Laman

Minggu, 03 Juli 2011

Tips Ala Komunitas, Cara Aman Tampil Gaya


JAKARTA - Honda CR-V terbilang mudah jika ingin tampil beda. “Cukup ganti velg dengan diameter yang lebih besar, bisa bikin tampang CR-V jadi lebih gagah,” buka R. Ayu Larasati, ketua CR-V Club Indonesia.

“Ruang fender lega dengan ukuran PCD 5/114,3 tentu menjadi hal mudah untuk menentukan pilihan velg,” lanjutnya. Spesifikasi velg standar CR-V adalah 17 inci dengan profil ban 225/65R17, maka untuk menentukan ubahan yang sesuai bisa dengan beberapa alternatif ukuran.

Bagi yang ingin ganti velg tapi masih bisa mengakomodasi kenyamanan, maka aplikasi velg ukuran 19 inci bisa jadi pilihan. Spesifikasinya 19x7,5 inci atau 19x8 inci dengan offset antara 45 mm hingga 40 mm. Untuk ban, gunakan ukuran 245/45R19. Bisa juga pasang velg berdiameter 20 inci ukuran 20x8,5 inci dengan offset 50 mm.

Sedangkan bannya bisa pakai 265/45R20. “Dengan penggantian velg ukuran 19 atau 20 inci, kenyamanan tidak jauh berkurang. Justru kelebihannya, mobil semakin stabil bermanuver,” ujar sang ketua. Selain itu, roda juga masih aman menggelinding dalam ruang fender.

Selain ukuran, tersedianya berbagai macam model dan konstruksi velg tentu menjadi keuntungan bagi pemilik CR-V. Namun tidak semua velg berdiameter besar cocok dipasang pada CR-V. Hindari penggunaan velg berdesain jari-jari atau palang tipis.

Hal ini memberi efek CR-V terlihat kurus dan kurang proporsional. Sebaiknya pilih velg dengan palang kekar, sehingga karakter SUV kian kental.