Laman

Minggu, 03 Juli 2011

Cek Mobil Harian, Cegah Kendala Di Jalan raya (Bag.1)


JAKARTA - Pengecekan secara berkala, mutlak dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi kendaraan. Nah intensitas pemakaian mobil, tentunya mesti dibarengi dengan pengecekan rutin dimulai dari harian, mingguan, bulanan hingga tahunan.

“Dengan disiplin melakukan pengecekan akan berimbas juga pada aspek safety driving yang terkait kenyamanan berkendara,” jelas Asep Sugiyanto, service manager dealer Mazda di Jl. Suryopranoto, No. 77-79, Jakpus.

Terdapat beberapa bagian yang harus dicek sesuai dengan intesitas pemakaian harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. “Lakukan scanning secara rutin, pastikan beberapa bagian berfungsi dengan baik dan benar,” saran Agung Sri Hartomo, service advisor dealer Mazda Suryopranoto.

Pengecekan berkala termasuk bagian terpenting dan seharusnya telah menjadi kebiasaan pemilik mobil. “Pengecekan berkala sangat penting karena komponen mesin selalu bergesek dan membutuhkan pelumasan. Begitupun untuk komponen fast moving, yang rutin harus diganti ketika usia pakainya habis. Tak ketinggalan bagian interior dan eksterior, yang mesti dirawat agar awet dan tampilannya selalu terjaga,” urai Boediarto, staff department service PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor, Jakarta.


Cek semua cairan yang ada di komponen pendukung, mulai dari air radiator, oli dan lainnya
Nah dengan melakukan pengecekan teratur maka upaya untuk mengeliminasi risiko kecelakaan akibat tidak berfungsi komponen mobil sudah dilakukan. Alhasil berkendara akan lebih aman dan nyaman. Berikut ini beberapa poin pengecekan yang sebaiknya dilakukan.

Harian

Bisa dilakukan setiap pagi saat hendak berangkat beraktivitas. Lakukan sambil memanaskan mesin mobil.

- Periksa fungsi dan kondisi kedua kaca spion. Pastikan pandangan ke belakang tidak terganggu.

- Periksa fungsi lampu utama, lampu rem dan lampu sein. Jika ada yang mati atau rusak segera perbaiki atau ganti baru.

- Perhatikan apakah terdapat error indicator pada panel dashboard yang menyala. Biasanya saat kontak diputar dan mesin menyala, lampu indicator akan padam jika kondisi normal. Namun sebaliknya jika menyala terus tandanya ada masalah pada bagian tersebut.

- Cek kebersihan interior misalnya jok, trim pintu bagian bawah dan plafon. Jangan ada barang-barang yang berserakan di lantai atau atas jok. Karena bisa menimbulkan efek cedera lebih parah saat kecelakaan.