Namun yang pasti, membutuhkan usaha lebih keras dibandingkan wide body. Disinilah tantangannya. Kamu harus putar otak bagaimana agar velg dengan lebar luar biasa bisa masuk ke fender. Yang patut dicamkan, kamu harus siap dengan apapun konsekuensinya. Berikut beberapa pilihan opsinya.
• Roll Fender. Ini adalah langkah paling awal untuk memasukkan velg lebar. Fender standar biasanya ada daging yang menjulur di dalam fendernya. Daging inilah yang dilipat sampai rata agar tidak menyentuh ban. Caranya dengan alat roll khusus fender. Biaya pengerjaan berkisar sekitar Rp 100-150 ribu per fender.
Fender harus dikorbankan agar velg bisa berputar bebas.(kiri) Jarak travel sokbreker dipastikan berkurang drastis, jadi jangan mengeluh jika bantingannya keras.(kanan)
• Suspensi. Untuk opsi per custom, suspensi wajib kaku/keras, kenapa? Agar tidak mudah mengayun. Sehingga mengurangi resiko gesrot. Midun, dari bengkel per Jaya Spring, Haji Nawi, Jakarta Selatan, mengungkapkan, “Per sebisa mungkin ayunannya sedikit, meminimalisir resiko terbentur polisi tidur,” jelasnya. Konsekuensi dari setelan suspensi seperti ini adalah, “Sudah pasti enggak nyaman, karena prioritasnya enggak gesrot, bukan kejar kenyamanan,” lanjut Midun lagi.
Camber negatif bisa juga diperoleh dari konstruksi kaki-kaki yang sudah mengadopsi multilink.