Laman

Minggu, 03 Juli 2011

20 Hal Mempertahankan Performa Dan Tampilan Mobil (Bag.2-Habis)


JAKARTA - 11.Anti-Karat
Khususnya buat mobil yang sudah berumur, anti-karat cukup manjur untuk mencegah pengeroposan bodi maupun sasis. "Pelapisan mulai bagian kolong termasuk sepatbor serta panel pintu, dilakukan dengan beberapa tahapan supaya hasilnya maksimal," kata Richard dari Sleek Detailing di Bintaro Jaya sektor 9, Tangerang Selatan.

12.Jamur Bodi
Efek samping jika tidak tuntas mengeringkan permukaan bodi mobil sehabis dicuci, akan muncul bercak bekas lelehan air yang akan memicu terjadinya jamur. Cukup dibersihkan pakai obat penghilang jamur (stain removal), dengan menggosokkan pada bagian permukaan yang kedapatan berjamur hingga bersih.

13.Luka Atau Goresan Bodi
Kondisi lalulintas yang super padat seperti di Jakarta, riskan membuat kendaraan lain saling bersenggolan. Luka atau goresan di bodi akibat terserempet stang motor atau ranting pohon, jika dibiarkan bisa membuat tampilan eksterior kurang sedap dipandang.

"Kalau goresannya masih tergolong tipis bisa dinetralkan pakai kompon. Tapi kalau lukanya dalam, mesti dicat ulang," jelas Richard dari Sleek Detailing.

14.Poles Bodi
Mempertahankan kemilau eksterior agar tetap kinclong, cukup rutin memoles sekujur bodi mobil pakai wax khusus. Supaya tidak mengikis lapisan pernis cat, jangan menggosok dengan tekanan berlebih, cukup diratakan kemudian dibersihkan pakai lap bersih.

15.Jamur kaca
Jamur kaca muncul juga lantaran bercak air yang dibiarkan mengering. Efeknya sangat terasa di malam hari dalam kondisi hujan lebat, yang membuat pandangan sedikit kabur (blur). Cara menghilangkannya serupa dengan perlakuan pada bodi mobil, pakai larutan pembersih jamur yang digosokkan di bagian yang berjamur.

16.Mika Lampu
Pada mobil-mobil dengan jam terbang cukup tinggi, kondisi mika lampu kerap terlihat agak buram. Mengatasinya tak perlu harus ganti baru, cukup dengan merekondisi ke spesialis perbaikan mika lampu. Namun perlu diperhatikan saat pemasangan kembali, jangan sampai terdapat celah yang memungkinkan air dan udara masuk, karena bisa menimbulkan embun di dalam mika lampu.

17.Kaca Film
Perawatan kaca film sebenarnya tidak ada perlakuan khusus. Namun jika kedapatan bercak jari tangan atau noda kotoran di kaca mobil bagian dalam, bisa langsung dibersihkan pakai tissue untuk muka yang ada di mobil.

"Jangan pakai kain biasa atau kanebo, karena masih mungkin terdapat debu tipis yang bisa bikin permukaan kaca film tergores meski goresannya sangat tipis," jelas Judi dari Nathan Motor di pusat onderdil Dutamas, Fatmawati, Jaksel.

18.Plafon
Urusan membersihkan interior, bagian plafon mesti dirawat kebersihannya secara baik. Meski terlihat bersih, namun tiap kali buka-tutup pintu mobil, debu yang masuk ke kabin pasti akan hinggap ke bagian atap. Cara membersihkannya hanya perlu air bersih, kain lap, sikat kecil dan sabun pembersih khusus interior.

19.Dasbor Dan Panel Plastik
Sebagian pemilik mobil kerap menginginkan tampilan dasbor mobilnya bisa terlihat mengilap. Sebaiknya hal ini jangan diteruskan, mengingat bahan pengilap dasbor atau panel plastik lainnya di kabin, mengandung unsur minyak yang memudahkan debu dan kotoran mudah nempel. Selain itu, semir dasbor riskan memicu timbulnya bercak pada permukaannya.

20.Pewangi Kabin
Idealnya tidak menggunakan pewangi kabin secara berlebihan. Sebab selain mengandung campuran alkohol yang kurang menyehatkan jika sering terhirup, bau yang dikeluarkannya akan menempel ke seluruh bagian interior. Jika tercampur dengan bau lain yang menyengat, justru malah menimbulkan aroma kurang sedap.