langsung membakar campuran bahan bakar di tengah-tengah campuran dan tidak menggunakan elektroda.
Meskipun sepertinya system laser ini sangat menjanjikan, tetapi belum di terapkan dan di pakai untuk kendaraan.

Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.cleoconference.org

Filter Kabin dan Cara Buka Filter Ac


Filter kabin biasa juga di sebut filter evap atau filter ac dan berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu yang di hisap oleh blower ac untuk sirkulasi udara ac (air conditioner) di dalam kabin.
Filter evap biasa terletak di saluran udara masuk sebelum blower, karena berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dalam jangka waktu tertentu filter evap akan kotor dan penuh dengan debu, sehingga menghalangi aliran udara yang di hisap blower dan bisa di rasakan dengan hembusan angin yang keluar dari grill ac kecepatan berkurang dan menyebabkan ac kurang dingin, hal yang sama seperti jika evaporator kotor.

Berikut adalah salah satu contoh  cara buka filter dan letak filter ac untuk periksa kondisi dan mengganti filter ac atau filter kabin innova..
Gambar diatas cara untuk membuka laci dashboard sebelah kiri, setelah terbuka akan terlihat rumah evaporator seperti gambar di bawah.
Tanda panah gambar di atas untuk membuka tutup filter evap, tekan mengikuti arah panah untuk melepas tutup, setelah terbuka filter evap bisa di ambil untuk di ganti atau di bersihkan dengan angin kompressor.

Semoga bermanfaat, silakan bagi artikel ke sahabat.

Saat Berhenti Ac Dingin Saat Jalan Ac Panas


Judul sedikit aneh dan mungkin kurang bisa di terima oleh analisa, kenapa? Karena pada kebanyakan permasalahan ac mobil adalah sebaliknya yaitu "saat berhenti ac panas saat mobil jalan ac dingin".

Saat berhenti ac mobil panas tetapi saat jalan ac mobil dingin disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
  • Kondensor kotor sehingga pendinginan kondensor kurang saat mobil berhenti lihat posting prinsip kerja kondensor ac.
  • Kemampuan kompressor untuk memompa freon sudah tidak maksimal biasanya dibarengi bunyi kompressor kasar, sehingga hanya saat putaran mesin tinggi kompressor bisa bekerja dengan baik.
Kembali ke judul posting, ketika di beritahu keluhan ac, kenapa tidak dingin ? Pemilik menjelaskan setiap berhenti mobil sambil hidupkan ac, ac mobil dingin tetapi ketika dipakai jalan, hilang hawa dingin dari grill ac di dashboard. Harus matikan dulu ac mobil dan hidupkan lagi, setelah itu ac normal kembali.

Setelah mengikuti yang di beritahukan pemilik mobil, memang ternyata benar ac mobil saat dalam kondisi mobil diam ditempat ac dingin, tetapi saat di pakai jalan sehabis diam hilang hawa dingin dari grill ac.

Sambil perhatikan dengan seksama di bantu kemampuan analisa bisa diambil kesimpulan bahwa saat di pakai jalan sehabis berhenti on dan off kompressor terlalu cepat kurang dari 6 detik, lebih cepat daripada saat mobil kondisi berhenti. Masalahnya sudah jelas, thermistor cooler terlalu cepat memberi sinyal cut off kompressor ac.
Akhirnya apa yang dilakukan? setelah periksa semua sistem pendukung ac diperiksa bekerja dengan baik, termasuk jumlah freon cukup, kenapa jumlah freon ada hubungan nya ya dengan on/off kompressor?

Ya memang ada hubungan antara jumlah freon dengan kecepatan dari on/off kompressor, kompressor akan lebih cepat on /off kalau isi freon sekitar 80% dari kapasitas maksimal dalam satu mobil dan punya hubungan istimewa dengan thermistor cooler atau peraba suhu di evaporator, mungkin yang ini akan di bahas di posting terpisah.

