Laman

Minggu, 03 Juli 2011

Spray Cleaner, Tanpa Otot Tinggal Semprot


JAKARTA - Perawatan mobil memang tak melulu dilakukan oleh bengkel. Penggunanya pun bisa melakukan perawatan ringan tunggangan kesayangan. Apalagi beberapa produk untuk memelihara komponen-komponen di mobil pun cukup banyak dijual.

Pengoperasiannya pun mudah dan bisa dilakukan sendiri, seperti halnya Joel Agustinus yang merawat Toyota Rush 2007 kesayangannya. "Supaya tetap enak dibawanya," terang mahasiswa semester VII, Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia itu.

Debu Dan Kotoran
Setelah digunakan beribu-ribu kilometer, kotoran di peranti rem tentu akan menumpuk. Bisa berasal dari kotoran atau debu di jalanan, tetapi paling banyak memang berasal dari kampas rem yang tergesek dengan cakram.

Tak jarang, ketika kotoran sudah cukup banyak, bunyi-bunyian pun timbul ketika pedal rem diinjak. Hal ini dialami juga oleh Ilo, sapaan Joel. "Kalau sudah bunyi berarti remnya kotor, perlu dibersihkan, tuturnya.

Nah, tentu perlu dibersihkan. Tetapi, membersihkannya pun tak perlu repot. Cukup gunakan pembersih komponen rem yang dijual di pasaran. Umumnya, bentuknya botol dengan tekanan yang nantinya disemprotkan langsung ke permukaan yang akan dibersihkan, seperti Prestone Brake Cleaner atau Otogard Brake Cleaner.

"Sebotol ini bisa digunakan untuk beberapa roda," tutur Jumhan Raharjo, Operation Manager, PT Kreasi Semesta Raya. Tinggal disemprotkan saja pada permukaan yang kotor, ungkap lelaki murah senyum itu.

Beberapa produk pembersih semprot, mudah digunakan
Dengan adanya pipa untuk nosel penyemprot, maka bisa dipakai untuk tempat yang tersembunyi. Dari balik pelek, asalkan kaliper rem terlihat dan terjangkau pipa nosel, pembersihan komponen rem pun bisa dilakukan.

Tetapi, perlu diperhatikan, agar debunya tidak terhirup, gunakan penutup hidung dan mulut atau masker sebelum melakukan pembersihan. Jika ingin membersihkan lebih akurat, bisa melepas roda terlebih dulu. Cukup menggunakan peralatan standar yang ada di kendaraan saja.

Cara ini cukup mudah dilakukan pada sistem rem cakram, karena kaliper serta cakramnya, termasuk kampas remnya terlihat jelas. "Tetapi kalau tromol sebaiknya dibersihkan dengan angin saja," tutur Taqwa SS dari Garden Speed.

Selain rem, bagian bodi bawah mobil juga kerap terkena kotoran. Mulai dari tar alias aspal yang terciprat dari ban, juga tak jarang serangga yang menempel di bodi, yang lengket dan tak bisa dibersihkan dengan mudah. Kalau untuk hal seperti ini, pembersih semprot juga bisa diberikan.

Cakram dan kaliper jika tampak dari luar mudah dibersihkan
Di pasaran pembersih Tar&Bug Removal cukup banyak ragamnya. Salah satunya Astonish Tar&Insect Remover, selain membersihkan aspal dan serangga, minyak, oli atau kotoran dari bahan bakar yang biasanya terciprat di ruang mulut pengisi bensin, bisa dibersihkan.

Cukup semprotkan saja beberapa kali, lantas lap menggunakan kain bersih. Mudah dilakukan. Pembersih-pembersih semprot tadi, umumnya dijual mulai harga Rp 50 ribu hingga Rp 80 ribu rupiah. Tak perlu otot, tinggal semprot saja.