Laman

Selasa, 05 Juli 2011

Memilih Engine Degreaser Dan Dressing, Perhatikan Kandungan Kimianya


Engine degreaser berbahan dasar solvent dan acid, hanya untuk beberapa bagian mesin yang berbahan metal, bukan untuk yang plastik ataupun karet
JAKARTA -
Untuk cairan engine degreaser, masih bisa ditemui di gerai aksesori atau perawatan mobil. Material cairan engine degreaser sendiri terdapat 3 macam, yakni berbahan detergen, solvent dan acid. Namun jika ingin melakukan car care mesin sendiri di rumah, pilih cairan engine degreaser berbahan detergen biasa.

Karena, dinilai aman untuk penggunaan harian dan tidak berbahaya untuk komponen mesin berbahan plastik dan karet.

Namun, untuk cairan engine degreaser berbahan detergen, memiliki kemampuan membersihkan noda membandel tak sebaik bahan solvent atau acid.

“Bahan acid dan solvent, lebih baik dengan penanganan profesional. Karena kandungan kimianya dapat merusak komponen mesin jika penggunannya tidak tepat,” wanti Ahmad.

Hal yang sama juga berlaku untu cairan engine dressing. Namun bedanya, cairan yang dapat mengembalikan kilap mesin ini jarang tersedia di pasaran.

Hal tersebut dikarenakan kandungan kimianya yang berisiko merusak komponen mesin, jika penggunannya tak tepat. Sehingga umumnya hanya digunakan pada gerai car care saja.