Setelah diketahui  masalahnya sudah jelas yaitu thermistor cooler terlalu cepat memberi sinyal cut off ke kompressor ac, lihat posting modifikasi thermistor cooler ac mobil dan akhirnya di lakukan cara yang sama, tetapi dengan ukuran atau nilai resistor yang berbeda dan hasilnya ac mobil normal kembali.

Perlu di ingat siapa yang melakukan pengukuran dengan kesadaran penuh dan pengetahuan akan terhindar dari kecelakaan.

Demikian posting seperti uraian cerita ini semoga bisa di ambil manfaat nya.

Thermistor Cooler AC Mobil


Thermistor untuk ac mobil biasa juga di sebut dengan thermistor cooler, pada system ac mobil thermistor cooler ini yang berperan untuk meraba suhu di dalam rumah evaporator.Berfungsi untuk mengirim sinyal untuk memutus arus listrik ke magnetic clutch (kopling magnet) sebelum memutus arus listrik sinyal akan di olah dulu  oleh ac amplifier atau Engine Control Unit kemudian diteruskan untuk memutus kontak relay ac.
Thermistor asal katanya dari thermal resistor artinya resistor yang nilai nya berubah sesuai terjadinya perubahan suhu baik perubahan suhu disekitar atau perubahan suhu akibat mengalirnya arus listrik dalam thermistor.

Jenis thermistor yang banyak di gunakan untuk air conditioner (ac) adalah negatif temperatur coefisien  ( n.t.c )  dimana nilai tahanan thermistor akan turun jika suhu naik, dan sebaliknya nilai tahanan thermistor akan naik jika temperatur turun.
Dan tentu saja, baik AC amplifier atau Engine ECU tidak mendeteksi atau membaca perubahan nilai tahanan dari thermistor, tetapi perubahan tegangan yang terjadi akibat perubahan nilai tahanan dari thermistor dan atau resistor variable sebagai pengatur suhu ac.
Berubahnya nilai tahanan  pada titik A dan B karena perubahan temperatur, menyebabkan perubahan tegangan pada titik tersebut, jika ada arus listrik yang mengalir. Resistor variable dan thermistor cooler di susun secara seri seperti gambar di atas merupakan rangkaian pembagi tegangan.

Moga manfaat..

Modifikasi Thermistor Cooler Ac Avanza


Odometer menunjukan hampir tercapai 200 ribu kilometer jarak yang di tempuh oleh mobil avanza, terdapat keluhan ac kurang dingin kalau siang hari terik.

Setelah diperiksa pendukung system ac yang lain bekerja dengan baik antara lain:
  •  air flow hembusan blower masih kencang ketika di cek dengan anemometer
  • putaran motor cooling fan radiator juga masih kencang
  •  kondensor dan radiator terlihat bersih
  •  tekanan freon normal terlihat di manipol gauge dan sight glass
  •  cut off kompressor ac terlihat normal, artinya kompressor mau off dan on pada setelan temperatur  maksimal.
  • riben kaca juga sama dengan mobil yang lain

Masih kurang yakin dengan jumlah freon, akhirnya di recover dengan mesin AC R3 jumlah freon yang berhasil di recover menunjukan jumlah yang cukup yaitu 550 gram.

Setelah dilanjutkan sampai proses isi ulang dengan freon yang baru, hidupkan ac mobil, dari grill ac di dashboard angin dingin keluar, cut off kompressor ac pada setelan temperatur maksimal juga terjadi, setelah  diperhatikan dengan seksama terasa tempo yang terlalu cepat dari waktu cut off kompressor, ketika di cek temperatur  dengan termometer cut off terjadi pada suhu 10,4 derajat celsius. Ini rupanya inti masalahnya.

Terus bagaimana mengatur temperatur cut off kompressor, membungkus thermistor cooler atau mengatur posisi thermistor cooler di rumah evap? semuanya tidak membantu.

