Laman

Minggu, 03 Juli 2011

Kuras Tangki, Cegah Fuel Pump Jebol


JAKARTA - Namanya bahan bakar, tentu menjadi sumber pembakaran di dalam mesin. Kalau kualitasnya jelek, tentu performa tunggangan pun pasti menurun, bahkan berhenti bekerja. Nah, penampung bahan bakar alias bensin ini di dalam tangki. Kondisi penampung bensin ini, harus tetap bersih dan terbebas dari bahan-bahan yang membuat komponen penyalur bahan bakar, seperti filter bensin dan pompa bensin bisa awet.

Endapan
"Saya merasa tarikan mesin menjadi lebih baik setelah tangki dibersihkan," tutur Chairul Murya Poetra, pengguna Toyota Avanza. Ketika itu ia mengikuti gelaran kuras tangki bersama klubnya di kawasan Karawang. "Saat itu disinyalir kualitas bensin Premium sedang jelek dan mengganggu kerja fuel pump," tukasnya.

Memang ketika kualitas bahan bakar Premium yang jelek saat itu, tak sedikit mobil yang rusak pompa bensinnya, nah sebelum terserang kerusakan lebih parah, gelaran kuras tangki bersama dilakukan, seperti diungkapkan Sekretaris Umum AXIC itu. "Bahkan Ketum (Ketua Umum) kami saja rusak fuel pumpnya di Bandung," jelasnya.

Bagian dalam tangki harus bebas endapan(kiri). Kuras tangki, tak sampai satu jam kerja(kanan).
Terlepas kualitas bensin yang jelek, hal baik yang diraih oleh kuras tangki cukup banyak. "Bisa membersihkan endapan di dalam tangki, utamanya memeriksa filter yang ada di dalam tangki," urai Hartanto, ahli kuras tangki dari bengkel Karya Jaya di kawasan Palmerah, Jakpus.

"Biasanya filter bensin di luar tangki saja yang diganti atau dibersihkan, padahal yang di dalam tangki, filter yang terdekat dengan pompa, bisa lebih cepat kotor," katanya.

Filter bensin didalam tangki, lebih dekat dengan pompa
Hal penyebab endapan di tangki bisa bermacam-macam. "Kalau soal kualitas bahan bakar jelek, saya kurang paham. Tetapi, kalau kerak yang ditimbulkan karena mobil jarang dipakai, jelas membuat endapan," ujarnya.

Karena itu tangki harus dikuras serta filter yang melekat pada pompa bensin pun dibersihkan. Kalau perlu diganti baru.