Laman

Minggu, 03 Juli 2011

Pilihan Alat Bantu Pengemudi, Banyak Variasinya


JAKARTA - 1.
Sensor parkir. Tersedia dari 2 hingga 6 titik sensor dan akan mengeluarkan suara tak terputus jika jarak antara mobil dan obyek di belakangnya tinggal 30 cm. Pemasangannya mudah, lantaran hanya membuat dudukan sensor pada bumper belakang. Harganya berkisar antara Rp 250-600 ribu.

2. Kamera parkir. Tersedia tipe yang tersedia beserta dudukannya ataupun terpisah. Pemasangannya dengan menempelkan sensor di dekat pelat nomor, dengan membuat dudukannya terlebih dahulu. Bisa terkoneksi dengan head unit atau dengan layar di spion tengah. Harganya berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 1,6 juta.

3. Kaca spion tambahan. Letaknya ada dua tempat, di sudut depan kap mesin untuk memantau bagian depan mobil atau terpasang di belakang untuk memantau bagian buritan mobil. pemasangannya bisa direkatkan dengan double tape atau harus membuat dudukan pada bagasi belakang. Harganya berkisar antara Rp 150-260 ribu untuk spion depan dan Rp 120-300 ribu untuk spion belakang.

4. Kaca tambahan di spion. Pemasangannya tinggal direkatkan pada kaca spion tengah. Bentukanya bermacam-macam, bundar ataupun persegi. Pilih yang tak terlalu cekung atau tak terlalu besar dimensinya, agar tak mengganggu pandangan ke arah kaca spion. Harganya antara Rp 50-100 ribuan.