Langsung saja perhatikan rangkaian di bawah, untuk modifikasi termistor cooler. Karena ketika di ganti thermistor cooler dengan di pinjamkan dari mobil avanza lain, hasilnya sama, temperatur cut off kompressor tidak berubah. Pengatur suhu ac terhubung secara seri dengan thermistor cooler yang berupa ntc (negatif temperatur coefisien atau resistor yang berubah nilainya karena perubahan suhu).
Untuk bisa mendapatkan nilai yang tepat dan temperatur cut off yang di inginkan bisa dicoba menggunakan variable resistor (resistor yang nilai tahanan-nya bisa dirubah ) pada resistor tambahan, kemudian cari berapa nilai tahanan yang tepat sesuai suhu cut off yang di inginkan. Contoh yang sudah dipakai seperti gambar diatas menggunakan tahanan dengan nilai 20 kilo ohm. Pengarunya setelah terpasang tahanan, suhu cut off yang semula 10,4 derajat celsius berubah menjadi kisaran 6 derajat celsius detail silakan lihat video di bawah.

Suhu cut off kompressor berada di kisaran 6 derajat celsius sampai 7,6 derajat celsius sudah cukup., tetapi 8 derajat celsius ke atas pada suhu cut off akan terasa kurang dingin. Cara mengukur suhu cut off bisa lihat di posting sebelumnya sebab-sebab ac mobil tidak dingin

Pada pengaturan suhu maksimal pada panel AC terukur nilai tahanan pada resistor variable nya adalah 0 (nol) ohm atau bisa di bilang tidak memiliki tahanan. Gambar bawah adalah variable resistor dengan saklar yang berfungsi untuk mengatur suhu ac avanza.
Gambar di bawah adalah lokasi thermistor cooler ac avanza, posisi berada di belakang laci dashboard sebelah kiri.
Lebih jelasnya silakan lihat video di bawah ini, bandingkan perbedaan suhu antara sebelum dilepas resistor tambahan dengan sesudahnya.


Jika artikel ini bermanfaat silakan di bagi .....Moga manfaat....

Satu Bobin Dua Busi


Gambar di bawah adalah salah satu sistem pengapian pada mobil dan merupakan pengapian konvensional yang menggunakan distributor untuk mendistribusikan tegangan tinggi dari koil menuju ke masing-masing busi.
cara kerja pengapian konvensional
Mesin mobil dengan pengapian tanpa distributor artinya untuk mendistribusikan listrik tegangan tinggi ke masing-masing busi tidak lagi menggunakan distributor, tetapi pengapian secara langsung yang biasa di sebut DIS (Direct Ignition System).

Terdapat dua model pengapian seperti terlihat gambar di bawah, pada type pertama masing-masing busi dilayani oleh satu bobin atau koil dan igniter. Type kedua untuk satu bobin melayani dua busi.
Pada type pertama sudah jelas saat terjadi pengapian pada masing-masing busi pada akhir langkah kompresi. Sedangkan pada type kedua terdapat empat busi dan dua busi mengeluarkan bunga api secara bersamaan, artinya terjadi pengapian di dua silinder secara bersamaan pada mesin empat silinder, bingung??

Pengapian terjadi bersamaan seperti terlihat gambar di bawah tetapi pada akhir langkah yang berbeda silinder yang satu pada akhir langkah kompresi dan silinder satunya terjadi pada akhir langkah buang, yang boleh kita sebut sebagai sistem pengapian satu koil dua silinder.
Pengapian mobil satu koil untuk dua busi
Gambar di bawah adalah salah satu koil atau bobin untuk pengapian mobil tanpa menggunakan distributor.
koil blazer
Untuk lebih mudah memahami, ambil contoh mesin sepeda motor empat langkah, kadang-kadang terjadi ledakan di knalpot di sebabkan pembakaran tidak sempurna atau bahan bakar tidak terbakar semua saat akhir langkah kompresi dan terbakar oleh percikan api busi saat akhir langkah buang akhirnya terdengar ledakan keras di knalpot.

Semoga bermanfaat.

Cara Mengetahui Elektrikal Blower Belakang Ac Mobil


Ketika dari grill ac yang ada di atas kabin tidak mengeluarkan hembusan angin, sementara di kabin bagian belakang penuh dengan sound system seperti terlihat gambar di bawah,sound system memenuhi ruang kabin bagian belakang, sudah terbayang harus membongkar sound system tersebut, karena posisi blower untuk innova 2.0E berada di belakang kanan, di samping dek.
Berikut cara mengetahui apakah ada sirkuit elektrikal blower belakang ada yang putus sehingga angin tidak keluar dari grill ac diatap kabin.

1.Buka saklar blower belakang akan terlihat seperti gambar berikut.
2.Buka soket seperti gambar di bawah
3.Gunakan Avo meter untuk mengukur voltase pada pin kontrol relay ac dengan ground, sebelum di jamper seperti gambar di atas, saat kunci kontak pada posisi on, harus terukur tegangan sebesar 12 volt-13,8 volt. Tegangan berasal dari kaki 86 relay ac untuk menghubungkan kontak relay setelah terhubung dengan ground.

4.Ambil kabel untuk menghubungkan pin kontrol relay ac dengan ground seperti gambar diatas setelah itu ukur tegangan pada masing-masing pin, baik low speed blower, medium speed blower dan high speed blower. Kalau tidak ada sirkuit elektrikal blower belakang yang putus pada masing-masing pin akan terbaca adanya tegangan.

5.Jika sudah di jamper seperti gambar di atas, tidak ada terbaca tegangan pada pin low,medium,high speed blower ada kemungkinan komponen rusak antara lain berturut turut, kontak relay, motor blower atau resistor blower.

Moga manfaat dan mudah di pahami.

Blower Belakang Ac Innova 2.0E Tidak Berfungsi


Innova 2.0E blower Ac belakang tidak bekerja,angin tidak keluar dari grill ac di atap kabin. sedangkan angin  dari grill ac di dashboard normal. Perlu sedikit extra untuk membongkar dan memperbaiki kerusakan yang terjadi, karena kabin belakang yang penuh dengan audio system. Penyebab diketahui dari system elektrikal di blower bagian belakang setelah di cek tegangan yang ada di saklar blower tidak ada, yang ada hanya tegangan untuk mengontrol relay untuk suply arus listrik ke blower. Lihat postingan sebelumnya cek elektrikal blower.

Setelah semua perangkat sound system sudah turun, saat nya untuk mencari permasalahan yang menjadi penyebab kenapa blower tidak berputar apakah motor blower, kontak relay ac atau resistor blower.
Dari kontak relay pin 87 terdapat output tegangan 12 volt menuju blower, sementara itu dari pin satunya dari motor blower tidak menunjukan adanya tegangan, akhirnya buka blower dan ukur menggunakan ohm meter 1x untuk mengukur tahanan apakah karbon brush habis atau komutator sudah aus.Ternyata benar dari hasil pengukuran ohm meter dari avo meter jarum tidak bergerak, yang artinya ada yang putus.
Setelah diketahui motor blower rusak untuk mengatasi masalah yang ada bisa di ganti dengan blower baru, tapi sebelum ganti blower baru perlu untuk mengetahui bagian komponen motor blower yang rusak.

Tiba saatnya untuk mengetahui secara fisik komponen motor blower yang bermasalah,berikut gambar-gambarnya.
Setelah berhasil di buka ternyata kondisi carbon brush masih panjang, komutator juga masih tebal, setelah diperiksa lebih teliti permukaan tempat bersentuhan carbon brush dan komutator terlihat kasar, yang menjadi penyebab tidak terhubung dengan baik.
Setelah kedua permukaan baik carbon brush atau komutator di ratakan atau dihaluskan permukaan yang kasar, serta diberikan sedikit pelumasan pada bushing atau bearing kemudian di pasang dan ukur menggunakan ohm meter hubungan terlihat baik.
Setelah komponen motor blower kembali dirangkai dan cek putaran normal kini saatnya untuk di pasang pada rumah blower. Coba hidupkan ac dan fungsi ac normal kembali.

Melihat kondisi motor blower seperti gambaran diatas perlu tidak mengganti dengan yang baru? semua terserah pada anda pemilik mobil.

Moga manfaat....
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...